Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam dan Biasa Pada Smartphone

Kalau kalian sedang mencari handphone baru terutama smartphone terkadang pasti bingung ada smartphone yang baterainya sudah terpasang dan tertanam di dalam body, kalau di jaman sekarang sih sudah banyak sekali seperti ini beda seperti dulu setiap kita membeli handphone pasti baterai terbungkus terpisah dari ponselnya. Banyak sekali debat mengenai untung rugi handphone yang menggunakan metode baterai tanam ataupun yang biasa (bisa dilepas). Mari kita lihat apa sih kelebihan dan kekurangan baterai tanam dan biasa pada smartphone.

Baterai Tanam

LG Nexus 5 Battery Replacement by ink-plus.ca

Keuntungan

  1. Ringkas, bisa dibilang ukuran ponsel menjadi lebih *langsing*.
  2. Slot SIM dan Memori, mudah saat ingin mengganti kartu sim atau memori eksternal tanpa harus membuka cover belakang karena biasa slot sim dan eksternal memori terdapat di sisi kanan atau kiri menjadikannya praktis saat berganti-ganti sim atau memori.
  3. Cover Belakang Awet, otomatis apabila tidak sering membuka tutup cover belakang hanya untuk mengganti sim dan memori cover belakang terhindar dari kejadian cover belakang tidak sengaja patah karena terlalu keras menariknya.
  4. Debu, debu tidak akan masuk sampai kebagian dalam ponsel sebab cover belakang yang tertutup rapat. ibaratnya misalkan dibuka covernya akan tampak seperti baru.
  5. Biasanya Umur Baterai Tanam Lebih Panjang ketimbang baterai biasa(bisa dilepas).

Kekurangan Baterai Tanam

  1. Karena baterai tertanam, otomatis tidak bisa menggunakan baterai cadangan.
  2. Sulit apabila ingin mengganti baterai sendiri.
  3. Terkadang kalau pas lagi handphonenya error atau orang kita bilang “hang”, dan tombol power tidak berfungsi terpaksa menunggu sampai baterai habis.
  4. Perlu mengeluarkan biaya lagi untuk jasa pemasangan baterai, seperti di poin 2 sulit apabila dilakukan orang awam.
  5. Jarang ada yang menjual baterai double power.
  6. Kebanyakan Smartphone yang menggunakan baterai tanam tidak ada Slot memori eksternal walaupun beberapa juga ada.

Baterai Biasa

image by pcworld.com

Keuntungan

  1. Apabila hang cukup mencabut baterai maka ponsel akan mati sepenuhnya.
  2. Mudah di keringkan apabila terkena/terjatuh ke air.
  3. Penggantian baterai yang mudah dan dapat dilakukan sendiri.
  4. Bisa gonta ganti baterai cadangan.
  5. Kebanyakan smart phone dengan baterai biasa memiliki slot memori eksternal.

Kekurangan

  1. Cover belakang rawan patah atau retak karena seringnya buka tutup cover
  2. Slot kartu eksternal dan kartu sim biasanya di dalam dan harus mencabut baterai, kepraktisan agak berkurang.
  3. Debu dan kotoran dapat dengan mudah masuk saat cover belakang dibuka.
  4. Biasanya smartphone dengan baterai biasa memiliki ukuran yang agak besar.

Pertanyaan yang sering ditanyakan Soal Baterai Tanam

Q : Kalo Baterai tanamnya udah drop gimana ?

A : Tinggal ganti aja di service center atau orang yang menyediakan jasa.


Q : Bisa ganti sendiri ?

A : bisa, tapi agak susah kalau masih awam.


Q : Baterai sudah di ganti tapi kalau suatu saat drop lagi gimana ?

A : Dari sumber yang ada, baterai tanam itu sendiri lebih awet umurnya dari pada yang biasa.


Q : Apa ada cara pengganti kalau baterai lagi sekarat, kan pake baterai cadangan gak bisa?

A : Kan ada Power Bank.

Q : Oh iya 😆


Tips memilih Smartphone dengan Baterai tanam atau biasa

  • Kalian suka bepergian? memilih smartphone baterai tanam dan biasa tak masalah kalian pilih, sekarang saat diajak bepergian bisa diatasi dengan membeli power bank, dan jangan lupa pilih power bank yang berkualitas jangan yang abal-abal.
  • Bagi para pengusaha dan pebisnis yang memerlukan fast respon dan fleksibel, ada baiknya memilih baterai biasa(bisa dilepas) karena dapat langsung di ganti dengan baterai cadangan yang dimiliki.
  • Gamer, kalau bermain game baterai biasanya cepat habis dari sini saya sarankan menggunakan baterai biasa, apalagi yang saya sering lihat orang banyak yang main game atau browsing sambil di cas, kebiasaan ini sangat menyiksa baterai karena suhu yang ditimbulkan cukup panas. Jadi pakai saja baterai biasa setelah habis langsung bisa di ganti dengan baterai cadangan dan baterai yang habis tadi di cas dengan external battery charger, contohnya di link berikut KLIK.
  • Tipikal santai dan wajar, seperti sosial media, browsing, games seperlunya masih cocok saja menggunakan smartphone baterai tanam, dan juga dikombinasikan menggunakan power bank.

 

Saya sendiri menggunakan Nexus 5 dan pernah juga pakai Xperia Acro yang menggunakan baterai tanam sejauh ini masih aman-aman saja sudah sekitar dua tahun kira-kira sejak pembelian tapi kembali lagi cara pemakaian kita masing-masing. Dan satu lagi yang saya sendiri juga bertanya-tanya, kalau “hang” gimana resetnya ? kan gak bisa main lepas aja baterainya ..? tapi selama saya punya smartphone yang baterainya tanam setiap “hang” solusinya cukup tahan tombol powernya agak lama maka akan tereset.

Sekian dulu artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Baterai Tanam dan Biasa Pada Smartphone, jadi kalian lebih suka yang mana ? baterai tanam atau biasa ?

208 Comments

  • DrPonsel says:

    Memang kadang susah juga kalo pake baterai tanam, sulit kalo pas hp ngehang, harus tau trik2 smartphone dalam kondisi seperti itu sehingga dapat teratasi dengan mudah

  • Yuyu says:

    Sy bl hp vivoy51 yg batrenya tanam.tiba2 hp hang di saat 10%,tombol power kg gak fungsi..tp di layar msh terlihat samar2 simbol batee dan sinyal..layar hitam..sy bingung mau dibuka sendiri batrenya biar mati atau ke toko lg krn masih garansi (bln seminggu)..gmn Ya?

    • Droidtekno says:

      Waduh tombol power di tahan lama gak mempan sis ? seberapa lama nahannya ? usahakan pencet aja lama sampai bereaksi hpnya..

      kalau masih garansi langsung bawa ketokonya aja, takutnya ada kerusakan di hardware..

  • Alvie says:

    Nanya dong MAH batrei ku besar tpi apa bila di gnakan sprt ini gmn

    Btuh penjelesan
    batre taman apa bila di gunakan sering dgn menggunakan data apkah bisa awet batrei nya atau akn cepet abis

    Begitu pula sebaliknya apakah batre tnam kalw di gunakan sering tpi tanpa menggunakan data bisa awet atau kah tidak

    • Droidtekno says:

      kalo itu sih gak mesti batre tanam ato biasa kalau kita menggunakan pemakayan data(internet) pasti menguras daya baterai.. tetapi kalau data tersebut di non-aktifkan maka daya tahan baterai akan lebih tahan lebih lama ketimbang di nyalakan.

      tapi semisal kamu menyalakan data tapi terasa sangat boros, coba cek kondisi sinyal karena sinyal yang jelek sangat menguras baterai hp kamu..

  • abdan says:

    Mau tanya klo hp asus zenfone 3 max itu batre tanam bagus ga? Cepat panas ga?dan klo rusak batrenya bisa di benerin ga ? Makasih

    • Droidtekno says:

      semua baterai tanam atau biasa menurut saya kurang lebih aja, jadi mau smartphone apa pun tinggal di sesuaikan dengan keperluan, seperti yg saya jelaskan artikel di atas.

      untuk cepat panas itu gak bisa di lihat dari baterainya aja gan, bisa jadi ada di faktor sinyal seperti komentar saya sebelumnya, atau bisa juga dari prosesor yang di gunakan.

      misalkan rusak atau ada kendala di sektor baterai gak usah khawatir, bisa di benerin kok, cuman untuk orang awam lebih baik menyerahkan sama orang yang lebih ahli atau bawa aja ke service center.

  • ajunk says:

    Mau tanya, kl ganti baterai tanam itu nanti akun2 sprti google play, bbm, dll.. ikut kehapus g? Takutnya nanti hpnya ikut di flash. Trims..

    • Droidtekno says:

      Gak ke hapus gan, pergantian baterainya gak ada ngerubah dan menghapus apapun, Baik itu baterai tanam dan biasa..

      • Sinichi says:

        Gan sy mau tanya.. hp sy a5 2017. Kl d cas kdg mentok cm 92% aja. Tp kdg bs sampe 100%. Tp performa hp kl lg d pake g ada masalah.. hny pas ngecas aja kadang g bisa nyampe 100%.
        Apa bermasalah yg sperti itu? Mhn infonya.

  • Anshar says:

    Maaf Mau tanya sy punya Hp Samsung A8 baterai tanam waktu sy mau chas hp sy sisa baterai 20% pas sy lagi chas bukan nya bertambah malah berkurang sampai 0% dan akhir nya mati total smpe skrg dan tdk bisa lagi On di chas (hp mati total) solusi atau cara nya bgmn mohon info nya makasih,,

    • Droidtekno says:

      saran aja ya gan, Coba agan pinjam charger punya temen dan coba di cas seperti biasa apakah baterainya terisi ? soalnya masalah seperti agan itu tanda chargernya atau kabelnya yang rusak.

      semisal udah pinjam charger lain masih tetep gak ngisi kemungkinan bermasalah di baterai atau di bagian Hardwarenya, langsung aja bawa ke servive center / ketempat service langganan agan biar bisa ditangani lebih lanjut.

      • risky says:

        tnya hp sya asus ZF 5 mslhnya gk bisa baca sim card nya SIM 1&2 dn jga sblm ada rusak panas hp ny gk wajar #
        mohon penjelasan nyA ^^

        • Droidtekno says:

          wah maaf gan saya kurang tau untuk masalah ini ..

          tapi dari penjelasan agan hapenya panas gak wajar kemudian sim nya mengalami kerusakan.., yang dipertanyakan apakah pernah jatuh, nyebur ke air ?

          bisa jadi hapenya sampe begitu di takutkan ada komponen yang longgar, meleleh atau konslet yang bikin beberapa bagian hardwarenya rusak/bermasalah.

          itu cuma sebatas dugaan saya aja ya gan kalau mau lebih yakin saran saya enaknya memang dibawa langsung ke service centernya saja langsung.

          • Erde says:

            Gan, saya punya hp Xiaomi 3x .. baru-baru ini hp saya jatuh saat saya berkendara motor. Setelah kejadian itu hp saya panass dan baterai nya habis berkurang tidak seperti sebelumnya. Kira kira itu kenapa ??

          • Droidtekno says:

            Saya cuma mengira-ngira aja nih.., sepertinya baterainya mengalami kerusakan karna benturan yg keras.. Entah itu bocor atau gmn..

            Atau bisa juga komponen elektroniknya ad yg rusak jadi kerja hapenya bermasalah..

            Kalau tambah parah mending bawa ke service center/ jasa service terdekat aja..

    • Edho Zain says:

      Saya mau tanya kalo pke batre tanam klo sering2 di cas membahayakan ngga klo misal lg ngga di pake saya cas itu kira2 bahaya ngga klo di cas terus..

      • Droidtekno says:

        ya kalo lagi gak di pakai gak usah di cas gan.. , cuman kalau terlalu banyak di cas sayang cycle ato umur baterai nya ..
        seingat saya hape jaman sekarang kalau udah 100% ngecas baterainya dia otomatis berhenti ngecas jadi aman dari overcharge..

        saran sih di cas saat diperlukan atau saat daya baterai memang hampir habis..

        semua ini berlaku baik itu yg tanam atau yang biasa..

  • adinda riyanti says:

    Saya mau tanya hp saya oppo neo5.tadi saya cas pake cas nya vivo y21…lalu lngsng panas dan baunya kayak terbakar … Itu masih bisa d benerin nggk ya mhon bantuan ya kak

    • Droidtekno says:

      Waduh bau kebakar? Hapenya masih bisa idup? Mungkin charger nya gak cocok tuh..

      Tergantung rusaknya bagian apa sis kalo gk parah sih bisa aja diperbaiki.

  • Name (required) says:

    mau nanya nih hp saya batrai tanam tapi cepet habis itu masalahnya apa ya? dan ada solusinya gak ya buat batrai agar bisa normal kembali?

    • Droidtekno says:

      Sebelumnya cepat habis gak?

      Saran pertama sih cek aplikasi yang berjalan apakah memang banyak? Karna aplikasi juga pengaruhi performa baterai. semakin banyak aplikasi yg berjalan maka makin boros, berlaku juga untuk baterai biasa atau tanam.

      Kemudian periksa kondisi sinyal apakah sulit? Seperti komentar syaa sebelumnya jika sinyal buruk maka baterai juga cepat terkuras.

      Kalau dirasa semua baik2 aja app normal, sinyal lancar. Bisa jadi baterainya sudah minta ganti baru..

  • D says:

    Mau tanya drh hp sy a3 2016 kan batre tanem trs case belakangnya agak ke buka. Sy tlf samsungnya katanya harus dibawa ke service center itu sm aja service, menurut anda gmn ya?

    • Droidtekno says:

      Bekas kebuka knp? Jatuh kah? Atau gara2 baterainya udah kembung?

      kan cuma kebuka dikit ya tinggal di kencengin aja mungkin longgar..

      saya pernah juga kebuka sedikit case belakang nya tapi bisa ditutup kembali..

  • E says:

    Maaf mau tanya, semisal ganti baterai tanam itu kira2 berapa, biayanya mahal apa tidak ya?
    Terimakasih..

    • Droidtekno says:

      Untuk penggantian baterai, itu sesuai dengan tipe hapenya.. Semisal untuk samsung galaxy A3 di kisaran 190 ribu originalnya.

      Dan Untuk jasa pemasangannya saja, saya kurang tau karna blm pernah ganti. Bisa saja tarifnya berbeda-beda di tiap penyedia jasa/tempat service.

  • Type your comment here…saya mau tanya..sya kan baru beli batre tanam sony yang ori seharga 225 belum sebulan hp nya klo ga sambil d cas gag hidup trus sya bwa k service center niatnya mau tanya malah d sana gatau d apain pas d bwa plg kaga idup sma sekali, trus d suruh pake batre buatan sm service centernya.. mnurut Anda gmna itu batre nya aman ga klo batre buatan? #Trimakasiih

  • ahmed says:

    maksih gan infonya sangat bermanfaat!

  • tri says:

    maaf mau nanya hp saya hp tanam klo dicaz ko penuhnya lama itu knp ya

    • Droidtekno says:

      Bisa jadi ada kerusakan di charger atau kabelnya.. Coba pinjam charger hape yang lain dulu untuk nge cas..

  • Maswi says:

    Gan saya mau tanya kan coper hP belakang baterai tanam jadi satu jadi gimana cara melepas.a klo mwu ganti baterai tanam tersebut…?

    • Droidtekno says:

      Memang lebih rapat ketimbang dari yg biasanya sih gan tapi tetep bisa kebuka kok lewat celah cover belakang (di hape saya).. Tapi ya itu agak susah.

  • Nurdin says:

    Thanks artikelnya gan sangan mencerahkan,
    Mau tanya ane pake hp Galaxy J7 Prime, klo utk mengetahui ciri fisik batre hp udh bermasalah dan harus diganti gmn ya? Misal kembung apakah menekan casing belakang sambik bodi belakang hp ikut kembung juga?
    Trus berapa kira2 biaya ganti batre dan jasa penggantian batre?

    • Droidtekno says:

      Dari fisik sama seperti baterai umumnya akan terlihat kembung di cover belakang nya.

      Dan baterainya jika dirasa habis dengan gak wajar juga patut di curigai.

      Untuk masalah biaya maaf saya kurang tau.. Karna bisa berbeda-beda tiap hape.. kalau samsung langsung ke service centernya saja karna lumayan banyak tersebar di Indonesia. Tapi kalau agan punya langganan sendiri ya silahkan..

  • seno aji says:

    gan..kalau tipe smartphone sekarang di charge malam2 bahaya gk hp sya reno 3 pro…

  • didien says:

    gan mau tanyak hp saya asus zenfone 2 kalau buka kamera kok batrai y cepat habis itu kenapa ya, tpi kalau gak buka kamera awet batrainya..
    trima kasih

    • Droidtekno says:

      Menurut saya itu wajar karena kamera pun perlu daya untuk bekerja.

      Saya pun jga begitu apalagi saat merekam video..

  • miqbals says:

    Tapi kalau beli batee berapa ya

  • nurilpratama says:

    Kalo misalnya hpnya gk dichaas” rusak /tidak?(battre tanem)

    • Droidtekno says:

      Sejauh yang saya dengar tidak gan..

      Tapi ada baiknya di cas saja walaupun jarang digunakan, agar tetap ada daya di dalam baterainya.. Ya maksudnya jangan kosong banget gitu..

      • Iwanko says:

        Ka aku punya hp oppo f1f trus aku taro di dket kamar mandi. Aku gk tau tiba2 hpnya kaya kena air gtu trus tiba2 kamera sama suaranya langsung gak bisa berfungsi menurut kk gmna ya??

        • Droidtekno says:

          Udah coba di re-start?

          Kalau dirasa emang kena air ya kemungkinan sih airnya menyelinap masuk dan bisa jadi hardwarenya yg kena..

  • Iwanko says:

    Ka aku punya hp oppo f1f trus aku taro di dket kamar mandi. Aku gk tau tiba2 hpnya kaya kena air gtu trus tiba2 kamera sama suaranya langsung gak bisa berfungsi menurut kk gmna ya??

  • jefrizal says:

    Gan mau tanya hp sy vivo y35 , di cas pake carger ori bukannya nambah malah kurang trus hp panas , ngecas nya lama bgt paling banyak 30 % , ini knp ya gan batre saya atau cargernya ??? ..

  • adi says:

    gan, mau tanyak. baterai hp aku habis total.pas di cas 0% terus.. pas di idupin cuma nampak logo samsung aja.trus mati lagi.udah di cas lebih sejam masi aja 0%.gak naik naik..
    kalau di cas barang 20 menit cuma nampak gambar baterai nya aja.gak naik2.. hp galaxy A3 2016

  • Kurnia says:

    Mau nanya. Samsung note 8 sy bootloop terus. Udh di factory reset jg ttp gak bisa. Kalau dr yg sy baca , langkah terakhir hrs di flashing. Pdhal utk flashing baterei minimal 30%-60%. Lha ini baterei sy 0%. Gmn gan. Apa blh di flasing, atau ada cara lain ? Thx

  • Firman says:

    Mau tanya nh om, saya punya masalah di hp sony xperia zl, abis saya gunakan kamera hp langsung mati dan saya colok charger ke hp tetep mati n cuma lampu indikator hp di cas j yg hidup, ini brati krusakan pada batre, hp bottlop, hp sudden death om.. mohon pencerahanya..

    terima kasih.

    • Droidtekno says:

      Pemakaian kamera nya lama gak? Apa sampe panas banget?? Soalnya saya pernah pake kamera dalam jangka waktu lama dan panaassss banget trus dia mati sendiri.

      Kemudian saya tunggu sampe adem dan di charge normal lagi.

      Kalau punya agan gak bisa nyala sama sekali dan tidak bisa masuk recovery mode/download mode untuk di flash ulang, langsung di bawa ke service center nya aja… Takutnya ada yg rusak hardwarenya..

  • tomi says:

    Mau tanya ini mas.. Hp saya oppo neo 5 batre nya batre tanem.. Kalo dipake boros bgt mas.. Gimana itu mas.. ?

    • Droidtekno says:

      Faktor nya banyak gan yg bikin boros, biasa sih ini :

      – sinyal tidak stabil
      – ada aplikasi yg berjalan di background tanpa disadari
      – batre sudah kembung

      banyak faktor lainnya gk bisa kesebut smua 😂 , dan juga tergantung penggunaan kamu juga..

      Dan semua smartphone kalo lagi di pake biasanya batrenya ya cepat habis..

  • Yanti says:

    Hp saya batrai tanam …. baru beli ehh udah hang…. itu penyebabnya apa yahh ???? Aplikasi juga nggak banyakk ….
    Makasih juga infonya … 😊

    • Droidtekno says:

      Wahh ram nya brp gb tuh? Kalo ram nya kecil sih bisanya emang suka gitu..

      Kalau ram nya 1 ato 2 GB sih cukup aja untuk app jaman sekarang,

      Sering gak hang nya? Kalo sering langsung claim garansi aja..

  • kanjeng romo says:

    mo nanya ni gan..ane pnya tab asus..jalur pengisian batrai pada pcb ngelupas..otomatiskan gk bs nih pasang pin conector cas nya..kasih solusi dong gan..klo kira2 kabel chargernya lngsung d bantol ke batrenya aman gk ya..makasi gan

    • Droidtekno says:

      Maaf sebelumnya gan saya kurang mengerti mengenai kelistrikan jadi gak bisa ngasi solusi.

      Andai baterainya bukan yg tanam bisa di coba pake eksternal charger..

  • Herdy says:

    Bisa g batre tanem ganti sama batre yg kapasitasnya lebih besar..??

    • Droidtekno says:

      Setau saya sih jarang ada yang buat baterai tanam, biarpun ada yang jual tapi masih meragukan kapasitas kecocokannya..

      Kalaupun ada yg kapasitas besar ukuran atau berat baterainya pasti nambah tuh.. Yah mungkin aja cover belakang jadi gak bisa di pasang karna tambah tebal..

  • Lisa says:

    Maaf mau nanya. Pengecasan yg baik itu kira” berapa persen ya? Untuk baterai tanam? Thx

  • Andri says:

    Gan numpang nanya gan kalo saya ngecas baterai kepenuhan hingga berlebihan sekitar 2-3 jam boleh gak ?hp saya oppo neo7 pake bartrai tanam mohon pendapatnya dong

    • Droidtekno says:

      Hape jaman sekarang sih biasanya udah pinter gan, biasanya kalau sudah full baterainya otomatis dia berhenti mengisi daya..

      saran aja nih, ada baiknya biasakan kalau udah full di cabut colokannya.. Ya sekedar menghindari yg tidak di inginkan aja..

  • Amdri says:

    Gan saya mau nanya 1x lagi.mengapa yah hp Nokia biasa yang pake lampu di atas selalu ada tulisan “baterai lemah” padahal masih ada sekitar 4-2 garis di dalam batrai apa lagi hp ibu saya itu gonta-ganti baterai . mohon bantuannya dong baterai nya baterai biasa.

    • Droidtekno says:

      Baterainya mungkin sudah drop gan.. Cba pke baterai yg baru trus jgn gonta ganti baterai..

      Kalau masih muncul jga mungkin ada masalah di perangkatnya..

  • wawan s says:

    hp politron zap 6 posh saya pcb nya mati apa karena batrei tanam ya?? mal lagi sampai 900.000

  • Eddo says:

    gan mau tanya kalo battrai tanam cara ngecas yg baik dn benar gmana ya apa nunggu mau habis 5% apa 15% boleh gak kalo msh sekitar 40% kita cas itu bisa mempenggaruhi usia battrai atau bsa membuat btrai cepat drop

    • Droidtekno says:

      15% juga udah sip..

      Yg bikin drop itu pemakaian yg gk sehat bagi baterai gan, seperti lagi nge cas agan sambil main game yg bikin hape kamu panas banget, dan baterai itu musuhnya panas gan..

      Dari yg saya baca sih baterai itu semuanya ada umurnya jadi sekian lama pemakaian pasti ada penurunan nantinya.

      jadi kalau ada yg penting silahkan aja di cas walaupun masih berada di > 40%

      • Eddo says:

        1 lg gan kalo kita pakai smartphone buat main game berat hd dan itu online kan smartphone kita panas itu bsa mempenggaruhi usia baterai gak dan katanya cpu hp kita bisa menurun kecepatanya kalo dpake maen game secara berlebihan apakh benar

        Matur nuwun agan,

        • Droidtekno says:

          Selama panas nya wajar sih baik2 aja. Yg penting jangan sambil di cas.. Panasnya dobel ntar.. Takutnya overheat dan kalau overheat tu hape bisa mati/restart mendadak.

          tepatnya terlalu lama bermain menyebabkan panas berlebih dan menimbulkan penurunan performa.

  • yuli says:

    apa iya kalau baterai tanam, pada saat cas harus di non akitfkan ponselnya?

  • yuli says:

    apa iya kalau baterai tanam, pada saat cas harus di non akitfkan ponselnya?

  • ty says:

    Ass,maaf kak mau nany …aku puny hp samsung ace 3 ,hpny mau hidup kalau hpny mati pas d hidupi lagi harus nunggu satu minggu baru mau d hidup lagi / d cas lagi…kira” itu apa yg rusakny y kk?makasih

    • Droidtekno says:

      Maaf sebelumnya saya kurang paham penjelasannya 😂.

      Tapi apa sdh dicoba ganti baterai kah? Siapa tau baterainya udah soak?

  • dedr says:

    Gan klo smartphone yg battery tanam cara buka cassing blakangnya gimana??

    • Droidtekno says:

      Agak susah emang gan rapet banget soalnya, biasa sih kalau saya liat di reparasi hape itu dia punya alat semacam obeng buat nyongkel di sela-sela hape biar bisa kebuka.

      Pernah saya dulu buka case nexus 5 lumayan gampang modal pake kuku aja bisa kebuka..

      Yah banyak yg beda gan di tiap hape, ada yg gampang ada yg sulit..

  • Taufik says:

    Kalau mudah habis gimana?

    • Droidtekno says:

      Lihat pemakaian, apakah sangat sering digunakan?

      Kalau cuma stand by tapi batre tiba2 habis kemungkinan batre sudah drop dan perlu diganti..

  • ramadhan says:

    Om saya kan baru beli hp xiaomi note 3 pro. Kok baru di pakai kok cepat panas ya? Keadaan lagi ga di cash.

    • Droidtekno says:

      Panas banget apa sekedar anget aja, cepet panas nya pas lagi ngapain? Main game kah atau cuma stand by?

      Kalau stand by malah panas sendiri mungkin ada masalah, kalau dimaiankan/digunakan wajar aja kok saya juga gitu..

  • ekaa says:

    Saya punya tab advan t2g wiffi, saat itu baterai sekitar 50% setelah gak lama dimainkan game sama adik saya smpai 40% tiba tiba ada suara aneh yg kluar dari baterai nya, suara nya seperti mesin blender., tapi nih sangat pelan suaranya., gremesek gitu, langsung saya ambil hp ny trus saya matikan, trus saya hidup kan lagi alhamdulillah suara aneh ny hilang, tpi baterai ny menjadi 23%. Tolong info nya ya gan,. Saya bingung mau diapakan, saya takut hp nya nanti beledak ,. Saya sampai was was san

  • faras fadilah says:

    Gan tanya dong hape saya kalo di cash kenapa ga di isi ga penuh” ya..padahal saya cek ga kenapa napa sebelumnya

  • Irul says:

    Gan mau tanya klo hp batre tanem klo mau gonta ganti kartu tampa nonaktf hp aman gx

    • Droidtekno says:

      Hape Saya yang dulu sih dalam kondisi menyala gk ada masalah tanpa dimatikan dahulu.

      tapi berhubung hape saya sekarang sim dan eksternal memori jadi satu slotnya
      alias hybrid ya saya matikan dulu atau di eject portable storage di pengaturan menu penyimpanan.

      Kalau slot sim dan memory eksternal agan terpisah gak masalah kok gak dimatikan.

  • irwan says:

    Gan mau tanya dong. Klo hp tanam biar ngga nghek gimnh ya cara.a mau pun batrei penuh atu pun lemah biar terjaga hp.a mksih gan

  • eka says:

    gan mau tanya dong kok batre sya cpet habis yaa skrang ? padahal sya baru beli v5 skitar 2 mingguan..
    ada solusi gak biar batre hemat??

    • Droidtekno says:

      Coba Lihat pemakaian kamu apakah memang intens banget dalam penggunaan smartphonennya..

      Kalau dirasa kamu jarang pake tapi tiba2 abis Coba Cek aplikasi yang digunakan, apa ada aplikasi yg berjalan di background?

  • Puttra says:

    Gan. Baterai hp saya kan tandam terus kalau ngisi saya selalu 3jam keatas. Itu bahaya gak gan buat baterai dan bahayanya kenapa

    • Droidtekno says:

      Biasa hape jaman sekarang udah otomatis berhenti ngisi daya kalau sudah 100% di charge gan.. Jadi terhindar dari overcharge atau kelebihan pengisian daya..

  • nurul says:

    gan mau tanya kira2 untuk mengganti batre tanam samsung A8 itu kira2 berapa ya? kalo di service center resmi nya. makasih gan

  • Radiansyah says:

    Gan hp saya redmi 4a batre tanam.saya sering ngecas semalam dlm keadaan mati . Itu bahaya gk ? takutnya jadi boros..

    • Droidtekno says:

      Memang biasanya otomatis terhenti pengisian dayanya kalau sudah 100% tapi Sebaiknya dihindari saja kebiasaan itu..

  • Yen says:

    Kalau baterai tanam, di cas sambil pake gimana?

    • Droidtekno says:

      Ya sama aja gan seperti baterai biasa, kalau bisa dihindari nge cas sambil di pake..

      Takutnya overheat atau kepanasan..

  • adinda says:

    Maaf mau tanya . kalau batre tanem gak di chrger selama 2 minggu posisi hp mati. nanti hp nya masih bisa hidup kalau di chrger atau malah rusak?

    • Droidtekno says:

      Masih bisa idup kok, tpi nanti di isi aja ya… Soalnya walaupun posisi mati baik batre tanam atau yg biasa, daya yg tersimpan di batre perlahan juga bisa habis sendiri..

  • setyo says:

    Gan..saya punya hp baru xiomi 4x cara pengguna awal agr batrai awet n stabil gimna?

    • Droidtekno says:

      Cukup hindari penggunaan hp nya saat di cas.. Apalagi sambil nge game..

      Dengan tujuan menghindari overheat/ kepanasan pada baterai atau komponen lainnya.

      periksa juga kondisi sinyal kalau buruk biasanya akan menguras baterai.

      Gunakan dan install aplikasi seperlunya saja hapus yg dirasa jarang digunakan.

  • jalil says:

    klok baterai saya tenam trus hpnya saya matikan lama gimana yaa mohon bantuan ya

    • Droidtekno says:

      Ya gak apa-apa gan.. tapi pastikan juga di ces sesekali, jangan sampe kosong banget soalnya baik batre tanam atau yang biasa perlahan dayanya bisa habis sendiri..

  • Karin says:

    Mau tanya ni gan tau gak sma batrai hp kualitas LG .. Lebih mending mna sma ho buatan cina seperti meizu yg menawarkan berbagai banyak fitur seperti fast charger ?

    • Droidtekno says:

      Kalau nyari kualitas jelas yg sudah bermerek seperti LG, samsung dll.

      kalau meizu sendiri sya blm pernah pake dan tau sendiri lah buatan china punya harga murah tapi kualitas yang tak sebegitu bagus, tapi bukan berarti jelek loh ya. Saya sendiri pengguna xiaomi.

    • Droidtekno says:

      Kalau nyari kualitas jelas yg sudah bermerek seperti LG, samsung dll.

      kalau meizu sendiri sya blm pernah pake dan tau sendiri lah buatan china punya harga murah tapi kualitas yang tak sebegitu bagus, tapi bukan berarti jelek loh ya. Saya sendiri pengguna xiaomi.

  • frieza says:

    Mas kalau batrai tanam trus mau di ganti itu mahal gk? makasih

  • Fifitsagitri says:

    Mau tanya dong, hp saya oppo neo 5, waktu itu hp saya nge-hang saya restart terus, tiba-tiba hp nya gak hidup-hidup, cuma ada getar aja. Saya cas tapi gak ada perubahan, terus sekarang malah mati total gak ada getarannya meskipun udah nyoba ganti pakai charger lain.. Itu masalahnya di hardware atau baterai nya ya? Saya udah coba ke servis hp tapi cuma bertahan seminggu.

  • nanang says:

    Kalo btre tanam terus hpnya mau ditinggal gimana gan cara biar tetap awet…

    • Droidtekno says:

      Kayaknya gak ada treatment khusus, toh gak semua pengguna bisa melepas batrenya sendiri.

      cukup ditinggal aja tapi setelah sekian lama di tinggal baiknya di cek kembali kondisi batrenya apakah berkurang atau tidak? Setidaknya di cas sesekali.

      Pengalaman saya walaupun batre biasa udah saya lepas dan cuman disimpan di lemari tapi gak pernah saya cas sama sekali, entah batrenya atau hapenya jadi bermasalah… Sulit menyala, sekalinya udah nyala tiba2 mati kehabisan daya sdh saya cas kembali tapi daya tahan batrenya menurun drastis. Lupa juga saya sdh berapa bulan/tahun gak pernah di cas 😂.

      • edo ilham says:

        bang mau tanya dong awet tan batre tanam apa yg ga di tanam.makasih

        • Droidtekno says:

          Awet apa nih yg dimaksud?

          Daya tahan pemakaian kah? Kalo iya itu semua tergantung pengguna, kalau pemakaiannya ringan ya mau batre apa aja semua awet aja, begitu jga sebaliknya kalau dipake buat tugas berat seperti main game ya bakalan boros juga..

  • Cooler says:

    saya mau tanya brp ram yang diperlukan untuk bermain game ML

  • Alfat says:

    Apakah baterai tanam bisa ngedrop?

  • ks says:

    mau txk gan. hp sy sony e4 ganti battry ke servisx ada harga 130rb sama ori 370rb. katax harus battry yg ori hrga 370, klo di ganti yg hrga 130 itu gk bs di cez. itu gmn gan ?

  • Barrac says:

    Sya punya hp samsung galaxy tab A, memiliki baterai tanam, sejak akhir ini hp saya selalu restart sendiri bagaimna cara mengatasinya

  • Febby Al Faraby Putra says:

    Baterai ku kalo di chager ska mentok di 98 atau di 77 jdi gk 100% trus sma suka cepet abis nya Min nah mau nnya itu masalah nya dari apa, di baterai nya apa di chager an nya Min, tolong bntu?

  • gunawan says:

    Maff gan mau tanya cara mengecek batraeinya berfungsi atau tidak gimana ya soalnya hp saya matot

    • Droidtekno says:

      Saya masih kurang mengerti bagian eletronis nya..

      Dan se inget saya pake alat multitester untuk mengecek tegangan suatu benda elektronik, dan kalau udah gak ada tegangan bisa jadi itu rusak gan..

  • Avan Damar says:

    acer liquid z500 baterai tanam bisa ganti gak, punya ku baterainya drop sekarang ga bisa nyala tapi dulu masih bisa nya tapi sekarang kayaknya mati total solusinya gan

  • roni says:

    Kalau hp xiaomi redmi 3 pro apakah bisah diganti baterai nya kalau rusak

  • Akmal says:

    Gan, mau tanya. Hp sya sony xperia m4 aqua btrainya tanam. Udh lama mati dan gak di cas, trus pas mau cas trnyata gak bisa. solusinya gmana tuh gan ??

  • nyoman santra says:

    Minta solusi bos…… samsung s7 edge saya hang layar hitam dan smua tombol gak fungsi smntara lmpu led nyala lalu saya biarin sampe batre habis 0%….kmudian saya charge lgi tapi tidak ada kluar logo batre atau layar hitam padahal hapenya panas….bahkan sampe berjam2 saya cas ttap tidak ada kluar logo batre dan saya coba pencet2 smua tombol ttap jg gak ada respon….gmana menurut agan?

  • Nietha_DL says:

    Saya seorang gamers cwe niey
    Kasih saran dong.enak batre tanam atau tidak buat saya yg suka main game ini

    • Droidtekno says:

      Saran sih pake yg bukan tanam, alasannya biar kamu bisa ganti baterai dengan baterai cadangan dengan cepat..

      Jadi beterai yg habis bisa di charge menggunakan external charger..

  • arafianuri says:

    maaf kak saya mau tanya, kalau batrai tanam normalnya habis dalam berapa jam?

    • Droidtekno says:

      Wah kalo masalah daya tahan baterai itu tergantung si pemakai, aplikasi yg berjalan dan juga tiap hape punya jumlah kapasitas baterai yg berbeda.

      Seperti xiaomi redmi note 3 saya, dengan kapasitas baterai 4000 mAh pemakaian santai, jarang main game dan koneksi selalu menggunakan wifi bisa bertahan seharian. Bahkan kalau cuma dipake ngecek notif doank bisa tahan 2 smpe 3 hari.

  • ARIF says:

    Gan mau tanya iphone 5c saya kok dipakai terasa agak boros ya tp gk drop sih , tp klo cuma buat browsing itungannya lumayan boros sih gan , tp.aku cek pake aplikasi battery life kondisi masih very good apa emg iphone 5c boros apa batunya yg agak boros emg , rencana mau ganti sih

    • Droidtekno says:

      Dari yg saya liat di spesifikasi iphone 5C baterainya tergolong kecil gan cuma 1500 mAh, jadi wajar aja sih menurut saya..

  • anissa says:

    gan, kalau misalnya saya reset android saya, akun google,fb,ig dan yang lainnya kehapus ga?

    • Droidtekno says:

      Reset yg kesetelan pabrik/reset factory ya maksudnya?

      Iya sis jadi bersih semua, jadi habis reset musti login ulang lagi..

  • ipin says:

    hp saya btrai tanam nih saya mau tanya misal kan kalau btrai kurang lebih tinggal 50% terus saya cas itu boleh apa gk sih??

  • rhizhal says:

    Gan mau tanya hp ku sony C4 batre tanam , di cas ga malah penuh malah berkurang , trus mati ga bisa hidup wlpun d tekan tmbol on cuma muncul logo batre lemah d caz seharian ttp logo batre lemah ga bisa ngisi pdhal sdh beli cas baru . apa itu mslh batreinya nya ya . makasih .

  • Andika prihantara says:

    Gan hp saya asus zenfone live hp saya cas semalaman apakah umur baterai menjadi turun. Mohon jawabanya?

  • awaludin says:

    Maztah bagaimana kalau baterai tanem tersebut kembung? Apakah akan merusak hardwere yg menutupi baterai?

    • Droidtekno says:

      Iya ditakutkan sih begitu, soalnya kan casing belakang yg baterai tanam biasanya rapat dikhawatirkan menggencet komponen lainnya..

  • saleho says:

    Mau Minta saran Gan .
    Ini saya mau ambil gadged baru
    Tapi saya bingung mau pilih batre tanem atau batre biasa . soalnya ada yang bilang batre tanem itu gampang rusak dll gan ? Mnta saran aja 🙂

    • Droidtekno says:

      Keduanya baik yg tanam dan biasa kalau gak dirawat sama aja gan..

      Kalau agan perlu kebutuhan yang nonstop dan cepat, batre biasa bisa jadi pilihan, cepat disini dalam artian baterai bisa langsung di ganti menggunakan baterai cadangan.

      Dan kalau baterai tanam gak bisa pake baterai cadangan,, ya paling tidak punya power bank untuk backup daya sewaktu2 habis di saat yg dibutuhkan..

      Sejauh yg saya rasakan pake baterai tanam sekitar 2 tahunan gak ada tanda2 kerusakan yang fatal..

      Bakalan awet kalau pemakaian sehat dan dirawat..

  • roby says:

    bang mautanya, saya punya hp oppo baterai tanam,
    hpnya kalau dalam kedaan hidup mati, kemudian hidup sampai logo mati lagi, sampai seterusnya.
    dan sebaliknya kalau keadaan mati hidup sendiri lalu mati lagi dan seterusnya.

    ini apa ya masalahnya ?
    apakah baterainya ?

    • Droidtekno says:

      Ada habis ngapain gan? Install sesuatu kah? Gagal flashing kah?

      Kedengarannya sih seperti bootloop, kalau emang bener bootloop coba pertolongan pertamanya di factory reset/wipe data lewat recovery.

      Kalau gak berani/ gak ngerti biasanya ada kok jasa buat benerin gitu di ponsel2..

  • Swift says:

    Hallo gan, mau nanya nih kalo hape ngehang/ngfreeze bener2 gakbisa diapa2in, terus saya restart saja, setelah nyala batre berkurang sangat drstis sekali dari 60% ke 15% dan hal ini sering sekali terjadi gan. Bahkan pernah sehari 2 kali terjadi hal serupa.Mohon jawaban dan sarannya gan, ThankYou

    • Droidtekno says:

      Ada tanda2 kembung di baterainya? Kalau iya bisa jadi itu udah drop, atau kemungkinan kedua bisa masalah software nya..

  • febrian says:

    saya mau nanya, hp saya a5 2016 kalo btre tinggL 50% tiba2 trus drop mati total (batre tanam), kira2 btre yang udah drop or ada kerusakan d sofware nya min,

  • hani says:

    gan maaf nih oot, hp ane nge hang bootloop gitu.. kira2 masih bisa gak sih data2nya di backup kalo abis di flash? kayak foto video gitu. caranya gimana ya?

  • Zuldian says:

    Mau tanyak min ?
    Hp saya tipe batrai tanam ya, tiba” mati dengan sendiri nya.
    Masalahnya ialah, saat mau memasukan data dari komputer ke hp itu melalui usb.
    Saat usb di masukan ke cpu komputer, hp langsung mati total, tapi masih bisa hidup sampai dua kali kejadian. Ketiga kalinya hp saya mati total gak bisa hidup sama sekali meskipun sudah di charge.

    Mohon solusinya min jika ada.
    Tks.

    • Droidtekno says:

      Mirip nih kejadiannya seperti saya, bukan hape sih tapi hard disk external
      saya waktu dicolok semacam korslet gitu jadi hardwarenya yang kena..

      Bisa jadi itu penyebabnya, dan kalau udah kena hardwarenya gitu coba tanyakan ke service hape, mungkin aja ada komponen elektronis yg rusak..

  • Nisa says:

    Mf mau nanya, hp saya kecebur di air sabun sebentar tdi pagi jm 7 awalnya gk pp… Tp setelah jm 10 hp saya error trus sya matiin lalu hidupin lg, eh mlah ad tulisan fastboot… Llu saya bwa ke tkg servis, gak tau di apain bisa nyala ktnya klo mau servis lepas batre bisa tapi nanti mungkin bisa matot klo gk tahan, saya kan tkut, jadi saya bilng aja ntar aj balik, eh pas jm 5 sore error lg sampe jm 10 malam baru nyala normal… Saya mau servis ksana ap gak pp ya, gimana kalo matot… Tolong solusiny, hp saya xiaomi redmi 3s… Mf pnjang lebar nanya nya

    • Droidtekno says:

      Mungkin komponennya ada yg korslet waktu kecebur,

      Udah coba di keringkan pake beras?

      Saran sih coba dibawa ke tempat service lainnya dulu

  • Eva says:

    Malam, mau nanya saya pake tab intel nah itu hp kalo casannya dilepas pasti ngedrop padahal udah 100%. Batrenya. Batre tanem itu bahaya gak ya.. Makasih.

    • Droidtekno says:

      Mungkin udah ngedrop itu batreny..

      Atau bisa jadi chargernya bermasalah, coba deh pinjam charger lain dulu kalau masih juga bermasalah bisa jadi baterainya minta ganti..

  • Sidikiyah says:

    Maaf gan mau tanya, hp saya xiomi redmi 4a batre nya tandem, udah beberapa kali ini kalo nge charg suka kelamaan 6-7 jam biasanya 2-3 jaman penuh nya.. Itu kira2 bisa mempengaruhi kualitas batre gak sih?

  • yuyun says:

    kenapa samsung j7 prime saya kalo data diaktipin suka panas dan batre nya cepet abis. Sehari kadang dua kali chrgr. padahal kapasitas baterainya besar gan

    • Droidtekno says:

      Untuk ukuran layar 5.5 inci dan batre 3300 menurut saya itu masih wajar.

      Kalau emang dirasa sering dipake sih saya bilang wajar, tapi kalo hapenya gak diapa2in tiba2 habis nah itu baru aneh… Bisa jadi udah drop tuh batrenya..

      Emang sis kalau banyak app ato lagi berat2 nya pake paket data emang panas.. Rata2 semua android jga gitu, apalagi kalau sinyal naik turun wahh udah hampir mateng aja tuh kira2 tuh hape..

  • dicky says:

    saya ada hp oppo pke batre tanem gan, saya suka maen game apakah itu gak masalah gan kalo dibawah maen game trus, tpi saya gak maen sambil ngecash

  • Muhammad fazil says:

    Mau nanya ni kalo misalnya batrai kita masih 45-60% klo kita charger itu ngurangin umur batrai ngk?

  • Anisyah Padma says:

    Kak mau tanya, hp saya vivo y 53 pagi ini saya cek mati total, sepertinya karena habis baterai. Nggak tahu mati sejak jam brp karena saya ketiduran dan terahir saya pakai buat dengerin musik dr youtube (offline). Saya charge awalnya ga nambah” tp skrg nambah tp segitu” aja. Kira” bermasalah nggak ya? Trimakasih..

    • Droidtekno says:

      kelihatannya sih seperti kehabisan baterai sampe benar-benar kosong itu.. saya juga pernah..

      kalau saya sih bukan gak nambah tapi agak telat respon charge nya .. tapi setelah itu bakalan terisi seperti biasa.. wajar kok ..

  • ogilvin says:

    Mau tanya hp sy kan samsung j5 prime dan saat di charge tdk mengisi dan saat sy mau kasih menyala it hp sy tdk mau nyala

  • Yashinta says:

    Maaf mau tanya. Hp saya Xiaomi.. Kalau mau ganti baterai tanam itu, apakah harus back up data2 dulu? Sepertinya enggak kan? Thanks gan..

    • Droidtekno says:

      gak di backup juga gak apa-apa kok toh cuman ganti baterai ..

      tapi kalau ada data penting baiknya di backup, ya jaga-jaga aja sih ..

  • een says:

    mau tanya gan.. samsung tab 4 saya srg mati2 sendiri.. dan nyalanya harus sekalian dicharge. kalo ga sama dicharge ga mau nyala.kira2 yg rusak apanya ya gan?

  • ahmad kholil says:

    gan mau tanya, saya bongkar (masih awam) karena lcd hp tiba” menjadi hitam garis”,, karena penasaran sya bongkar hp sya yg btre tanam acer liquid e700,, trus saya gores sedikit tiba” keluar lpercikan api terus menjadi panas bahkan panas.a gk normal,, karna takut saya paksa cabut (takut meledak) dan mengeluarkan bau tak sedap,, dan di taro di luar,,
    apakah batu baterai.a masih bisa dipakai atau tidak,,

  • Saya mau tanya..hp saya pakai batrai tanam.jd misalnya hp saya ‘heng’ terus tombol home nya gk berfungsi Karena udah rusak(tekelup ke dalam).jadi harus gimana?
    saya juga boros baterai.. sehari satu kali chas..apa itu gpp?

  • frida kusuma says:

    Gan mau tanya ni, hp saya kan baterai tanam, kalau dicas saya tinggal tidur, udah sampai 100% kan saya nggak tau, apa bisa memperpendek umur baterai jika kelamaan ngecasnya

    • Droidtekno says:

      biasanya sih hp zaman sekarang sudah otomatis berhenti ngecas kalau baterai sudah 100% jadi istilahnya baterainya gak overcharge..

      tapi ada baiknya dicabut kalau sudah penuh untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan..

  • rhmh says:

    bang mau nanya dong, kalo hp cuma bisa dipake sampe batre 60% keatas kenapa ya? jadi setelah batre 60% kebawah hp ngelag terus ngerestart ulang sendiri, abis itu nyala tapi ngerestart ulang lagi sampe batre 0% itu ada masalah dimananya ya?

    • Droidtekno says:

      Kalo saya sih biasanya ngelakuin 3 tahap ini dulu buat ngeceknya..

      1. Kalibrasi ulang baterainya
      Kalau masih bermasalah jga lanjut tahap 2

      2. Reset ulang hapenya
      Dan kalau ternyata masalahnya tetap terpaksa pke tahap yg ke tiga

      3. Ganti baterai 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *