merubah selinux di android

Cara Merubah Mode SELinux Menjadi Permissive atau Enforcing

SELinux atau Security-Enhanced Linux adalah sebuah modul kernel pada Linux, dimana pengguna dapat mengakses dan mengelola beberapa kebijakan kontrol keamanan.

 

SELinux mulai diperkenalkan di Android 4.3 alias Jelly-Bean yang menggunakan “SELinux permissive mode” yang kemudian pada Android 4.4 Mode SELinux secara default berganti menjadi mode Enforcing.

 

Saya sendiri masih belum begitu paham betul dengan SELinux ini, tapi yang bisa saya pahami sederhananya  dengan adanya SELinux ini dapat meningkatkan keamanan di Android dengan membatasi beberapa proses atau hak akses aplikasi yang membuatnya lebih terproteksi dan mengurangi efek buruk dari software atau aplikasi yang mencurigakan.

 

Memang fitur ini sangat baik buat keamanan tapi di satu sisi lain fitur ini terlalu membatasi , jadi apa yang ingin kita lakukan bisa saja gagal karena terhalang dengan kebijakan fitur tersebut.

 

Contohnya saja kalian mau mencoba MOD atau aplikasi dan ternyata tidak bisa di install karena alasan keamanan walaupun kalian tau MOD atau aplikasi yang akan di install bukan lah Mallware atau mengandung virus berbahaya.

 

Karena itulah saya juga bikin postingan ini, sebab salah satu aplikasi yang pernah saya posting dulu memerlukan Mode SELinux Permissive agar bisa di jalankan, dan kebetulan juga versi Android yang saya gunakan saat ini secara default Mode SELinux nya menggunakan Enforcing,

 

Btw aplikasi yang saya maksud yang ini

Cara Memindahkan Data Game Android ke Eksternal dengan Folder Mount

 

 

Jadi solusinya gimana donk?, ya tinggal kita rubah aja SELinux Mode nya sesuai yang kita butuhkan..

Ada banyak cara yang bisa kalian coba, tapi saya akan berikan yang paling gampang aja dulu, berikut caranya :

 


Cara Merubah SELinux Mode di Android

Silahkan kalian pilih diatara cara berikut ini mana yang paling enak dan mudah bagi kalian, dan semua cara disini memerlukan akses  *ROOT* 

 

1. Menggunakan SELinuxModeChanger (ROOT)

Dengan SELinuxModeChanger ini kalian dengan mudah bisa mengganti mode yang di inginkan baik itu menjadi Permissive atau Enforcing  hanya dengan sekali klik, gak ribet tanpa script macam-macam.

 

  • Aplikasinya Bisa kalian cek di Thread ini
Link Menuju Thread

 

Kalau sudah kalian download dan install, cara penggunaannya sangat mudah, kalian cukup buka aplikasinya lalu jangan lupa berikan hak akses Root dan tinggal pilih mode yang di inginkan dan selesai.

 

Setiap kalian reboot modenya akan kembali sesuai dengan yang kalian pilih terakhir sebelumnya, jadi gak usah bolak-balik ganti manual setiap kali kalian reboot.

 

Merubah SELinux menggunakan SELinuxModeChanger

 

 

2. Mengganti SELinux Mode menggunakan Kernel Auditor MOD (ROOT)

Salah satu aplikasi alternatif jika kalian juga memerlukan pengaturan kernel, jadi bukan cuma bisa mengganti SELinux mode, dengan Kernel Auditor juga sekalian bisa utak-atik di CPU, GPU, dan lainnya, saya sendiri menggunakan Kernel Auditior ini.

 

  • Bisa kalian download versi MOD di Thread ini
Link Menuju Thread

 

Cara menggantinya kalian cukup masuk ke menu “Misc Controls”, lalu rubah ke mode SELinux nya ke Permissive atau Enforcing lalu jangan lupa juga tekan “Apply On Boot” agar otomatis mengembalikan pengaturan yang sudah kalian buat setiap kali reboot.

 

Merubah SELinux dengan kernel auditor

 

 

3. Mengganti SELinux menggunakan Terminal

Kalau saya sarankan sih pilih salah satu kedua cara di atas saja, cara ini hanya untuk alternatif bagi kalian yang mau tau gimana sih caranya mengganti SELinux menggunakan Terminal, dan juga agak ribet karena setiap reboot bakalan balik ke mode default dan harus mengulang langkah ini tiap kalian reboot.

Tapi kalau sekedar pengen coba dan pengen tau ya gak masalah donk ya.. 😀

 

Pertama download dulu terminal emulator di Google Play Store.

DownloadDownload Via Google Play Store

 

Kalau sudah masuk ke Terminalnya ketikkan dan enter :

SU

Jika diminta permission atau akses root, silahkan diterima.

 

Lanjut ketik

getenforce

script ini untuk mengetahui mode SELinux yang saat ini kalian gunakan.

 

Kemudian untuk merubah ke Permissive ketik.

setenforce 0

 

Kalau mau ke Enforcing gunakan.

setenforce 1

 


 

Itu dia cara merubah Mode SELinux di Android yang bisa kalian coba, jika ada masalah atau ada yang bingung boleh dikomen dibawah siapa tau saya bisa bantu 😀

 

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *