mengembalikan partisi sdcard di android

Cara Mengembalikan Partisi SD Card App2SD Android

Di postingan saya sebelumnya sudah membahas tentang aplikasi App2SD beserta partisi SD Card agar device yang digunakan bisa memindahkan obb/data game atau aplikasi ke SD Card agar tidak terlalu memenuhi memori internal.

Sekarang kalau kalian sudah tidak memerlukan atau tidak ingin menggunakan Aplikasi App2SD otomatis partisi obb/data yang sudah dibuat sebelumnya bakalan tidak terpakai kan ?

Dari postingan yang saya buat sebelumnya, SD Card yang sudah kalian partisi akan terbagi dua bagian nah disini kita akan mengembalikannya menjadi satu bagian.

Sedikit permasalahan yang saya alami

Beberapa dari kalian mungkin akan mencoba mengembalikan partisinya dengan memformatnya menggunakan komputer terutama menggunakan windows, nah kebetulan saya juga mencoba partisi ulang di windows agar ukuran SD Card saya menjadi ke ukuran normalnya.

Tapi entah kenapa saat saya ingin mengembalikan partisi SD Card menggunakan “Disk Manager” selalu gagal, dan juga menggunakan “Mini Partition Tool” juga gagal, sempat kepikiran mungkin penyebabnya format partisi yang buat oleh App2SD itu hanya bisa terbaca dengan Sistem operasi yang berbasis “Linux”.

Berhubung saya tidak punya komputer yang bersistem oprasi Linux, dan baru ingat di Android itu sendiri tersedia fitur format SD Card jadi saya coba dan ternyata berhasil 😀 , untuk caranya bisa ikuti seperti dibawah ini.

Cara Mengembalikan Partisi SD Card di Android

Oke karena kita ingin mengembalikan partisi SD Card menjadi sedia kala dan itu harus diformat jadi langkah pertama yang kalian lakukan adalah “BACKUP” data yang ada di SD Card kalian yang dirasa penting.

Setelah sudah di backup, ikuti langkah berikut :

  1. Masuk ke pengaturan.
  2. Cari menu “Penyimpanan & USB”.
  3. Pilih SD Card kalian.
  4. Klik tanda titik tiga di pojok kanan, dan pilih “setelan”.
  5. Pilih opsi “Format”.
Cara Format Partisi SD Card di Android
Cara Format Partisi SD Card di Android

Jika muncul jendela baru pilih opsi yang pertama, “Gunakan sebagai penyimpanan portabel”.

Lalu Klik “Hapus dan Format”.

Format ulang SD Card partisi App2SD
Menu Format SD Card di Android

Kalau prosesnya sudah selesai coba cek kembali ukuran SD Card kalian apakah sudah kembali ke ukuran awal nya ?, harus nya sudah ya ? kalau belum coba di restart devicenya dan cabut SD Cardnya lalu pasang dan nyalakan kembali, semoga berhasil 😀 .


Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian yang lagi bingung mengembalikan partisi sd card sesudah menggunakan Aplikasi App2SD atau hal yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *