Bingung Install JDK atau JRE ? Bedanya Apa ?

Bagi para developer yang masih belajar alias newbie, kadang permasalah yang kecil pun terlihat “Agak” membingungkan di benak pikiran, padahal kalau di telaah sedikit lebih dalam sebenarnya itu hanya hal sepele saja kok..

Contohnya seperti yang saya alami sendiri berawal dari ingin memulai belajar Pemrograman aplikasi Android yang berbasis Java, kita diharuskan download dan install file-file dibutuhkan agar bisa memulai memprogram suatu aplikasi. Antara lain JDK dan JRE.

Kalau kalian bingung mana yang harus dipilih antara kedua file tersebut, berikut pembahasannya :

 

download jdk atau jre

Download JDK JRE Via Oracle

JRE (Java Runtime Environment)

Dengan kalian menginstall JRE pada komputer kalian, maka komputer kalian sudah bisa mengenali dan bisa menjalan kan aplikasi berbasiskan JAVA. Jadi segala aplikasi kalian akan dieksekusi atau berjalan di Java Virtual Machine (JVM) pada komputer kalian, termasuk juga untuk Java yang ada di browser.

 

JDK (Java Development Kit)

Dari namanya mungkin udah keliatan kali ya, JDK ini berguna untuk menulis program .. jadi untuk Compiler gitu deh. Dan JDK sendiri sudah berisikan JRE di dalamnya jadi tidak perlu mendownload lagi secara terpisah karena sudah jadi satu.

 

Jadi Mana yang harus digunakan ?

Disini tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan kalian sendiri, intinya begini :

  • Jika kalian hanya untuk membaca/menjalankan program Java maka cukup JRE.
  • Jika kalian berniat mengembangkan aplikasi maka JDK yang wajib kalian install.

 

Nah itu dia pembahasan mengenai mana yang harus di install atau perbedaan Jdk atau Jre, semoga kalian mendapat pencerahan yang maksimal dari artikel ini 😀 .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *