remot universal

Nama Merek Tidak ada di Aplikasi Remot IR Android ? Begini Trik nya !

Punya ponsel android yang ada fitur IR Blaster (Remot) terkadang memang diperlukan untuk mengontrol sebuah benda dikala diperlukan, seperti mengontrol AC, Tv, Set Up Box, Kipas dan benda-benda lainnya yang punya IR Blaster.

Biasanya sih yang punya fitur IR Blaster ini para pengguna ponsel Xiaomi, baik dari tipe bawah sampai Flagship rata-rata IR Blaster ini jadi fitur yang wajib ada di Xiaomi.

Kipas Angin Merek Kris

Kita sebut saja aplikasi bawaan dari Xiaomi sendiri yaitu Mi Remote, untuk produk-produk dengan merek yang umum biasanya bisa mudah kita temukan contohnya merek Tv LG, Panasonic, Samsung.

Tapi Pernah gak sih saat menggunakan IR Blaster ponsel kalian ke suatu benda entah itu AC, Tv, Kipas di aplikasi remot tersebut tidak ada merek benda yang kalian gunakan ?.

Tidak ada Bukan Berarti Tidak Bisa

Dari yang saya lihat sih IR Blaster yang ada ponsel sebenarnya itu bisa digunakan hampir disemua merek atau bisa kita bilang universal, entah itu merek yang umum kita temui atau bahkan merek yang sama sekali tidak kita kenali.

Tapi karena tadi kita sebut universal bukan berarti semua fungsi remot bisa 100% sama persis dengan remot aslinya.

Ya paling tidak fungsi umum seperti ON/Off, volume, Suhu pada AC, kecepatan pada AC/Kipas masih bisa kita kontrol.

Begini Solusinya !

Cara mengatasi nama merek yang tidak ada di daftar aplikasi Mi Remote sebenarnya cukup gampang.

Sebenarnya diantara daftar merek yang sudah ada salah satu di antaranya bisa kita gunakan walaupun itu dengan nama merek yang berbeda.

Oke kita lanjut kalau begitu, pertama silahkan download aplikasi Universal Remote berikut.


Universal TV Remote-ZaZa Remote


1. Setelah kalian download, silahkan dibuka aplikasinya lalu pilih “ADD REMOTE“.

2. Kemudian pilih produk apa yang ingin kalian tambah sebagai remot, untuk contoh kali ini saya ingin menambahkan remot Kipas angin merek “Kris“.

3. Karena contoh kali ini merek yang saya cari tidak ada maka pilih opsi yang “ALL“.

Pairing Tombol

4. Nanti kalian akan diminta menekan tombol dan mengarahkannya ke benda yang dituju.

5. Jika tombol pertama tidak berfungsi kalian cukup tekan tombol silang kemudian coba tombol berikutnya sampai akhirnya tombol tersebut merespon lalu klik tanda centang untuk konfirmasi (seperti gambar diatas).

6. Setelah beberapa tombol merespon, nanti biasanya otomatis akan muncul nama merek yang cocok, lalu simpan.

7. Dan remot siap digunakan!.


Dari contoh ini bisa kita lihat, kipas angin merek “Kris” setelah dilakukan pairing ternyata cocok dengan kipas angin merek “Lianchuang“.

Dan kebetulan di Mi Remote merek “Lianchuang” ternyata ada, jadi tinggal pilih saja dan kebetulannya lagi semua fungsinya pun bekerja semua.

Jadi silahkan dicoba dulu pairing di aplikasi ZaZa Remote, dari situ kita bakalan tau remot mana yang bisa cocok dengan produk kita walaupun berbeda merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *