tidak bisa menghapus obb di android

Folder di Obb tidak bisa dihapus ? Coba Cara Ini !

Habis Install Game atau aplikasi biasanya di Android kalian akan ada folder yang namanya Obb dan Data, dimana lokasi file-file yang diperlukan oleh aplikasi atau game itu disimpan.

 

Biasanya Kalau kita menghapus/mencopot pemasangan suatu aplikasi atau game di android maka file-file yang berada di folder tersebut akan otomatis ikut terhapus.

 

Nah disini saya sendiri mengalami hal yang aneh,  game yang saya install sebelumnya ternyata masih masih menyisakan file di folder Obb yang cukup memakan ruang penyimpanan, ya tau sendiri lah ukuran game sekarang udah pada bengkak, mungkin kalau ukurannya hanya berkisar 50 – 100 MB gak terlalu saya hiraukan tapi ini mencapai 700 MB lebih.

 

menghapus obb di androidUkuran yang lumayan

 

Coba di hapus manual gak bisa kemudian saya coba dengan mengganti nama foldernyapun masih belum bisa dihapus juga, haduhhh bingungg dah..

 

gagal menghapus obb androidgagal menghapus file obb

 

Dan akhirnya setelah cari info kesana kemari dapet juga solusi agar folder yang ada di Obb atau Data bisa dihapus, berikut caranya :

 

[Akses ROOT Dibutuhkan di tutorial ini]

 

– Langkah Pertama

Pertama download Root Explorer di Play Store Bebas saja, tapi disini saya pakai ES File.

DownloadEs File Manager

 

– Langkah Kedua

Kemudian nyalakan akses root dan berikan izin akses rootnya.

menghapus obb androidMengaktifkan Root di Es File

 

– Langkah Ketiga

Arahkan ke direktori “/root/data/media/Obb” , kalau sudah ketemu tinggal hapus aja folder mana yang tidak bisa dihapus sebelumnya ..

 

cara menghapus obb yang tidak bisa dihapus

cara menghapus obb yang tidak bisa dihapus

 

– Lokasi /root

Yang bingung nyari lokasi /root, kalian tinggal klik aja alamat yang di atas sampai menjadi tanda “/”, cek gambar di bawah biar jelas..

 

folder root di androidLokasi /root

 


 

Jauh sebelum tau cara ini, udah kepikiran reset factory atau kembali ke pengaturan pabrik, tapi untung nya ketemu solusi ini jadi gak perlu reset segala..

Komentar aja dibawah jika kalian bingung, nanti coba saya bantu jawab 😀 .

 

 

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *