gabung koneksi data dan wifi di android

Menggabungkan koneksi Data dan Wi-Fi di Android

Pernah kepikiran gak koneksi internet dari paket data dan koneksi dari Wi-Fi digabung ?, tunggu sebentar… digabung ? emang bisa ya ?.

Mungkin kalau di komputer udah biasa kali ya gabungin beberapa koneksi lalu disatukan agar kecepatan internet lebih cepat ketimbang menggunakan satu koneksi.

Sedangkan kalau di Android entah saya yang baru tau atau gimana, ternyata juga sudah ada metode yang sama yaitu menggabungkan dua koneksi internet yang dimana sumber koneksinya berasal dari “Paket Data” dan yang satunya dari “Wi-Fi”.

Beneran bisa nih ?

Bicara soal bisa atau enggaknya, beberapa hari sebelum saya membuat artikel ini, saya coba tes kecepatan koneksi paket data yang saya gunakan, tapi sayang tidak stabil dan juga speednya rendah banget, jadi kalau saya coba gabungkan dengan koneksi Wi-Fi jadi gak kerasa perbedaannya.

Jadi setelah beberapa hari jaringan sudah lumayan agak lancar saya coba kembali Speedtest koneksi Paket Data terlebih dahulu, dan hasilnya didapat seperti gambar berikut :

Speedtest dari koneksi paket data

Seperti yang kalian lihat speed download yang didapat dari paket data sebesar 742 kB (Kilobyte) dan untuk uploadnya 180 kB.

Kemudian saya lanjutkan Speedtest untuk koneksi Wi-Fi dirumah yaitu menggunakan provider dari IndiHome, kecepatan yang didapat seperti gambar berikut :

Speedtest dari koneksi IndiHome

Untuk kecepatan dari IndiHome sendiri kecepatannya biasanya stabil di kisaran 1,2 MB atau 1,3 MB (Megabyte) dan kecepatan upload sekitaran 200 kB atau 300 kB (Kilobyte).

Nah sekarang kita cobain menggabungkan dua sumber koneksi internet tadi menjadi satu, aplikasi yang digunakan disini adalah “Speedify”, bisa kalian download di Play Store atau klik link berikut :


Download Speedify Via Play Store


Setelah di download silahkan atur server sesuai keinginan, atau bisa juga di atur “Automatic”, disini saya menggunakan server Jakarta – Indonesia.

Jangan lupa paket datanya dinyalakan, dan pastikan sudah tersambung dengan Wi-Fi, kalau sudah tinggal nyalakan aplikasi Speedify , jika keduanya berhasil tersambung hasilnya seperti ini :

Koneksi Berhasil digabungkan

Kecepatan Gabungan Paket data dan Wi-Fi

Setelah dua koneksi sudah dipastikan tersambung bisa kalian coba speedtest kembali untuk melihat apakah memang benar kecepatan akan bertambah.

Dari hasil speedtest yang sudah saya coba (gambar diatas), kita ketahui kecepatan download paket data sebesar 742 kB, kemudian dari koneksi Wi-Fi sebesar 1,2 MB (1,200 kB), kalau kita jumlahkan sederhananya kita mendapat angka 1,9 MB (1,900 KB).

Nah kalau paket data dan Wi-Fi tersebut digabung apakah benar bisa mencapai angka tersebut ?, hasilnya bisa kalian seperti gambar berikut :

Hasil Speedtest gabungan data dan wifi android

Yap, seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, kecepatan menunjukkan 1.900 KB (Kilobyte) yang mana angka tersebut sesuai dengan penjumlahan sederhana yang kita hitung sebelumnya.

Nah kalau kalian punya koneksi Paket data dan Wi-Fi yang lebih kencang dipastikan lebih ngebut dari punya saya :D.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *