kuota youtube 60 fps

Perbandingan Kuota Nonton Video 60 FPS dan yang Biasa di Youtube

Suka nonton video di Youtube ? dan punya kuota berlimpah ? atau sebaliknya punya kuota terbatas dan selalu nonton video favorit di kualitas medium agar menghemat kuota ?

Suka kebablasan nonton kualitas Full HD atau bahkan yang 60 FPS ?, lah emang beda ya ? kan sama-sama Full HD kualitasnya? memang tertulis dengan 1080p tapi dengan adanya 60 FPS frame yang dihasilkan jadi lebih banyak menjadi 2x lebih banyak dari video yang biasa kalian tonton.

“Kalau Masalah kuota jadi gimana gan ?” nah ini nih yang mau kita bahas.., sebenarnya sama gak sih kuota yang digunakan jika video tersebut 60 FPS ??

Disini saya mencoba mengukur dengan dua buah video yang sama-sama Full HD 1080p dengan durasi yang kurang lebih lima menit dengan perbedaan salah satunya menggunakan 60 FPS, hasilnya gimana yuk lihat beberapa gambar berikut ..

kuota youtube 60 fps


Dipercobaan pertama terlihat kuota yang digunakan satu buah video Full HD 1080p dengan durasi 4:55 menit menghabiskan sebesar 44 MB.

kuota youtube 60 fps


Percobaan berikutnya bisa kita lihat kuota yang digunakan sangat jauh berbeda dengan sebelumnya dengan kualitas yang digunakan Full HD 1080 60 FPS dengan durasi 4:53 menit yang memakan kuota data sebesar 169 MB.

Udah liat kan perbedaan keduanya di pamakaian kuota data ?, jadi disarankan bagi yang punya kuota terbatasĀ  atau lagi ngirit jangan sekali-sekali keputer video yang 60 fps cukup di kualitas 480p sudah layak tonton menurut saya.

Dan kalau emang suka yang Full HD ya silahkan kok, tapi dicek kembali video tersebut 60 fps atau tidak, masalahnya di youtube jika uploadernya mengupload video bertipe 60 FPS maka otomatis kualitas 720p dan 1080p akan berubah menjadi 720p60 dan 1080p60, untuk kualitas 480p kebawah akan otomatis berubah jadi standar (30 FPS).

Bagi yang gak mikirin kuota mah gak terlalu ngaruh kali ya kuota segitu, apa yang ada di depan mah sikat aja haha.., tapi kalau yang fakir kuota segitu banyaknya bisa banyak hal, ya gak ?? šŸ˜€ .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *