Whatsapp Android Nama Kontaknya Tidak Muncul, coba cara ini!

Beberapa waktu lalu saya harus reset android karena ada update Rom terbaru untuk perbaikan Bug di versi sebelumnya, setelah di install dan fresh dengan Rom barunya kemudian saatnya restore aplikasi dan sampailah saat restore whatsapp android, sudah selesai restorenya langsung saya coba tapi ada yang aneh kok semua chat di whatsapp andriod saya gak ada namanya padahal kontak masih sama seperti sebelumnya, waduhh jadi bingung nih.

whatsapp android kontak tidak muncul_homeHanya nomor gak ada namanya

Karena masih bingung, mungkin karena internet lambat nama kontak di whatsapp belum pada muncul, dan udah lewat satu hari masih sama padahal internet gak ada masalah, langsung aja deh simak cara berikut yang sebelumnya sudah saya coba dan berhasil memunculkan kembali nama kontak di whatsapp android :

Cara pertama :

Penyebeb kontak whatsapp android yang tidak muncul atau hanya berupa nomor telpon bisa saja karena kalian lupa/belum menyalakan singkron kontak dari akun gmail, di kasus ini kontak saya tersimpan di gmail bukan di kartu sim, jadi kalau kontak dari gmail belum singkron nomor yang pernah kalian simpan otomatis belum muncul.

Untuk singkron nya kalian masuk ke “Setting->Accounts->Google->Pilih akun kalian->Pilih Kontak”.

whatsapp android kontak tidak muncul_singkronKlik untuk memperbesar

di Android lain mungkin hanya berbeda letak dan namanya saja tapi tetap sama di bagian akun untuk pengaturan singkronisasi.


 

Cara kedua

Dengan Cara pertama masih belum muncul nama kontaknya ? tapi sebelum lanjut ke cara kedua saya ada pertanyaan :

Apa versi android kalian 6.0 atau Marshmallow ?

Kalau iya kalian bisa ikuti cara berikut tapi kalau versi android kalian masih di bawah Marshmallow boleh saja mencoba cara ini gak ada salahnya kok.

Knp saya tanya versi android ? karena di Android Marshmallow, kita(user) berhak menentukan izin akses suatu aplikasi tidak seperti versi android yang lalu yang sudah otomatis, dari izin akses inilah awal masalah yang terjadi di whatsapp android saya yang tidak ada nama kontaknya hanya muncul nomor telepon. Setelah di berikan permission atau hak akses sekarang chat yang ada di whatsapp android saya sudah ada namanya lagi seperti yang ada di kontak telepon.

Berikut Cara memberikan hak akses (permission) dari aplikasi whatsapp android Marshmallow 6.0

Masuk ke Setting-> Apps ->Cari Whatsapp->Permissions->ubah kontak ke posisi On.

whatsapp android kontak tidak muncul_permission

 


Cara ketiga

Dua cara di atas gak mempan ?? coba cek kembali koneksi internet kalian mungkin lagi gangguan, lagi lelet, atau belum konek internet 😆 , diluar dari itu sepertinya saya kurang tau dimana salahnya karena saya berhasil di cara kedua 😀 .

 

Segini dulu postongan tentang whatsapp android yang error tidak muncul nama kontaknya  dan selamat mencoba ya dan mudah mudahan berhasil tips dari saya .. 😀

 

 

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *