Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin mudah

Belajar Kotlin (Instalasi IntelliJ dan Hello World) [part 1]

Untuk kita memulai belajar bahasa pemrograman Kotlin, terlebih dahulu kita instal dahulu IDE dari IntelliJ, dari post saya sebelumnya sudah kita bahas kalau bisa menggunakan IDE lain seperti Eclipse, Android Studio jadi silahkan dipilih sesuai keinginan, namun untuk case kali ini dan seterusnya kita akan menggunakan IntelliJ.

Adapun spesifikasi minimun komputer untuk menjalankan IntelliJ :

  • Windows 7, 8, atau 10 (64 bit), macOS 10.5 or higher (only 64-bit), or a Linux distribution with the KDE, Gnome or Unity DE desktop (64-bit recommended)
  • JDK
  • 2 GB RAM (8 GB recommended)
  • 2.5 GB hard disk space
  • 1024 x 768 minimum resolution

Dilihat dari spesifikasi komputer atau laptop zaman sekarang udah pada kenceng deh, paling minimal dan sekurang-kurangnya di zaman sekarang tuh biasanya 2 GB udah bisa jalanin IntelliJ.

Tapi kalau kalian berniat menjalankan Android Studio saya sarankan pakai spesifikasi komputer yang agak kuat dan RAM yang besar, karena Android Studio lumayan berat untuk dijalankan apalagi jika menggunakan emulator sebagai media tester nya.

Oke jika dirasa spesifikasi udah mumpuni silakan download IDE IntelliJ di website resminya di link berikut :

>> LINK DISINI <<

Pilih sistem operasi yang kalian gunakan, berhubung saya menggunakan Windows maka download yang untuk windows, kemudian pilih yang “Community“. Jika sudah di download lakukan instalasi seperti aplikasi pada umumnya.

Link download IntelliJ

Memulai Project di Kotlin

Setiap kali belajar suatu bahasa pemrograman kurang afdol rasanya kalau belum menjalankan sebuah “serangkaian” kode yang menghasilkan kalimat “Hello World” .

Untuk itu langsung saja setelah kalian selesai instalasi IntelliJ di komputer masing-masing silahkan dibuka aplikasinya yang kemudian akan disambut dengan dialog welcome screen.

Welcome Dialog pada IntelliJ

Kemudian klik “Create New Project” , nanti ada banyak pilihan menu yang muncul, namun untuk saat ini kita akan hanya akan membuat project Kotlin maka pilih Kotlin lalu JVM | IDEA.

Memilih target pemrograman

Dan kemudian Next lalu beri nama filenya, untuk kali ini saya beri nama “HaloDunia” dan klik Finish.

Memberi nama pada Project Kotlin

Tunggu beberapa saat sampai projectnya selesai dibuat, jika komputer kalian spesifikasinya kentang alias kurang begitu bagus mungkin agak sedikit lama kelarnya, sabar ya..

Kemudian kalau sudah selesai prosesnya maka tampilan masih dalam keadaan kosong, pertama-tama kita harus membuat sebuah file kotlin terlebih dahulu di project yang sudah kita buat sebelumnya dengan cara berikut :

  • Klik menu dropdown project kalian (ada di jendela sebelah kiri).
  • Kemudian klik kanan pada folder “src” -> “New” -> “Kotlin File/Class“.
  • Beri nama sesuai keinginan.
  • Tuliskan coding seperti dibawah berikut.
Membuat File Baru pada Project Kotlin
fun main(){
    println("Hallo Kotlin ...")
}

Setelah selesai dituliskan silahkan dicoba jalankan dengan klik tanda panah warna hijau di pojokan kanan atas, Jika berhasil maka hasilnyapun seperti ini.

Tombol untuk menjalankan Coding di IntelliJ
Kode Berhasil dijalankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *