Tutorial Install Remix OS (Dual Boot) Gampang Gak Pake Ribet

Tutorial Install Remix OS Bootable di FD dan HDD | Gak Pake Ribet !

 

Kali ini kita mau ngebahas gimana sih caranya Install Remix OS di computer / laptop ?

Caranya gampang aja kok, yang masih newbie pun saya jamin bisa install Remix OS di komputer masing-masing kok 😀

Oh iya kalau kalian belum begitu tau apa sih Remix OS itu ? gimana sih tampilannya ? dan apa aja sih yang bisa didapat kalau menginstall Remix OS ??, bisa kalian cek di Postingan saya mengenai Remix OS di link ini

 

10 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Coba Remix OS
10 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Coba Remix OS”

 

Tapi sebelum memulai proses instalasi Remix OS yuk disimak dulu apa aja yang perlu di siapkan.

 


PERSIAPAN

 

Siapkan Ruang Yang Cukup di Hard-disk

Namanya instalasi ya pasti donk perlu cukup storage atau ruang yang cukup agar bisa terpasang dengan benar, pastikan saja Harddisk kamu tidak terlalu penuh sisakan ruang yang cukup sesuai kebutuhan kapasitas Remix OS kamu nantinya.

 

Oh iya, Remix OS ini (versi terakhir) sudah menyediakan Pilihan Storage yang bisa dipilih User saat Instalasi yaitu kapasitas storage paling kecil 8 GB, kemudian 16 GB, dan yang paling besar 32 GB, jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

 

Kalau kalian perlu storage yang melebihi 32 GB sebenarnya perlu menggunakan trik agar bisa mengatur kapasitas yang kalian inginkan, silahkan kalian komentar di bawah kalau pengan saya buatkan tutorialnya.

 

Download Remix OS

Nah yang ini jangan lupa ya.. , kalau gak ada OS nya apa yang di install coba 😀

Langsung kalian download Remix OS ke TKP nya di <<LINK INI GAN>>

Pilih yang Mirror download.

Kalau kalian bingung download yang 32 bit atau 64 bit bisa kalian sesuaikan dengan yang ada di propertis system kamu, caranya klik kanan di my computer kemudian propertis. Dan untuk tutor ini saya menggunakan 64 bit.

Kalau sudah selesai di download jangan lupa di extract pake Win-rar atau 7zip.

 

 

 

Langkah Instalasi Dual Boot Remix OS di HDD

 

Oke sesuai judul instalasi Remix OS ini menggunakan HDD atau harddisk di komputer kita sebagai media penyimpanannya jadi jangan lupa perhatikan sisa ruangnya.

Lanjut…

 

1. Buka folder Remix OS yang sudah di Extract tadi, Folder tersebut seperti gambar berikut

 

2.  Cari dan buka Aplikasi instalasi  “Remix_OS_for_PC_Installation_Tool” , aplikasi ini berada satu folder dengan file .ISO gak mungkin gak liat deh hehe 😀 .

 

3.  Pada box ISO File, klik browse dan cari file ISO / disc Image File di folder yang sudah di extract tadi dan klik open.

4. Atur tipe instalasi dan lokasi instalasi, karena kita ingin menginstallnya di Hard Disk maka pilih  tipe “Hard Disk”, kemudian pada drive silahkan atur dimana kalian ingin menginstallnya, disini saya menggunakan Local disk E:\. Dan jika sudah yakin klik “OK”

 

5. Setelah itu akan muncul jendela baru untuk memilih Opsi ukuran media penyimpanan Remix OS kalian, disini  saya menggunakan 32 GB, silahkan kalian pilih sesuai yang diinginkan, lalu Klik “OK” untuk melanjutkan.

 

6. Tunggu Proses sampai selesai sambil ngopi-ngopi atau ngemil 😀 , Oh iya kalau kalian ngerasa sangkut di 99% seperti yang saya alamin, itu di tunggu aja emang agak lama di bagian itu jadi jangan khawatir.

 

7. Selamat Proses Install Remix OS di HDD komputer sudah selesai, tinggal di reboot saja kalau langsung mau coba.

 

Kalau kalian mau ngecek hasil instalasinya bisa dilihat di HDD yang kalian pilih sebagai instalasi sebelumnya dan otomatis nanti ada Folder “RemixOS”, isinya kurang lebih seperti ini :

 

Setelah di Reboot nantinya kalian akan melihat menu Boot antara windows dan Remix OS, kalau kalian sudah melihat menu ini berarti instalasi berjalan lancar dan Remix OS siap digunakan.

 

CATATAN :

Kalau kalian merasa terganggu dengan Remix OS sebagai default Boot saat komputer atau laptop kamu dinyalakan, kamu bisa menambahkan command di bagian windows dengan cara :

1. arahkan ke windows lalu tekan “E” pada keyboard

2. Nanti akan muncul editor, lalu tambahkan “savedefault” (tanpa tanda kutip) dibaris paling bawah kemudian tekan F10 untuk save dan exit.

 

Dengan begini saat komputer kalian dinyalakan dia akan otomatis terpilih di system operasi yang terakhir dipilih.

 

Baca Juga yang mau Coba install banyak ROM di Android :
cara install dual boot dual boot patcher
Tutorial Dual Boot Patcher | Install Banyak ROM di Androidmu

 


Bootable Remix OS di Flash Disk

 

Catatan :

Untuk instalasi yang satu ini bedanya kita menginstall Remix OS di sebuah Flash Disk.

Jadi kalau sudah ada Remix OS yang terinstall di Flash Disk tinggal di colokkin ke komputer mana saja lalu booting via Flash Disk itu dan Remix OS pun siap digunakan, tanpa harus menginstallnya di Hard Disk seperti yang saya bahas di atas.

Disarankan menggunakan Flash Disk USB 3.0 dengan minimal 8 GB, enaknya sih 16 GB kalau 8 GB minim banget soalnya.

Kalau mau nyari performa saran saya lebih baik install di HDD saja.

 

Langkah Instalasi Remix OS di Flash Disk

 

Oke langkah ini masih sama seperti instalasi di Hard Disk sebelumnya, cukup loncat ke langkah 4

 

1. Pilih Tipe penginstalan ke USB Drive lalu pilih Flash Disk mana yang akan di install, disini Flash Disk saya terbaca dengan letter H:\ , kalau sudah yakin klik “OK”.

 

2. Nanti ada pop up peringatan kalau semua data di Flash Disk akan terhapus, kalau sudah yakin klik “OK” untuk lanjut.

 

3. Tinggal tunggu proses instalasi instalasinya sampe selesai.

 

Kalau sudah ada Remix OS di Flash Disk, setiap di BIOS di boot menunya pilih Flash Disk, yang sering install windows via Flash Disk pasti udah paham soal ginian.


 

Nah itu dia Tutorial install Remix OS di komputer menggunakan Hard Disk dan juga USB Flash Drive, kalau ada yang bingung silahkan komen dibawah aja, dan jangan lupa share postingan ini ya 😀

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *