10 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Coba Remix OS

10 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Coba Remix OS

Pernah dengar atau liat Remix OS ? atau pernah dengar tentang sistem operasi Android di install di sebuah PC ?,

Atau kalian Sempat kepikiran pengen punya sistem operasi Android yang bisa di pake di komputer tapi user interface atau tampilan antar muka nya mirip dengan Windows yang dimana kebanyakan orang sudah familiar dengan tampilannya ?.

 

Gak usah bingung atau kebanyakan mikir, disini saya akan membahas dan sedikit me review tentang Remix OS yang berbasiskan Android dengan fitur menarik pastinya bikin gak kalah kece dengan sistem operasi populer lainnya terutama Windows.

 

Selain kalian bisa menikmati bermain game, dan konten hiburan lainnya di Remix OS ini juga bisa digunakan bekerja seperti menggunakan office yang aplikasinya tersedia di Play Store. Jadi produktifitas pun gak bakal terhambat menggunakan Remix OS, wahh lengkap juga ya.. terus ada fitur atau kelebihan apa lagi nih yang tersedia di Remix OS ini ? lengkapnya langsung aja kita bahas di bawah ini.

 

 


 

1. Tampilan Yang User Friendly

Walaupun sistem operasi ini Android tapi tampilan dari Remix OS pasti membuat kalian terasa familiar kalau sudah masuk ke desktopnya, apalagi kalau bukan seperti Windows.

 

Di Remix OS memiliki “Taskbar” seperti yang ada di Windows, penempatan icon dan tombol start juga sama di sisi pojok kiri bawah untuk tombol start dan di sisi kanan bawah untuk ikon, jadi pengguna windows pasti gak kagok lagi sama tampilannya.

 

Kalau menurut saya sih Remix OS ini hampir sama dengan Windows 10 tapi dengan tampilan yang lebih “Simpel”, contohnya saat start menu di klik pada Remix OS langsung memunculkan aplikasi yang sudah kita install sebelumnya.

 

Karena sudah menggunakan Android versi 6.0 alias Marsmallow nuansa khas dari Material Desain juga di terapkan di Remix OS ini, pastinya semakin mempercantik tampilan Remix OS ini deh pokoknya.

 

Start Menu

 

Di bagian samping ada notification status untuk melihat semua notif yang masuk, dan juga di pojokan bawah kurang lebih juga sama seperti yang ada di Windows seperti adanya tanggal, notif baterai, audio, Wi-Fi.

 

Notifikasi

 

 

2. Multi Tasking

Ada yang kurang rasanya kalau menggunakan PC tanpa adanya fitur Multi-tasking, baik di Android ataupun Windows pasti kalian melakukan Multi-Tasking kan ?

Nah di Remix OS ini asiknya ber Multi-Tasking bisa dirasakan seperti buka banyak aplikasi android tapi dalam tampilan per-jendela seperti yang ada di Windows, contohnya seperti gambar ini :

 

Multi-Tasking dengan empat aplikasi sekaligus

 

Pengen main Clash Royal sambil war Clash Of Clans dan grinding Final Fantasy awakening ditambah nonton Video channel Youtube favorit kamu ? jawabannya BISA !!………… TAPI…….. apa gak puyeng tuh kepala mikirin semuanya sekaligus.. 😀 . Enaknya satu-satu aja kali yah biar gak pusing haha.

 

Mungkin gak bisa kaliya kita main sekaligus disaat bersamaan kecuali kamu bisa jurus seribu bayangannya naruto. Gambar di atas cuma sekedar contoh kalau menjalankan Multi-Tasking juga bisa dan gak jadi masalah jika didukung dengan spesifikasi komputer yang memadai.

 

Kalau kamu suka multi-tasking gak salah deh pake sistem operasi ini, aplikasi Android favorit kamu bisa berjalan berbarengan apalagi layar komputer kamu gede wah bisa berapa aplikasi yang muat tuh. Kalau di hape Android kayaknya gak cukup kali ya layarnya buat buka aplikasi sebanyak itu 😀

 

3. Performa !

Bagi kamu para pencari performa, Remix OS ini bisa jadi pilihan jadi jangan ragu buat nyoba sistem operasi ini.

Karena Remix OS ini terinstall sebagai sistem operasi di komputer kamu membuatnya lebih optimal, dan tidak seperti emulator yang sering kamu coba di windows atau emulator yg pernah saya post disini “Emulator Android Satu Ini Ringan Dan Cepat di Windows”

 

Kalau kalian yang punya komputer berspesifikasi tinggi mungkin dapat menjalankan emulator android di windows dengan lancar tanpa hambatan atau Lag, tapi buat beberapa orang yang spek komputer atau laptopnya pas-pasan pasti bikin gak nyaman saat digunakan terutama kamu yang memang suka bermain game-game android.

 

Hasil Benchmark dari Website resmi mereka

 

Sebagai perbandingan saya coba bermain game bergantian di Emulator dan juga di Remix OS menggunakan komputer yang sama dan juga pengaturan grafis yang sama, dengan spesifikasi kurang lebih seperti berikut :

  • AMD A10 7300
  • RAM 3.2 GB
  • VGA R7 M265

*Kalau kalian punya spesifikasi komputer atau laptop yang lebih bagus, maka semakin stabil dan lancar mainnya, hasil di bawah ini cuma sebagai referensi saja.

 

Kebetulan game yang saya coba di sini Arena Of Valor (AOV) dan sudah di atur dengan grafik yang paling MAX kalau gamer pc sih bilangnya rata kanan hehe :D.

 

Pengaturan Grafis di setel MAX

 

Bisa dilihat dibawah gameplay AOV di Remix OS angka FPS (Frame Per Second) yang dihasilkan di saat penuh grafik, efek skill bermunculan dan player numpuk FPS yang paling rendah saya dapatkan adalah 25 FPS dan stabil di 30 FPS, ya walaupun FPSnya drop ke 25 gameplay masih terbilang nyaman karena hanya turun sebentar lalu balik lagi ke angka stabil di 30 FPS.

 

FPS Terendah di Remix OS

 

Dan gambar selanjutnya percobaan menggunakan emulator MEMU player di Windows dengan memainkan game yang sama yaitu Arena Of Valor (AOV). Kalau kalian lihat FPS yang didapat saat efek skill pada keluar dan player pada numpuk di satu tempat yang sama bikin FPS turun jauh ke angka 8 !! yang mana sangat teramat parah LAGnya dan pastinya susah banget mengontrol permainan.

 

FPS Terendah di Emulator Memu (Windows)

 

Catatan : Semakin Tinggi Angka FPS semakin baik.

 

Satu lagi nih percobaan yang bikin saya sendiri penasaran, di atas sudah kita lihat gimana Multi-Tasking dan performa Remix OS ini bisa di andalkan, nah sekarang saya pengen coba kalau game yang agak berat di mainkan secara bersamaan apa bisa ?? ya lihat aja deh gambar ini…

 

Percobaan Tiga Game Bersamaan

 

Jawabannya BISA, saya coba jalankan satu persatu berpindah-pindah antar jendela tiga game yang saya coba tersebut masih berjalan dengan nyaman, sebenarnya mau cari momen yang paling bikin kerja grafis lebih keras tapi susah banget karena harus mengontrol tiga game sekaligus gak dapet mulu momennya 😀 .

 

4. Dilengkapi Dengan Key Mapper Untuk Gaming

Seperti yang sudah saya bahas di atas, dengan performa yang lebih yahud ketimbang menggunakan emulator di windows pengalaman bermain Game jadi lebih asik ditambah kalau pakai komputer gak pake baterai segala jadi bisa lanjut main terus .. (tapi kalo laptop ada baterainya kan ya ? 😀 )

 

Mungkin kalian berfikir, “kalau main game di Remix OS kan jadinya seperti di komputer yang menggunakan keyboard dan mouse terus kontrol gamenya gimana?”.

Tenang aja, di Remix OS juga tersedia yang namanya “Gaming Toolkit” seperti yang ada di Emulator Android di Windows lainnya, jadi tombol di keyboard kalian bisa di emulasi kan sebagai input touchscreen, istilahnya key mapping kalau gak salah.

 

Key Map yang sudah kalian buat sebelum juga gak balakan hilang setiap kalian restart atau mematikan komputer jadi gak repot ngatur setiap kali mau main, oh iya dengan Gaming Tool Kit ini kalian bisa menyimpan pengaturan tersendiri Per Game jadi gak kecampur-campur gitu deh tombolnya.

 

Tapi untuk game First Person Shooter agak sedikit susah karena mousenya gak kebaca seperti game First Person Shooter di PC atau sayanya yang gak nemu settingnya ya ?? ,, kalau kalian ketemu boleh dah share triknya di kolom komentar dibawah hehe.

 

Mengatur Tombol Dengan Gaming Tool Kit Remix OS

 

 

 

5. Kemudahan Dalam Instalasi

Awalnya saya sendiri juga mikir “musti installsegala, ribet gak yah?” tapi setelah download file yang diperlukan dan mengikuti perintah instalasi semuanya selesai dengan cepat dan mudah, kalau boleh saya bilang mah orang awam juga bisa nginstall beginian, sama seperti instalasi aplikasi di windows biasanya. Dan tinggal Reboot kalau sudah selesai.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa melihat tutorial lengkap nya di postingan saya sebelumnya, atau langsung klik di Link ini :

 


Tutorial Install Remix OS (Dual Boot) Gampang Gak Pake Ribet
“Tutorial Install Remix OS (Dual Boot) Gampang Gak Pake Ribet”

6. Menghidupkan Kembali Laptop lamamu !

Karena sebelumnya saya bilang kemudahan dalam proses instalasi Remix OS ini menghidupkan disini bukan berarti laptop yang mati total terus di install ulang pake Remix OS jadi bisa hidup lagi ya .. , maksudnya disini kalau kalian punya Laptop yang lumayan jadul dan jarang digunakan boleh dah dicoba-coba di pasangin Remix OS biar keliatan lebih menarik.

saya sendiri mencoba menginstallnya di Laptop yang umurnya udah lumayan lama kalau gak salah dulu beli di tahun 2006 an lupa juga dah tepatnya kapan yang pasti itu jamannya masih Windows Vista 😀 .

Ini spesifikasi laptopnya :

Biasa aja kan spesifikasinya ?

 

Kan lumayan nih bisa dipake main mobile legend 😀

 

7. Sebagai Alternatif Sistem Operasi Sekundermu

Sebagian orang mungkin ada yang suka atau memang perlu adanya sistem operasi sekunder misalnya saja ada yang perlu dual-boot Windows dengan aneka distro Linux untuk kebutuhan pekerjaan, atau orang yang sedang mempelajari Linux.

Bisa juga buat sistem operasi cadangan jikalau sistem operasi utama mengalami masalah dan tidak bisa di booting dan banyak data penting di dalamnya, dengan adanya sistem operasi sekunder masih ada harapan menyelamatkan file-file yang penting.

 

8. Layar Lebar Lebih Puas

Kalau ngebandingin enakan mana nonton film di rumah dengan layar seadanya sama layar dibioskop kalian pilih mana ? bisa dibilang sih seperti ini perumpamaannya.

Sebagian orang suka dengan layar yang lebih besar terutama yang bermasalah dengan matanya yang agak susah melihat di layar hape yang kecil.

 

 

Bagi orang yang tidak berkacamata seperti saya, serasa buram kalau sudah menatap layar hape dengan jangka waktu yang tidak begitu lama dan kalau sudah lama rasanya gak enak banget rasanya serasa puyeng dah ini kepala. dibandingkan kalau main game atau nonton di komputer  dengan waktu yang lebih lama malah gak ada keluhan serupa.

Apalagi kalau kalian punya PC dengan monitor atau tv HD mulai dari 16 inci ke atas pastinya bakalan betah melototin tuh layar.

 

9. Tersedia Di Platform Lainnya

Remix OS ini bukan cuma di PC aja loh, di webite resminya mereka juga punya Ultra Tablet, TV set-top Box Remix IO dan kalau kalian pernah mendengar tentang Nexus Player atau Mi Box, Remix juga punya namanya Remix Mini yang di klaim sebagai Android PC Pertama di Dunia. Dan juga di beberapa Tablet seperti Nexus 9, 10 dan Pixel C tersedia ROM Remix OS.

 

Remix Mini

 

Nexus 10 dengan ROM Remix OS

 

 

 

10. Dan yang Paling Utama dari Semua hal diatas

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

 

GRATIS !!!

Sebuah Sistem Operasi Android di PC yang bisa kalian nikmati secara GRATIS tanpa perlu membeli lisensi apapun atau bayar bulanan, Remix OS sepenuhnya gratis untuk kalian coba.

 


Tapi sebelum itu ada satu hal yang belum saya sebutkan, Remix OS ini sangat disayangkan updatenya sudah discontinue alias dihentikan jadi update terakhir yang bisa kalian coba hanya di versi “B2016112101” untuk bulan november 2016 lalu.

Ya walaupun developer resminya sudah tidak memberikan update lagi, tapi dengan Remix OS yang versi terakhirpun sudah dari cukup bagi saya untuk menikmati berbagai macam konten dan game android di komputer yang saya gunakan. Jadi bukan berarti berakhir dengan buruk kan ?

Nah itu dia alasan dan sedikit review tentang Remix OS dan kenapa kalian harus mencobanya, semoga dengan postingan yang saya buat ini kalian jadi kepingin mencoba Remix OS ini di komputer kalian atau bahkan sudah jadi sistem operasi yang wajib setelah Windows di komputer kalian ???

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *