LG G5 lawan tangguh Samsung Galaxy S7

Hadir melengkapi jajaran smartphone android di tahun 2016 LG siap hadirkan penerus seri G nya LG G5 yang bisa dibilang menjadi lawan Samsung S7 nantinya, sebelum peluncurannya pada tanggal 21 Februari 2016 di MWC (Mobile World Congresspihak LG memamerkan case yang bernama “Quick Cover Case” kemudian fitur ada juga “always-on display” dengan kamera “two rear camera”, baterai tipe removable battery (bisa dilepas), dan dari yang beredar di internet ada “mysterious expansion slot”. Dari hasil benchmark yang dilakukan beberapa orang hasilnya mengesankan !

Dari berita yang terdengar LG G5 menggunakan full metal pada bodynya, kabar gembira bagi yang suka premium look karena perubahan dari penggunaan bahan plastik yang biasa digunakan sebelum-sebelumnya. Rumor lainnya LG mempertahankan removable battery seperti yang dilihat dari prototype yang ada LG G5 terlihat mempunyai penampan baterai seperti yang dipaparkan CNET Korea, bisa dilihat gambar dibawah jadi seperti tempat slot kartu SIM sih menurut saya.

Kalau dilihat dari desain terlihat bagian belakang berbeda dengan seri sebelumnya, terdapat finger print scanner bukan lagi tombol seperti yang ada di LG G4 dan tombol volume terdapat di samping, kalau dilihat dari gambar desain kalau LG G5 ini lebih ramping dari G4. Dan juga pada sisi atas dan  bawahnya sekilas terlihat seperti Nexus 6P, dilengkapi dengan kamera dengan lampu flash mengitarinya.

 

Spesifikasi

 

Layar

Menurut laporan yang ditulis dari Evan Blass alias @evleaks LG G5 akan menggunakan layar LCD berukuran 5.3 inci menggunakan resolusi Quad HD seperti pendahulunya dan ukurannya agak kecil dari seri sebelumnya yaitu pada G4 dengan ukuran 5.5 inci. Kalau dilihat smartphone lainnya semakin membesar di sektor layar tidak dalam kasus LG G5 ini.

Cuma memberi pendapat pribadi saja kalau terlalu besar pada layar sulit dalam handling terutama satu tangan kalau masalahnya user berjempol badak sih no problem, tapi bagi yang punya jempol kayak sapu lidi bakalan repot :D.

 

Seperti yang ada di V10, LG G5 akan menggunakan “secondary ticker display” yang terletak di atas layar, “ticker” ini berukuran 160×1040 yang fungsinya menunjukkan notifikasi atau menjadi shortcut ke aplikasi.

 

 

Di atas disinggung dengan “always-on display” dari pihak perusahaan mengatakan ini bakal menjadi fitur di LG G5, gunanya apa ? jadi layar semacam menyala dan menampilkan waktu atau notifikasi tanpa harus menghidupkannya sepeti moto display. Kalau dilihat dari fitur ini layar LG G5 ini kemungkinan menggunakan teknologi OLED yang dimana pixel hitam hanya mengkonsumsi sedikit daya. Fitur yang cukup membantu dikala kita hanya ingin mengecek waktu dan notifikasi yang masuk.

 

Baterai, Memori, Prosesor,  dan RAM

LG G5 akan ditenagai oleh chipset terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 820 chipset yang sama digunakan ponsel andalan Samsung, Galaxy S7. Dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow berpadu RAM sebesar 4 GB yang menghasilkan performa mumpuni dan hasil benchmark mengesankan. Juga tersedia slot ekternal dan internal sebesar 32 GB.

Bagian baterai LG G5 ini sepetinya lebih kceil 200 mAh dari LG G4 pendahulunya yaitu hanya 2800 mAh sedangkan G4 3000 mAh bisa dibilang karena pada bagian layar mengalami pengecilan dan daya pun disesuaikan dan ukuran menjadi lebih qompact. fitur Qualcomm’s Quick Charge 2.0 juga akan disematkan bahkan bisa jadi dengan teknologi yang lebih baru  Qualcomm’s Quick Charge 3.0 mungkin.

 

 Kamera

Rumor beredar kamera menggunkan 20 / 21 MP dengan dual kamera pada bagian belakangnya 5 MP pada bagian depan. Bisa dibilang 20 / 21 MP karena seri LG G4 sudah menggunakan 16 MP bisa saja di upgrade atau downgrade seperti yang dilakukan pada kamera Samsung Galaxy S7 tapi disisi lain Aperture meningkat, dari sumber lain mengatakan kamera belakang menggunakan 16 MP dan 8 MP pada kamera depan, tinggal tunggu saja saat launching nanti berapa pixel yang digunakan.

 

LG G5 Quick Cover

Seperti pada gambar di bawah, jadi case tersebut bukan cuma memproteksi layar dari segala goresan, menampilkan notif, tapi juga bisa mengangkat telepon masuk tanpa harus membuka flip cover itu sendiri dan cover itu sendiri selaras dengan full metal yang digunakan di LG G5.

 

Harga

Harga LG G5 ini berkisar $600 kalau dirupiahkan untuk keadaan rupiah sekarang bisa sekitar 8 juta ke atas yah namanya juga Smartphone andalan. Menurut theverge.com salah satu website di Dubai menjualnya dengan harga $650.

 

 

Thanks to:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *