Rexus HX10 Kurang Nendang ? Begini biar Audionya lebih Nampol !!

Punya headset yang cukup bagus kualitasnya apalagi audionya yang mantep emang paling enak dipake berlama-lama baik untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game.

Gak murah emang kalau mau headset/headphone dengan kualitas bagus, seperti peribahasa yang sering kita dengar, “Ada Rupa Ada Harga”. Lantas gimana kalau dompet kita cuma bisa beli headset yang murmer aja ? masih bagus kah audio yang didapat ?.

Seperti judul yang saya tulis, beberapa waktu lalu saya membeli sebuah headset dari Rexus dengan tipe HX10 dengan harga 300K, dengan fitur Virtual 7.1 Audio ditambah Efek Vibration (getar).

Gimana rasanya ?

Dari pemakaian pribadi Rexus HX10 ini jika langsung digunakan tanpa mengatur Equalizer dari aplikasi yang disediakan oleh Rexus, jujur suaranya biasa aja, kalau saya bilang mah semacam mendem gitu suaranya.

Setelah mengaktifkan dan mengatur Equalizer, 3D Sound dan Virtual 7.1, ya lumayan lah Clarity atau kejelasan audionya jadi lebih oke.

Tapi yang saya rasakan seperti masih ada yang kurang, untuk pengaturan treble atau Claritynya sudah lumayan enak, tapi di Equalizer bagian Bass kurang berasa walaupun sudah saya atur paling mentok.

Karena bass nya yang tidak terlalu keluar, fitur getar yang ada jadi gak kerasa. Padahal fitur getar di Rexus HX10 jadi salah satu alasan saya membeli headset ini.

Tips dan Trik

Biar audio dari Rexus HX10 lebih nendang bisa kalian ambil patokan dari tips yang bakalan saya jelaskan dibawah, tapi INGAT selera tiap orang berbeda-beda, jadi kalau settingan dari saya kurang enak di telinga kalian silahkan di atur kembali, disini saya cuma ngasih gambaran saja.

1. Atur Volume Windows

Oke langsung aja, yang pertama atur volume Windows kalian jadi setengah atau di angka 50.

Volume Windows di Angka 50

2. Atur Volume Media Player

Sama dengan diatas, aturlah volume media player kalian di angka 50 % atau setengah, begitu juga media player saat streaming seperti Youtube dan lainnya.

Volume Player juga di angka 50 / setengah

3. Volume dan Vibration Pada Headset

Untuk volume pada headsetnya kalian sesuaikan dengan kuping kalian, atur secukupnya.

Kemudian untuk Vibration atur sampai mentok alias putar sampai habis.

4. Pengaturan Aplikasi RexusAudio

Di aplikasi RexusAudio bisa kalian atur Equalizer nya sesuai selera kuping masing-masing, yang saya ingatkan hanya bagian 3D Sound tidak usah di Aktifkan.

Untuk Virtual 7.1 disarankan diaktifkan, lumayan nambah Clarity kalau dinyalakan dan nambah bass dikit, tapi jangan lupa atur posisi Virtualnya biar suaranya Center, atau bisa lihat contoh posisi saya.

Equalizer dan Virual 7.1 RexusAudio App

Bisa dilihat Equalizer di atas saya atur condong ke Treble, karena menurut saya Rexus HX10 ini suaranya agak mendem, jadi biar lebih jelas aja gitu. Kalau kurang suka dengan Treble yang terlalu banyak bisa kalian atur sesuai selera.

Dan juga bagian Bass (50Hz) juga saya atur paling mentok karena seperti yang sudah saya bilang Bass di HX10 ini kurang keluar.

Kalau kalian gak mau repot ngatur bisa pakai preset punya saya download file ini :

AudioSetting.ini

Kemudian di aplikasi RexusAudionya Tinggal klik “LOAD” dan arahkan ke file yang di download tadi.

5. Aktifkan Viper4Windows !

Buat kalian yang belum pernah pake bisa ikuti di artikel saya sebelumnya, disana sudah saya jelaskan cara download dan instalasinya, langsung aja cek di postingan ini :

menggunakan viper4windows

Kalau sudah beres masalah instalasi dan pemasangan, tinggal kita atur saja mod yang sudah disediakan sesuai dengan selera.

Pada Viper4Windows ada 3 Mode yang bisa kalian coba, tapi yang saya gunakan disini adalah mode freestyle. Di mode ini bisa dibilang gabungan mode Music dan Movie.

Freestyle Viper4Windows

Sama seperti pengaturan Equalizer di atas sebelumnya, preset yang saya atur seperti gambar di atas lagi-lagi condong ke Treble, dan Bass Boost.

Dua Bagian yang utama di mod Viper4Windows ini adaViper XBass untuk mengatur Bass, dan satunya Viper XClarity.

Juga ada opsi lainnya sepert 3D Surround, Headphone Engine dan lainnya, bisa di aktifkan atau juga tidak, tinggal atur sesuai selera masing-masing.

Kalau tertarik dengan Preset yang saya gunakan dan gak mau ribet ngatur satu-satu bisa kalian download preset saya di link berikut :

Viper4Windows Bass & Treble Preset

Setelah di download tinggal Klik “Load Preset” dan arahkan ke file yang sudah di download tadi.

Coba kita Tes !

Kalau kalian menggunakan Equalizer atau Preset yang saya share di atas, bisa kita cobain seberapa nendang fitur Vibration yang dihasilkan Rexus HX10 ini di salah satu video berikut.

Dan jangan lupa atur volume playernya di angka 50 % atau kira-kira setengah.

Kalau volume pada media playernya kalian atur full, kemungkinan suaranya jadi pecah, maka dari itu kita gunakan volume slider yang ada headsetnya saja untuk mengatur volume keseluruhan.


Nah mungkin itu saja tips dan trick untuk meningkatkan audio headset/headphone yang kalian punya terutama Rexus HX10 yang saya gunakan disini.

Mungkin Preset di atas ada yang suka dan ada juga yang tidak karena beda selera, jadi tinggal cocokkan preset yang sesuai dengan kuping masing-masing.

Jika ada kesulitas silahkan komentar dibawah, semoga saya bisa bantu jawab 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *