LG G5 resmi diperkenalkan beserta Plug-in tambahannya !

Setelah sebelumnya berbagai spekulasi di dunia maya, akhirnya LG G5 resmi di perkenalkan pada  MWC 2016 di Barcelona yang berhasil menarik perhatian banyak pasang mata karena Plug in tambahannya, langsung aja kita bahas satu persatu apa saja yang baru di ponsel andalannya LG ini.

Pada pembahasannya sebelumnya saya pernah menyinggung sekilas LG G5 ini seperti Nexus 6P di postingan LG G5 lawan tangguh Samsung S7 dan memang benar bukan cuma saya yang merasa seperti ini, berikut saya kutip dari theverge.com

The immediate reaction when picking up the G5 and inspecting its aluminum-clad body is that it looks and feels very much like a smaller version of Google’s Nexus 6P.

 

ya walau agak ada kemiripan terutama letak fingerprint sensornya, pada LG G5 tombol powernya justru berada di sensor finger print itu sendiri. Saya sendiri pengguna Nexus 5 yang dimana Nexus 5 kali itu diproduksi LG merasa ukuran yang digunakan (4.9 inci) sangat pas di tangan yang pasti bakalan menunjang dalam penggunaan satu tangan. sama halnya dengan yang dikatakan theverge.com mengenai kenyamanan saat menggunakan antara Nexus 6P dengan LG G5,

But the big distinction between the two is that the G5 feels more comfortable and ergonomic.

Layar

LG G5 memiliki layar yang lebih kecil dari pendahulunya yaitu 5.3 inci beresolusi tinggi (2560×1440) dan memiliki density yang lebih tinggi dari LG G4 dan Nexus 6P. Di postingan saya sebelumnya bahwa LG G5 bakal menggunakan layar OLED dan faktanya ternyata LG G5 menggunakan layar IPS dan dengan adanya fitur “always-on” maka akan memakan daya sebesar 0.8% /jam.

Performa

Hadir dengan Chipset Qualcomm terbaru “Snapdragon 820” ditunjang RAM sebesar 4 GB sehingga performa yang didapat lebih bagus, dan animasi yang berjalan dengan sangat smooth.

Kamera

LG G5 ini dilengkapi dengan dual kamera ada yang 16 Megapixel dan 8 Megapixel kedua kamera itu bisa digunakan secara individu. Perbedaan pada kedua nya adalah pada kamera 16 megapixel mengambil gambar biasa dengan sudut 75 derajat, sedangkan pada kamera 8 megapixel dapat mengambil foto dengan sudut selebar 135 deraja, cocok untuk foto panorama.

User interface

Ada perubahan pada versi terbaru LG UX yang dimana app drawer (menu untuk aplikasi) di tiadakan, pihak LG mengatakan alasannya meniadakannya agar tidak membingungkan saat membedakan menghapus pemintas aplikasi (shortcut di home screen) dengan uninstall di app drawer, dan tampilannya sama dengan iPhone dan seprti ponsel android buatan china. Memang benar bagi orang yang masih belum begitu paham android agak kebingungan membedakan menghapus shotcut yang ada di home screen dan yang di app drawer.

Menyinggung performa LG G5 di atas saya pernah menggunakan LG Optimus G Pro milik kakak saya yang dimana chipsetnya menggunakan Snapdragon S4 Pro dan RAM 2 GB user interface LG UX yang diberikan sangat smooth dan nyaman, bisa dikatakan Nexus 5 saya waktu itu masih ber OS kitkat kalah smooth. Dengan menggunakan chipset terbaru LG G5 akan lebih smooth pastinya.

Memori, Baterai, Usb

Memori LG G5 dibekali dengan internal sebesar 32 GB dan masih bisa menggunakan slot kartu microSD. Usb yang digunakan adalah USB Type-C. Dengan removeable battery (bisa dilepas) berpakasitas 2,800 mAh.

Modul Plug-in

Salah satu yang paling diperbincangkan sebelumnya akhirnya terungkap sudah, yang dimana plug-in ini langsung ditancapkan di bagian bawah LG G5 dan tentunya bisa di pasang atau dilepas kembali dengan menekan sebuah tombol lalu bagian bawahnya akan terlepas yah semacam orang sedang mengganti clip peluru di senjata api.

 

Setelah terlepas akan terlihat baterainya

LG mengeluarkan dua ekstra modul plug-in LG G5 yaitu “LG Cam Plus”, modul ini diperuntukan untuk fotografi karena modul ini sebuah grip untuk handling satu tangan saat memotret yang dilengkapi dengan tombol fisik untuk shutternya, tombol untuk merekam, slider untuk zoom dan indikator LED. Ini bagian yang sangat penting dan paling dicari 😀 yaitu plug-in ini sudah disertai dengan baterai tambahan berkapasitas 4,000 mAh dari sebelumnya 2,800 mAh, menjadikannya tahan hingga 6-8 jam lamanya.

Dilihat dari gambar seperti baterai kembung tapi dalam bentukan yang rapi haha..

Kemudian modul berikutnya ada LG Hi-Fi Plus extension di bagian Audio, untuk audio saya tidak terlalu mengerti jadi saya kutip langsung saja dari theverge.com

The LG Hi-Fi Plus is an external 32-bit DAC and amplifier combo unit, tuned in collaboration with Bang & Olufsen. It supports native DSD playback and will come with a pair of H3 B&O Play earphones.

Importantly, the Hi-Fi Plus will process and upsample content from any app producing sound on the phone, including YouTube clips.

Muter lagu lagu edm jadi lebih bombastis nih kayaknya :D, dilihat dari penampakan modul ini tidak mempengaruhi ukuran dari bodynya sendiri hanya saja terlihat agak panjang dan tidak sewarna dengan bodynya yang aluminum yang berwarna hitam doff (matte black).

kiri tanpa plug-in, tengah plug-in Hi-Fi Plus, Kanan Cam Plus

Pilihan Warna

Warna yang ada di LG G5 ini tersedia empat jenis yaitu silver, gold, pink, graphite shade


 

Yang pengen liat Hands-on ada video dari theverge.com langsung di MWC 2016, Barcelona mengenai Android terbaru LG G5 ini yuk simak..

[youtube id=”0u3ThgkO1SA” align=”center” mode=”normal” autoplay=”no” grow=”yes”]

 

thanks to :

  • theverge.com
  • knowyourmobile.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *