cara backup kernel via recovery-feat

Cara Backup/Restore Kernel Android via Recovery (TWRP/CWM)

Suka oprak-oprek Android ? atau gonta-ganti ROM dan juga mencoba berbagai custom kernel yang tersedia di internet ?.  Asyik emang nyobain berbagai fitur-fitur tambahan atau modifikasi dari Custom ROM atau Kernel di Android, emang kenapa sih orang pada suka install Custom ROM/Kernel ?.

Ada satu hal yang penting bagi user yang suka nyobain ini-itu di Androidnya, yaitu “BACKUP” hal ini yang selalu di ingatkan oleh para developer Custom ROM/Kernel, karena jika terjadi hal yang tak di inginkan katakanlah bootloop kalau sudah begini ya mau gak mau harus flash ulang, repot kan ..? makanya kalau sudah di backup semisal bootloop masih bisa di restore atau dikembalikan seperti sedia kala tanpa harus flash ulang.

Kalau kalian yang suka nyobain Custom Kernel pasti pernah donk lihat peringatan dari developernya seperti ini (kurang lebih bahasa indonya seperti ini).

 

“Flash cutom kernel ini dari stock kernel”

 

Yang maksudnya setiap kali kalian flash Custom kernel atau si developer merilis update pada custom kernel tersebut baiknya di install dari stock kernel, memang nya kenapa kalau tidak flash melalui Stock kernel ?, menurut developernya bisa mengakibatkan Error/BUG (mungkin karena ketidak cocokan MOD atau pengaturan yang digunakan).

Mungkin yang sudah mengerti sih pada intinya jangan Dirty Flash Custom kernel walaupun itu custom kernel yang sama (hanya update) ataupun pindah ke custom kernel lainnya, jadi kita harus Clean install dari Stock kernel lalu flash custom kernelnya untuk menghindari BUG.

Nah kalau developer memang menyarankan harus menggunakan Stock kernel saat Flash/Update  Custom kernel maka kita harus Backup Stock Kernel agar nantinya jika ada update atau kita pengen pindah ke Custom Kernel lainnya tinggal di Restore ke Stock kernel. 

Caranya gimana gan ? sebelum itu kita lihat apa saja yang diperlukan di bawah ini.

 

Syarat

  • Sudah menginstall Custom Recover seperti TWRP atau CWM.

 

Cara Backup Stock Kernel via Recovery

Sebelum itu di contoh kali ini saya menggunakan Custom Recovery TWRP, jika kalian menggunakan CWM opsi yang dipilih kurang lebih sama jadi gak usah khawatir.

 

  • Pertama reboot ponsel kalian ke “Recovery mode”.
  • Masuk ke menu “Backup“.

 

Menu Backup pada TWRP

Menu Backup pada TWRP

 

  • Pada opsi partition to backup pilih “System“.

 

Partisi Yang di Backup

Partisi Yang di Backup

 

  • Tinggal di mulai saja proses backupnya (kalau di twrp di Swipe).

 

Cara Restore Stock Kernel Via Recovery

Kalau tadi kita Backup, kali ini kita akan mencoba Restore Kernel yang sudah di Backup sebelumnya, berikut caranya :

  • Reboot ke “Recovery Mode”.
  • Pilih menu “Restore“.
Menu Restore di TWRP

Menu Restore di TWRP

 

  • Cari File/Folder yang kalian Backup sebelumnya.
  • Opsi partition to restore pilih “System“.

 

Partisi Yang di Restore

Partisi Yang di Restore

 

  • Lalu mulai proses restorenya.
  • Reboot kembali ponsel kalian.

 

Yang penasaran gimana caranya saya bisa screenshoot di dalam Recovery bisa kalian simak tutorialnya di artikel saya dimari :

Cara Screenshoot Recovery TWRP/CWM di Android


 

Dengan melakukan backup kalian sudah aman jika sewaktu-waktu Custom kernel yang kalian install mengalami Bug atau masalah lainnya, tinggal di restore aja ke Stock masalah langsung beres.

Jika ada yang bingung silahkan komentar di bawah aja langsung  😀  .

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *