bluethooth receiver mobil wireless

Ubah Speaker/Headset mu jadi Wireless dengan Alat Murah Meriah ini !

Pasti pernah kan lihat Speaker atau Headset wireless dari berbagai macam merek, kebanyakan harga sesuatu yang berembel-embel “Wireless” relatif agak mahal ketimbang non-wireless atau yang menggunakan kabel.

Dari situ sempat kepikiran ada gak ya alternatif agar bisa menikmati musik dengan cara wireless ? menggunakan speaker/headset yang ada ?

Dan jawabannya ada di ujung langit ternyata cukup murah dan meriah lo, kita bisa menggunakan alat yang bernama “Bluethooth Music Receiver” dengan harga yang dibandrol berkisar mulai dari 15-50 ribuan. Alat ini bisa kalian beli di toko aksesoris hp atau beli di online shop, udah lumayan banyak juga jenisnya sekarang.

Dari jenis yang banyak di jual biasanya ada yang perlu power dan ada juga yang menggunakan baterai saat digunakan.

Pilih Yang Mana ?

Dari segi kepraktisan yang pakai baterai lebih enak karena gak perlu lagi nyari sumber listrik untuk menggunakannya, tapi menurut saya bisa disesuaikan dengan kondisi.

Tipe yang menggunakan baterai


Jika digunakan untuk di mobil atau speaker di rumah lebih baik gunakan yang tanpa baterai, karena bisa digunakan terus menerus tanpa harus mengecas.

Tipe yang menggunakan USB sebagai powernya

Audionya Suka Delay gak?

Mungkin kalau yang pernah nyoba mutar musik di Bluethoot masalah yang biasanya dialami biasanya adanya delay beberapa mili-detik atau detik saat memutar lagu.

Kedua jenis Bluethoot Music Receiver yang saya beli gak terlalu kerasa delay atau jedanya.

Bagaimana dengan Konektifitas ?

Masalah konektifitas kedua jenis Bluethooth music receiver yang saya beli cukup mudah saat menghubungkannya pada ponsel Android, iOS, ataupun PC semua bisa terkoneksi.

Tapi ada satu masalah di jenis yang menggunakan power, dia perlu di-pair atau di sandingkan ulang setiap kali alat tersebut dihidupkan, walaupun sudah pernah di-pair sebelumnya dia akan terdeteksi sebagai alat yang berbeda (walaupun saat di-pair namanya sama). Agak mengurangi kepraktisan sih menurut saya.

Perangkat Perlu di Pair-ulang

Berbeda dengan jenis yang menggunakan baterai, kalau sudah pernah di-pair sebelumnya maka jika alatnya ini menyala dan terdeteksi dia langsung otomatis terkoneksi tanpa harus di-pair ulang (Bisa dilihat pada perangkat disandingkan dengan nama Bluethooth Music).

Kualitas Audio gimana ?

Untuk kualitas audionya sendiri setelah saya coba kedua jenis Music Bluethooth Receiver tersebut agak berkurang kualitasnya.

Ibaratnya kalau menyambungkan langsung dengan kabel Bit-rate yang dihasilkan 320 kbps.

Sedangkan saat menggunakan Bluethooth yang saya beli tersebut Bit-rate nya terasa seperti 160-128 kbps.

Untuk jenis yang tanpa baterai saya rasa punya kualitas audio yang paling rendah ketimbang satunya (model baterai).

Mungkin kalau ada yang jenis lainnya atau yang agak mahalan, kualitas audio bisa tetap terjaga kejernihannya, karena kalau dari kisaran harga yang saya beli sudah cukup untuk sebuah speaker.

Layak untuk dibeli ?

Oke sekarang kita ambil kesimpulan apakah Bluethooth Music Receiver ini layak beli atau tidak ?

Buat saya pribadi alat ini cukup oke, karena bisa menghidupkan kembali speaker yang tidak terpakai dirumah, dan jadi serasa diberi teknologi baru.

Dan juga buat yang suka bepergian menggunakan mobil dan kebetulan mobil kalian gak punya fitur bluethooth nah alat ini jadi salah satu alternatifnya, dan juga bisa beli Receiver yang dilengkapi fitur Mic agar bisa menjawab telepon saat menyetir tanpa harus memegangi ponsel.

Untuk masalah audio seperti yang sudah disinggung di atas, memang ada penurunan audio, kalau menggunakan headset mungkin kalian merasakannya tapi kalau digunakan di speaker menurut saya tidak begitu masalah.

Tapi buat kalian yang sangat peduli dengan segala macam detil audio mungkin saya sarankan beli Bluethoot Music Receiver yang agak bagusan agar kualitas audio yang di hasilkan tetap bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *