Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin_feat

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

Halo selamat datang di blog sederhana ini 😀 , kali ini saya mau kasih tutorial yang simpel bagaimana caranya Flash Samsung Galaxy menggunakan Odin di computer.

Buat kamu yang lumayan ngerti Android mungkin pernah mendengar Tools bernama Odin, tapi bagi yang newbie atau pemula di dunia Android Odin adalah Alat atau Software yang di kembangkan Oleh Samsung.

Yang dimana Odin ini berfungsi untuk Flash Stock Rom atau original Firmware nya Samsung, dan bisa juga Flash Custom Recovery ke Ponsel Samsung. Dan juga salah satu cara untuk Unbricking sebuah Android atau bisa dibilang membangkitkan hape yang sudah matot alias mati total.

Buat kamu yang punya device Samsung kudu wajib punya ini aplikasi di komputer kalian, karena aplikasi berbasiskan windows ini sangatlah diperlukan sewaktu-waktu Samsung galaxy kalian Bootloop atau Brick (matot).

Gak cuma buat Flash original Firmware Samsung atau stock Rom saja fungsi Odin ini, dengan Odin kamu juga bisa membuka jalan ke berbagai Modifikasi baik itu Custom Recovery dan Custom ROM, atau Flash kernel guna meningkatkan performa yang di inginkan.

Udah cukup nih sepertinya perkenalan Odinnya tapi sebelum itu TOLONG BACA PERINGATAN berikut :

PERINGATAN !

  1. Odin hanya ditujukan Untuk hape SAMSUNG saja, saya sarankan jangan menggunakan Odin di ponsel lainnya !!
  2. Kesalahan Memilih Firmware yang Di install Dapat membuat Mati Total, jadi harap periksa kembali Firmware yang di download atau yang digunakan nantinya, sesuaikan dengan Seri Ponsel yang digunkan !!

Persiapan

Charge/Cas Hape Kamu

Ya kedengarannya aneh sih buat yang masih newbie, dan berpikiran ngapain sih di cas segala? langsung eksekusi aja !.

Dulu saya juga gitu soalnya 😀 hehe, jadi sangat dianjurkan kondisi ponsel atau tablet Samsung galaxy kamu di atas 60% karena saat proses Flash lumayan menguras baterai, ingat jangan lupa perhatikan kondisi baterai karena kalau tiba-tiba di tengah proses Flash Firmware berjalan dan ponsel atau tablet kamu kehabisan baterai bisa beresiko mati total !, ingat jangan lupa hal kecil ini .

Hidupkan/Enable USB Debugging

Yang satu ini juga jangan lupa di aktifkan menu ini ada di Developer Options atau Opsi Pengembang, pengaturannya biasanya tersembunyi, kalau kalian yang belum tau caranya berikut cara mengaktifkannya :

Masuk ke setting atau pengaturan, cari tentang telepon atau about phone, lalu cari nomor bentukan atau build number terus klik aja terus nomor bentukan/build number itu berulang kali sampai ada notif opsi pengembang atau developer option.

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

Setelah itu kembali ke Menu pengaturan utama, dan seharusnya disitu sudah ada menu “Developer Option/Opsi Pengembang” di bagian bawah, masuk ke menu Develepor Option/Opsi Pengembang klik Aktif dan USB Android debugging.

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

Download dan install Samsung USB Driver

Kalau kamu beli Samsung sih biasanya dapet kaset gitu, yang isinya Samsung KIES nah tinggal di install aja aplikasinya otomatis drivernya juga teristall.

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

Tapi kalau kalian yang gak dapat kasetnya atau beli second, kamu bisa download drivernya saja yang banyak betebaran di Google, kalau kamu males nyari nih langsung sedot Link dibawah :

<<LINK DOWNLOAD USB DRIVER SAMSUNG>>

Bakcup atau Cadangkan Aplikasi dan Data

Direkomendasikan membackup atau mencadangkan aplikasi atau data penting kalian yang ada di ponsel atau tablet. Karena di beberapa kasus Flash original Firmware bisa menghapus keseluruhan memori internal kamu, jadi silahkan di cek kalau ada kontak, sms, foto, video yang penting.

Download Dan install Odin

Sekarang download dan install Odin di komputer kalian, dan versi Odin sendiri sudah banyak sampai sekarang, kalian bisa download versi terakhirnya atau mengikuti saran user di salah satu forum dengan kondisi sbb :

  • Odin3 v3.09 (disarankan untuk JellyBean dan KitKat)
  • Odin3 v3.10.6 (disarankan untuk Lollipop)

Bisa Kalian download di LINK INI

diatas hanya sekedar saran saja, kalau mau pakai versi terakhir juga gak apa-apa.

Download Firmware atau ROM sesuai Samsung Galaxy Yang Kalian Miliki

Sekali lagi saya ingatkan download Firmware jangan sembarangan, sesuaikan dengan seri Samsung Galaxy kamu, misalkan saya menggunakan Galaxy Note dengan seri N7000 region Indonesia (XSE), tinggal di cocokkan saja di pencarian.

Berikut situs yang rekomen untuk download Firmware Samsung kamu  :

Gambar dibawah contoh Samsung galaxy note N7000 yang nantinya saya flash.


Oke semua persiapan sudah lengkap tinggal di eksekusi, silahkan siapkan kopi, teh, ato cemilan biar rileks karena ini momen yang bikin cenat cenut bagi yang pertama kali nyoba 😀 , dah ah lanjutt…

Cara Masuk ke Download Mode Samsung Galaxy

Langkah ini wajib dilakuin kalau mau Flashing ROM jadi jangan lupa langkah ini, kalau yang belum tau cara masuk download mode berikut caranya, pastikan ponsel kalian dalam keadaan mati terlebih dahulu kemudian saat menyalakan kembali gunakan kombinasi tombol berkut yaitu :

  • Volume down (volume bawah) + Tombol Home + Tombol Power
Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

Ingat ketiga tombol itu di tekan berbarengan jangan dilepas sampai layarnya menyala.

Saat kamu masuk ke download mode biasanya ada Peringatan atau Warning, kalian pilih Continue saja dengan menekan Tombol Volume up (volume atas). Lanjut langkah berikutnya.

Instalasi atau Proses Flashing Firmware Original di Samsung Galaxy

1. Disini saya asumsikan kalian sudah download Firmware yang sesuai untuk seri Samsung Galaxy yang kalian Gunakan, kemudian Extract filenya dan nanti akan mendapat file yang ber ekstensi .tar.md5.

2. Buka Odin yang kalian download sebelumnya.

3. Matikan ponsel dan Masuk ke Download Mode seperti yang dijelaskan sebelumnya.

4. Colokkan ponsel kamu menggunakan USB ke komputer.

5. Lihat di ID:COM akan ada tulisan dan angka yg berwarna biru atau kuning. Dan juga di bagian Message ada tulisan “Added”, berarti ponsel kalian sudah terdeteksi dan siap di Flash !

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

6. Masukkan File Firmware yang di download dan sudah di Extract tadi di bagian AP (odin versi baru) atau PDA (odin versi lama).  Jika Firmware yang kalian download setelah di extract punya banyak File silahkan baca Catatan di bawah Post nanti.

7. Di bagian option yang di centang hanya “Auto Reboot” dan “F.Reset Time”

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

8.  Klik “START”

9. Tunggu Hingga Box yang di atas  berubah Menjadi PASS ! atau RESET !

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

10. Selamat kamu sudah menyelesaikan Proses Flashing Original atau Stock Firmware Samsung Galaxy.

Biasanya sih waktu pertama dinyalakan memang lama, jadi tenang aja itu normal kok ..

CATATAN :

Di beberapa kasus file yang dimasukkan bisa saja tidak hanya di bagian AP / PDA saja terkadang di beberapa tipe Samsung Galaxy ada beberapa file yang harus dimasukkan yaitu AP, BL, CP, CSC, dan .PIT

Gak usah khawatir, kalian tinggal memasukkannya sesuai nama file tersebut, contohnya jika nama File tersebut ada embel-embel BL  maka masukkan di bagian BL. Kalau di nama file tersebut bertuliskan AP masukkan di bagian AP. Begitu seterusnya sampai semua kotak terisi dengan file yang dibutuhkan.

PENTING !!

Kalau kamu Flash Firmware dan ada file .PIT gunakan option seperti ini

Tutorial Lengkap Flash Samsung galaxy Menggunakan Odin

centang Re-Partition JIKA ponsel kamu mengharuskan flash file .PIT

Kalau ponsel kamu tidak menggunakan atau tidak mengharuskan flash file .PIT gak usah di centang Re-Partition nya, seperti contoh punya saya di atas.

Nah itu dia cara atau tutorial Flash Firmware Samsung Galaxy menggunakan Odin, semoga kalian yang lagi butuh pencerahan dapat terbantu dengan postingan ini, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah kalau ada yang ingin ditanyakan moga-moga bisa bantu jawab :).

16 Comments

  • Wisnu says:

    Gan sy udah ikuti sesuai anjuran..
    Tetapi setelah 2 jam hanya bergerak kira kira 20% tidak aada kemjuan lagi..apa yang salah ya …mohon bantuannya

    Terimakasih..

    • Droidtekno says:

      Apakah file yang di gunakan sudah benar ?

      kalau sudah 2 jam tidak ada pergerakan coba di ulang prosesnya ..

      Kalau saya sendiri juga pernah sangkut begitu tapi hanya saya cek file kebutuhan kalau ada kesalahan input, lalu di ulang kembali. Tapi gak pernah sampe 2 jam begitu sih..

  • iman says:

    atasi device do not DRK gimana?

  • cecep says:

    gan kira kira berapa lama boot pertama kalinya

  • Yan says:

    Sorry min boleh tanya .. Kenapa yaa selama download file di odin trus sampe uset datanya kok lama sekali yaahh sampe aku nunggu sudah 5 jam.. Apa yang salah ya min?.. Mohon penjelasannya

  • Hilal says:

    Assalamualaikum. saya sudah flash via odin karena tablet ane bootlop, waktu pake firmware region indonesia(xse) alhamdulillah sukses flashingnya tapi pas udah restart sndiri tetep aja bootloop, ditunggu bebrpa jam tetap aja mentok logo . Jadi ane nyoba make fw region lain tapi fail saat flashing. Atau mungkin hardware nya yg bermasalah ya? mungkin ada solusi min

    • Droidtekno says:

      bagian Auto Reboot dan F.reset Time nya sudah di centang gan ?

      Di coba flash versi android lainnya gan? misalkan android agan dapet update marshmallow nah coba di turunin ke Lollipop atau di bawahnya ..

    • Ann says:

      Kalau bootlop coba kayak ada pilihan delete dalvik cache

  • sasa says:

    mantap berhasil downgrade tablet saya..
    Thanks ya

  • puji says:

    thanks file firmwarenya,
    btw itu outo rebootnya ga dicentang mas?
    apakah nt reboot sendiri atau manual?
    emang lama ya pas pertama x nyalain hp pasca flashing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *