gesture navigation android

Navigation Gesture Ala Pocophone F1 di semua Android

Apa ponsel android kalian pakai yang namanya Navigation Bar ? ngerasa rada keganggu sama ukurannya yang agak makan tempat di bagian bawah ?, atau sekedar bosen dengan model yang sekarang dan kepengen nyoba bernavigasi dengan cara yang lain seperti gesture navigation di iPhone X ?.

Kalau di ponsel Android salah satu yang menggunakan gesture navigation adalah Pocophone, sebenarnya di secara default Pocophone juga menggunakan Navigation Bar pada umumnya, namun di pengaturannya bisa kita rubah layaknya menggunakan gesture navigation di iPhone X.

iPhone X dan Android image by theverge.com

Sekarang yang jadi pertanyaan, bisa gak kita mengaplikasikan navigation gesture seperti ponsel-ponsel tersebut di hape kita ?.

Beruntung ada pengembang yang membuat aplikasi agar kita bisa menikmati fitur itu di ponsel kita, aplikasinya bisa langsung cek di Google Play Store dengan nama “Fluid NG”.

Fluid Navigation Gesture

Dengan Fluid NG ini kalian bisa menggunakan gesture di tepi kiri atau kanan dan juga bagian bawah layar ponsel kalian untuk bernavigasi.

Untuk gesturenya sendiri kalian bisa atur sendiri sesuai kebutuhan, misalkan swipe kiri bawah untuk kembali, swipe bawah tengah home, atau bisa juga swipe dan tahan untuk membuka recent apps atau kembali ke app sebelumnya.

Untuk gesturenya sendiri kalian bisa atur sendiri sesuai kebutuhan, misalkan swipe kiri bawah untuk kembali, swipe bawah tengah home, atau bisa juga swipe dan tahan untuk membuka recent apps atau kembali ke app sebelumnya.

Gesture dari bawah


Begitu juga untuk tepian kiri dan kanan layarnya, tinggal di atur sesuai keperluan, dan juga kalau ponsel kalian menggunakan navigation bar, tersedia opsi untuk menyembunyikannya agar layar lebih Full

Gesture dari Tepian Layar

Di beberapa ponsel mungkin agak terasa sulit saat kita melakukan gesture saat bernavigasi, mungkin terkadang gesturenya tidak sensitif, solusinya gampang kok..

Pada halaman awal pilih menu “Trigger”, didalam menu tersebut kalian tinggal mengatur sensitifitas dan ukurannya agar lebih nyaman saat digunakan.

Kalau memang tertarik bernavigasi menggunakan gesture, bisa kalian cari Fluid NG ini di Google Play atau klik Link di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *