matikan tombol home

Sering Tertekan Tombol Back/Home Saat Main Game ? pake ginian biar aman …

Pernah gak sih kalian lagi asik main game dan lagi seru-serunya ehhh malah kepencet salah satu tombol yang ada di ponsel kalian ? entah itu tombol “home”, “Back”, atau “Recent Menu” ? kalau belum pernah sepertinya kalian jarang main game deh haha 😀 .

Rata-rata orang pada ngeluh dan dibikin kesal di saat momen penting eh malah gak sengaja kepencet tuh tombol .. dan balik ke gamenya ehh malah kalah .. #keselgaktuh , apalagi para player MOBA bakalan jadi beban tim dah kalau sampe AFK di tengah Match.

Jadi gimana nih biar aman dari “sentuhan maut” tombol / hardware key yang ada di ponsel kita ?

Gampang kok, kita gunakan Fitur “Screen Pinning” atau Pin ke Layar, dengan syarat versi Android yang kalian gunakan minimal Lolipop.

Kalau kita aktifkan fitur tersebut aplikasi yang kalian Pin, gak bakalan bisa balik ke Home, recent aplication juga gak bisa dibuka.

Jadi ibaratnya aplikasi yang kita Pin tadi sudah terkunci dan gak bisa dipindah-pindah ke aplikasi lain ataupun ke home, dan juga tombol atau hardware keys juga terkunci membuatnya aman disaat kita bermain game tanpa harus was-was kepencet diantara tombol-tombol yang ada.

Cara mengaktifkan

1. Masuk Ke Setting/Pengaturan.
2. Cari menu Security/keamanan
3. Pilih Screen Pinning/Pin Ke layar
4. Lalu Aktifkan.

disable tombol home

Cara Menggunakan

1. Kalian Buka Recent Menu apps
2. Klik aja gambar Push Pin (gambar paku) di aplikasi yang ingin di Pin seperti di gambar ini (Nougat).

disable hardware button

3.  Atau di Lolipop/Marshmallow dengan cara buka aplikasi yang ingin di Pin, lalu klik recent apps, swipe atau geser ke atas sampai muncul logo Push Pin lalu di klik.

mematikan tombol home

5. Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti ini.

mematikan tombol android

Cara Mengembalikan

“Gan ane udah selesai nih main gamenya terus cara balikinnya gimana nih ?” , cara balikinnya kalian bisa menahan tombol “back + recent app” beberapa detik atau terkadang di beberapa ponsel cukup menahan tombol back saja.

tombol home dimatikan

Cara Alternatif Menggunakan Navigation Bar

Kalau android kalian menggunakan Custom ROM bisa dilihat di pengaturan apakah punya fitur untuk menggunakan Navigation bar dan juga non-aktifkan hardware keys.

Kalau ada tinggal kalian disable aja hardware keysnya lalu nyalakan Fitur “Navigation Bar” untuk menggantikan tombol fisik yang sudah dimatikan tadi.

menggunakan navigation bar

Keuntungan menggunakan Navigation Bar ini kalau kalian buka game atau aplikasi yang memerlukan tampilan layar secara penuh atau Full Screen maka navigation bar ini tadi akan otomatis tersembunyi jadi gak akan mengganggu tampilan layar kalian. Dan untuk memunculkannya cukup swipe dari bawah layar ke arah atas.

navigation bar fullscreen

Itu dia sedikit tips gimana caranya agar pengalaman bermain game di ponsel android jadi lebih enak dan nyaman tanpa takut gak sengaja kepencet tombol 😀 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *