Cara Restore Stock Kernel di Android_feat

Cara Restore/Mengembalikan Stock Kernel di Android

Bagi yang suka gonta-ganti Custom ROM biasanya pasti juga pernah nyobain yang namanya Custom kernel, dengan fitur tambahan atau MOD yang diberikan oleh si developer kernel tersebut membuat kita jadi penasaran pengen coba.

Seperti yang kita ketahui jika Custom kernelpun bisa di update berkala oleh si developer untuk meng-optimalkan kembali kernel yang mereka buat atau sekedar fix bug yang ada di versi sebelumnya, dengan update seperti ini kita sebagai user haruslah membackup stock kernel jika terjadi Bug yang tidak di inginkan.

Bagi yang belum tau cara backup kernel bisa lihat di artikel saya sebelumnya :

Cara Backup/Restore Kernel Android via Recovery (TWRP/CWM)

 

Tapi apa jadinya kalau Custom kernel tersebut ternyata bermasalah saat kita gunakan di device Android kita ?, dan saat itu katakanlah kita lupa backup kernel sebelumnya ?.

Cara mengembalikannya ke Stock kernel dari ROM yang digunakan sebelumnya sebenarnya sangat mudah, kita cukup “Dirty Flash” saja ROM tersebut.

 

Bagaimana sih Dirty Flash itu ?

Dirty Flash ini istilahnya kalian menginstal atau Flash kembali ROM  TANPA harus melakukan “Wipe Data“, jadi dengan melewati langkah Wipe Data dan langsung Flash ROM semua sistem akan kembali termasuk kernel sedangkan aplikasi yang kalian install tetap ada (tidak terhapus).

 

Cara Restore Stock Kernel di Android

Dirty Flash ROM pada Recovery

 


 

Semoga dengan tutorial singkat ini kalian yang lagi bingung gak tau cara restore atau mengembalikan ke Stok Kernel bisa terbantu.

Dan silahkan komentar dibawah jika kalian ada yang ditanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *