Line Android memenuhi memori ? coba cara ini !

Pasti sudah tau sama yang namanya Line aplikasi buat chattingan yang asik dilengkapi dengan emoticon dan stikernya yang beragam, dan juga dukungan video call, tapi kalian pernah gak sih liat size atau ukuran aplikasi Line di setting semakin membesar higga ratusan MB, liat aja nih Line di android saya udah bengkak aja sizenya 🙁 .

Line Android memenuhi memori_sebelumklik untuk memperbesar

ini nih yang bikin memori internal penuh dan bisa bikin tidak bisa download atau update aplikasi di play store, biasa sih di android saya muncul tulisan “insuffience storage avalaibe”, kalo udah gini biasa lah saatnya bersih-bersih aplikasi atau file-file yang menumpuk tak terpakai di internal dengan cara yang pernah saya posting sebelumnya di Pembersih aplikasi ampuh untuk android kalian !

Sebenar ide postingan ini muncul dari salah satu curhatan teman saya karena androidnya yang termasuk jadul dan termasuk low end cuma punya internal yang terbatas dan kecil, jadi sering kali dia liat aplikasi Line android sizenya membengkak.

Setelah dengar dari teman langsung aja deh saya coba cek ke setting dan liat sendiri size Line di android saya, alhasil seperti gambar di atas 409 MB broo udah kaya game HD aja nih aplikasi 😆 , sebenarnya kok bisa bengkak gitu sizenya ? dari yang saya lihat penyebabnya dari chat grup dan personal yang menumpuk, saya sendiri paling aktif di chat grup.

Mengatasi Line android yang sizenya bengkak ini mudah aja kok, aplikasi Line cukup di clear data aja atau di reset lah istilahnya, setelah di clear data lumayan lah agak plong sizenya 😀 . caranya :

  • Masuk ke setting -> Apps -> Cari Line -> Clear Data

dalam keadaan masih fresh ukurannya jadi 90 MB.

Line Android memenuhi memori_sebelum

 

 


 

Tapi ingat ! setelah kalian melakukan clear data kalian akan log in ulang dan semua chat baik itu grup atau personal bakalan hilang karena terhapus. tapi kalau kalian merasa itu penting bisa kalian backup line chat nya dulu dan bisa kalian restore line chat sewaktu-waktu. kalau belum tau cara bakup dan restore line chat, berikut caranya :

Line Android memenuhi memori_backup

Nanti File Backupnya otomatis tersimpan di Folder khusus “Line Backup”, bisa kalian simpan di komputer atau upload di cloud storage seperti google drive, mega dll. Jadi kalau mau resotre File nya cukup copy ke folder Line Backup.

Line_Android_memenuhi_memori_backup-location

 

dan untuk retore berikut caranya :

Line Android memenuhi memori_restore

Oh iya semua stiker dan tema juga hilang, tapi tenang yang sudah kalian beli/punya bisa didownload ulang semuanya tanpa harus beli lagi, karena sistemnya beli satu kali untuk selamanya. berikut cara download all stiker line dan tema yang pernah kamu punya sebelumnya.

Line Android memenuhi memori_restore_stikerKlik gambar untuk memperbesar


Line Android memenuhi memori_restore_temaKlik gambar untuk memperbesar

63 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *