tutorial rekam audio internal di android trik lain

Trik Merekam Layar Dengan Audio Internal di Android

Screen Record atau perekam layar di beberapa generasi smartphone terakhir ini sudah menjadi fitur yang bisa dibilang wajib dimiliki, dimana fitur perekam layar tersebut mampu menangkap segala aktifitas yang ada pada layar ponsel.

Sering kita lihat fitur ini digunakan oleh orang-orang untuk merekam suatu tutorial aplikasi, dan yang paling sering merekam gameplay dari game yang dimainkan.

Nah biasanya kalau kita merekam layar dengan aplikasi bawaan smartphone kita ataupun aplikasi yang banyak tersedia di Google Play Store, kalau kalian perhatikan hasil audio rekaman video tersebut bersumber dari Mikrofon ponsel bukan dari audio internal atau audio sistemnya.

Kalau dari mikrofon otomatis suara luar bakal ikut kerekam kan? dan suara dari ponselnya pun gak bakal jernih, ibarat kata orang lagi telfon pake loudspeaker trus direkam tu suaranya.. ya pastinya kurang begitu bagus jadinya.

Terus apa ada cara biar kita bisa rekam audio internal atau audio sistem di Android ?, jawabannya bisa kok, dan di artikel terdahulu saya pernah posting tutorialnya di sini :

 

Cara Merekam Suara dari Audio Internal di AndroidLINK

 

Di link tutorial di atas saya berikan tiga cara alternatif untuk merekam audio internal di Android, dari yang menggunakan aplikasi di androidnya langsung ataupun menggunakan bantuan aplikasi di Windows.

Pada tutorial kali ini sengaja saya pisah mengingat sudah terlalu panjang, takut bikin bingung jadi dibikin tersendiri biar enak, nah kemudian bedanya apa dengan tutorial yang saya sebutkan di atas ?.

Kalau dibilang sih cuma menambahkan saja, cara yang digunakan kurang lebih sama tetapi menggunakan kombinasi alat yang sederhana tanpa komputer dan tanpa Root, untuk lebih jelasnya langsung aja kita bahas trik merekam layar dan audio internal di Android.

 

Alat dan Aplikasi Yang diperlukan

  1. Smartphone Android.
  2. Headset/Headphone/Earphone atau apalah itu 😀 .
  3. Kabel AUX.
  4. Splitter Audio (Cabang).
  5. Splitter Audio Mic+Sound (Sound out dan Mic).
  6. Screen Recorder dari Kimcy929 – LINK

 

merekam audio internal android

Kabel AUX

 

perekam layar internal audio di android

Kabel Audio Splitter (CABANG)

 

cara rekam audio internal di android

Kabel Splitter Audio Mic+Sound (Sound out dan Mic)

 

Mungkin ada yang bingung kenapa splitternya ada dua jenis ???

Splitter Audio yang ada warna merah hijau itu difungsikan untuk memisah jalur audio masuk dan keluar.

Sedangkan Splitter yang satunya (kabel putih di atas), itu difungsikan sebagai pencabang suara yang keluar. ibarat kalian bisa pake dua headset secara bersamaan.

Semua kabel di atas bisa kalian beli di toko online macam tokopedia, bukalapak dan lainya, banyak kok yang jual, harganya juga beragam.

Kalau yang saya gunakan untuk tutorial ini saya beli yang murah aja, dapet sekitaran 10 ribuan, kalau mau yang lebih bagus harganya mungkin di kisaran puluhan atau ratusan ribu, ada harga ada kualitas 😀 .

 

Pengaturan Perekam Layar

Sebelum memulai rekaman, kita rubah dulu pengaturannya, untuk resolusi layar, bitrate, dan encoder bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kalau buat saya jika video itu buat upload di Youtube biasanya seperti ini :

Pengaturan Kualitas Video :

  • Resolution : Use Screen Resolution.
  • Bitrate : 8 Mbps (Makin besar makin bening, tapi Ukuran videonya nanti bengkak).
  • FPS : 30, jika 60 akan lebih smooth tapi boros baterai.
  • Encoder : H264.

Sedangkan untuk Audio :

  • Record Audio : di Centang.
  • Sound Quality : 320 Kbps.
  • Audio Sample rate : 44100 Hz.
  • Audio Channel : Stereo.
  • Audio Source : Uncompressed(RAW).

 

Jalur Pengkabelan Audio

Sekarang kita tinggal colok-colok kabel yang sudah disiapkan tadi, eits tapi jangan asal colok nanti bisa-bisa audionya malah ngawur 😀  , oke kalau dirasa sudah siap tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini :

 

Pertama :

Ambil kabel AUX lalu colok salah satu sisi kabel AUX ke kabel Splitter cabang, dan jangan lupa Headset juga dicolok disini.

rekam suara internal di android

Menyambungkan ke Splitter Cabang

 

Kedua :

Sekarang kabel Splitter Cabang tadi ujungnya colok ke kabel Splitter yang warna HIJAU.

rekam suara internal android

Menyambungkan ke ke jalur Audio Out

Ketiga :

Kemudian ujung kabel Splitter yang merah hijau tadi kita colokin ke ponsel.

merekam audio internal di android

Menyambungkan ke Ponsel

Keempat :

Kalau kalian perhatikan, pasti ada satu colokan lagi yang nganggur.., yaitu kabel AUX yang sisi satunya, kalau udah begini mah gampang tinggal Colokin ke kabel Splitter warna MERAH.

audio internal android rekaman

Menyambungkan Kabel AUX ke input MIC

 

Oke trik merekam audio internal di android sudah beres, tinggal cobain di ponsel kalian masing-masing dan usahakan mengikuti langkahnya dengan urut jangan loncat !.

 

Cara Pakai Aplikasi Perekam Layar dari Kimcy929

Di aplikasi ini kalian harus memasukkan atau menambahkan game atau aplikasi kedalam list di menu “Game Launcher” agar bisa memulai perekam layarnya, yang bingung lihat contoh gambar di bawah ini :

 

rekam audio internal sistem di android

Menambah Game di menu Game Launcher

 

Kalau sudah ditambahkan tinggal klik salah satu game atau aplikasi yang akan digunakan, nanti muncul floating button di layar buat mulai rekam atau screenshoot.

Dan jangan lupa juga settingan setelah selesai merekam juga dirubah seperti ini biar gak bolah-balik nantinya, buat yang kurang paham cukup ikutin aja sesuai di gambar ini :

 

rekam audio internal android

Setting Stop Options

 

Kelemahan Trik ini

Karena trik yang kita gunakan ini ngakalin input dari Mic, otomatis jika kalian main game menggunakan team voice chat suara kita gak bakal kedengaran teman se tim, yang ada malah suara internal dari android kita yang lawan chat dengar.

 

Ada yang Error ?

– Terkadang setelah Splitter di Colok suara dari speaker ponsel masih bunyi itu kenapa ya ?

+ Coba di cek colokan headsetnya mungkin longgar, atau ganti headset yang lain.

 

– Audio internal nya kok gak kerekam ? yang ada malah suara dari Mic ponsel ?

+ Dalam keadaan kabel splitter audio+mic tercolok ke ponsel, cabut kabel AUX yg di kabel MERAH lalu pasang kembali

 


 

Itu dia tutorial merekam audio internal edisi kedua dari saya, memang caranya agak tricky, tapi kalau memang sangat diperlukan sepertinya gak masalah lah ya, yang penting dengan cara ini kita bisa ngakalin buat ngerekam audio internal dari ponsel android kita.

Kalau ada yang bingung, silahkan ditanyakan di kolom komentar , semoga saya bisa bantu jawab masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *