Versi Android Terbaru Bernama Marshmallow

image by pcadvisor.co.uk

Setelah sukses dengan update Lollipop yang bisa dibilang “Big Update” dari google karena semua terasa sangat berbeda dari segi user interface yang mengusung “Material Design”, update yang merubah lumayan banyak di user interfacenya setau saya saat jaman Android versi Donut ke Gingerbread, Gingerbread ke Ice Cream Sandwich. Ada juga Honeycomb, tapi sayang pada saat itu android honeycomb hanya ditujukan untuk tablet dan ada juga Eclaire (2.0) dan froyo (2.2) perubahan tampilan yang terjadi pada versi itu tidak terlalu mencolok.

Untuk ICS ke Jelly Bean atau Jelly Bean Ke Kit Kat menurut saya pribadi tetap mengusung tema yang sama, hanya penambahan fitur dan perubahan style lockscreen atau status bar dan walau tidak berubah total seperti Kit kat ke Lollipop. Sekali lagi disetiap update pasti ada maksudnya entah itu segi keamanan, fitur pendukung, perbaikan bug major/minor, dll. Jadi tidak mesti tampilan berubah untuk disebut update seperti halnya versi android terbaru Marshmallow ini.

Kalau tidak salah di salah satu diskusi yang saya simak ada yang mengatakan bisa dilihat apabila android itu update pada kode belakangnya maka itu minor update dan apabila kode depannya berubah maka itu major update, maksudnya update minor contoh : Android 4.0 ke 4.1 dan update major 4.4 ke 5.0 yah maaf kalo salah karna ini pendapat di grup diskusi 😀 kalo ada yang tau boleh deh di komen. oke cukup flashbacknya kita langsung bahas versi android terbaru dari google dengan codename “Marshmallow”.

Google akhirnya resmi mengumumkan Android yang berinisial M (6.0) dengan nama Marshmallow.

Dengan update Lollipop yang lebih ke design yang baru, Google mengatakan pada versi android terbaru 6.0 Marshmallow memfokuskan  untuk menyempurnakan fitur dan memperbaiki bug yang ada. , apa aja fiturnya yuk kita lihat fitur fitur versi android terbaru satu ini:

Android Pay

Dari namanya bisa dilihat ada kata “Pay” pastilah itu berhubungan dari pembayaran, yup pada versi android terbaru ini memiliki fitur semacam melakukan pembayaran dengan device android kalian menggunakan NFC, kalau dari yang saya lihat cara kerjanya Android kita tinggal di tempelin aja ke NFC terminal dan semua belanjaan kita tadi terbayarkan, berharap juga toko toko  di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur ini hehe biar lebih kekinian gitu.

Google Now on Tap

Nah ini nih salah satu fitur yang jadi sorotan di versi android terbaru kali ini, jadi dengan fitur ini informasi yang kalian ingin tau jadi semakin mudah, seperti saat lagi browsing dan ada kata atau kalimat yang ingin kalian tau cukup tahan pada kata itu dan muncul menu informasi yang dipilih tadi. dari pada bingung nih lihat contoh nya di video oleh CNET berikut.

 

 

App permissions

Nah untuk yang satu ini untuk Android Jelly Bean ke atas biasanya saat melakukan install aplikasi ada opsi permissions apa saja yang digunakan. Dengan versi android terbaru di Marshmallow fitur ini semacam melakukan pengecekan izin penggunaan fitur yang ada di Android kalian, jadi misalnya aplikasi whatsapp ingin menggunakan mikrophone untuk mengirim voice note nah dengan fitur ini akan muncul peringatan/konfirmasi bahwa whatsapp ingin menggunakan mikrophone Android kalian nanti ada opsi deny(tidak di izinkan) atau allow (di izinkan). Untuk aplikasi yang terpercaya sih pilih allow saja tapi apabila ada aplikasi nakal/malware atau sejenisnya dengan fitur app permission ini si aplikasi jahat tidak bisa berbuat banyak karena tidak mendapatkan akses karena kita (user) tidak mengijinkannya, fitur versi android terbaru dari Marshmallow yang sangat berguna bagi user untuk membatasi pergerakan aplikasi yang dimiliki.

image by phonearena.com

 

Doze

Pada versi android terbaru Marshmallow ini ada fitur Doze untuk penghematan baterai, di klaim fitur ini dapat menghemat penggunaan baterai dua kali lebih lama di mode standby, Google mencobanya dengan menggunakan Nexus 9. Semoga dengan fitur ini benar benar menghemat baterai.

Fingerprint atau Sidik jari

Fitur dari versi android terbaru Marshmallow satu ini sih tidak banyak bahkan masih sedikit smartphone Android yang mendukung sidik jari, jadi sidik jari ini biasa digunakan untuk izin atau identifikasi yang sensitif contohnya saat pembayaran.

image by techcrunch.com

USB Type-C

untuk yang satu ini tidak banyak saya tau tapi cukup ambil kesimpulannya yang baru biasanya lebih mutakhir, dengan type-c ini seperti di beritakan oleh trustedviews.com apa yang dimiliki oleh usb type-c ini adalah :

  • More Speed, 40Gbps
  • More Pixels, uncompressed dual 4k displays
  • More Power, 100W Charnging – 15W to device
  • More Protocol

lengkapnya langsung ke sini aja Usb Type-C

Direct Share and Floating Toolbar

Fitur sederhana yang ditambahkan, dengan direct share dia dapat mempelajari dengan siapa anda sering membagikan konten dengan memprosesnya menjadi sebuat tombol, nah ada juga floating toolbar menurut info dengan fitur di versi android terbaru ini  mempermudah kalian saat melakukan copy paste konten dari web atau dokumen.

image by gsmarena.com

 

Simplified Volume Controls

fitur pada versi android terbaru yang satu ini sepertinya ada perubahan desain pada panel volume yang bisa memonitor masing masing audio dari volume musik, alarm dan lainnya dan pastinya seperti judulnya dibuat lebih “simple”.

image by www.expertreviews.co.uk

 

Chrome Costum Tabs

Untuk mengimprovisasi pengalaman berselancar dengan handphone fitur versi android terbaru ini memungkinkan membuka tab chrome di saat kita berada di aplikasi android lainnya, contohnya saat kita lagi asik buka facebook dan ada link dan kita harus beralih ke browser untuk membuka link tersebut, dengan fitur pada versi android terbaru ini dimudahkan agar kita tak perlu berpindah ke browser segala untuk membuka linknya, jadi kita tetap berada di aplikasi facebook tersebut. untuk contohnya ada di video berikut dari CNET.

Jadi kapan ya kira kira versi android terbaru bernamakan Marshmallow ini segera rilis ?? katanya sih di sekitar bulan oktober so kita tunggu aja semoga ini menjadi update perbaikan dari Lollipop yang di nexus 5 saya kena memori leak atau penggunaan ram menjadi besar sekali padahal sedang tidak ngapa-ngapain 🙁

UPDATE : Google akan merilis update 6.0 (marshmallow) di minggu pertama/kedua bulan Oktober dan device yang akan mendapatkannya dijajaran nexus device, google menyebutkan yang mendapatkan update pada seri nexus adalah nexus 5, 6, 7, 9 dan biasanya bakal di susul dengan smarphonr High end lainnya.

 

sumber referensi : www.trustedreviews.com

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *