memori android penuh

Memori di Android Kamu Penuh ? Coba atasi dengan ini …

Install sana… install sini…. download ini …. download itu …. nah kebiasaan seperti ini nih yang bikin memori di hp kalian cepat penuh atau bahkan gak sadar sampe mau melewati batas kapasitas yang disediakan alias kepenuhan, emang sih zaman sekarang Android dari kelas low end sampai high end yang dijual di pasaran rata-rata sudah punya kapasitas penyimpanan yang cukup lega dan lumayan besar.

Tapi ya tetep aja bakalan kepenuhan kalau kebiasaan pemakai atau user yang sering kurang memperhatikan kondisi kapasitas memori dan asal download file, install app yang kemudian dibiarkan menumpuk di memori.

Nanti kalau sudah kepenuhan pasti dah pada ngeluh, “Kok hape gw lelet ya?”, “kok gw gak bisa nerima file ya?”, “kok kamera hp gw gak bisa nyimpen hasil jepretan ya?” daaaaannnnn  masalah lainnya ……….

Kalau udah kepenuhan terus gimana donk ??,  nah dibawah ini akan saya berikan tips-tips mengatasi penuhnya memori di android kalian baik itu di internal memori ataupun external memori (kartu sd).


Periksa Aplikasi yang memakan banyak ruang.

Di Pengaturan atau setting bawaan Android biasanya sudah tersedia menu untuk melihat kapasitas memori yang sudah terpakai dan juga kapasitas memori yang tersisa.

Cara melihatnya kapasitasnya

Buka pengaturan/setting > masuk ke Penyimpanan/storage.

Nah di menu itu ada informasi penyimpanan internal dan eksternal kalian, karena kita ingin melihat aplikasi apa aja yang banyak memakan ruang, maka kita pilih yang internal.

Dengan cara klik di memori internal kalian, lalu tunggu tunggu sebentar sampai sistem selesai menghitung kalkulasi dari kapasitas yang terpakai, dan kalau sudah contoh gambarnya seperti ini.

memori android penuh

Menu Kapasitas Penyimpanan

Disitu terlihat jumlah dari total aplikasi, gambar, video, dan info lainnya, gambar di atas aplikasi saya mencapai 11 GB 😀 , wahh makin penasaran nih aplikasi apaan coba yang bikin sampe segede ini.

Lebih detilnya lagi kalian klik di “Aplikasi” tunggu beberapa saat sampe proses/loadingnya selesai, dan kalau sudah hasilnya seperti gambar berikut :

memori android kepenuhan

Aplikasi yang terinstall

Di daftar tersebut otomatis aplikasi yang paling banyak memakan ruang atau bisa dibilang yang paling Gede size nya akan berada di posisi teratas, seperti punya saya di atas game “Final Fantasy Awakening” memakan ruang penyimpanan sampai 2 GB !.

Di ikuti aplikasi lainnya dengan size yang mulai mengecil jika kalian mulai menggesernya daftarnya kebawah, nah sekarang kalian tinggal pilih aplikasi mana yang mau di hapus.

Analisa Penyimpanan Dengan Aplikasi.

Di Play Store sebenarnya banyak banget pilihan aplikasi untuk menganalisa Penyimpanan atau storage yang bisa digunakan, tapi disini saya lebih menyukai menggunakan “SD Maid”, karena sudah dari dulu pake ini dan fiturnya juga lumayan banyak.

Sebelum itu tujuan kita menggunakan Aplikasi ini agar mengetahui di bagian sebelah mana sih yang bikin penuh, mungkin aja tumpukan file di folder download ? atau gambar, video dari aplikasi chat dan folder lainnya.

Nah untuk mengetahui apa aja yang bikin penuh memori di android kalian mending langsung aja kalian coba download dan install SD Maid.

DownloadVia Play Store

Jika sudah, buka dan masuk ke menu Penganalisis Penyimpanan atau storage analyzer dan klik tanda yang di pojok kanan bawah untuk memulai.

memori android penuh

Menu Penganalisa Penyimpanan

Tunggu sebentar prosesnya, nanti muncul daftar memori penyimpanan yang kalian gunakan seperti yang saya gunakan yaitu memori internal dan memori eksternal, yang paling bawah di gambar itu juga memori internal tapi perlu akses root untuk bisa menganalisanya,

jadi ya semacam direktori sistem juga ikut teranalisa. Dari pada salah hapus mending hiraukan aja dulu bagian ini, kecuali kalian memang benar-benar paham dan perlu menganalisa direktori /root silahkan saja dicoba.

memori android penuh

Memilih memori

Tinggal kalian pilih mau ngecek memori internal atau memori eksternal, dan kalau sudah dipilih ditunggu lagi prosesnya sampai selesai,

lalu kalau sudah prosesnya silahkan dilihat folder atau file teratas biasanya adalah direktori yang paling banyak memakan memori dan juga terlihat dari grafiknya yang paling panjang.

android penuh memori

Grafik penyimpanan

Nah dengan begini dapat mempermudah mengidentifikasi folder atau file mana yang memakan banyak memori di android kita, kalau sudah ketemu biang keroknya yang bikin memori  penuh tinggal di hapus aja deh.. gampang kan ?

Sedikit tambahan

Karena di tips kali ini kita menggunakan SD Maid, gak ada salahnya juga digunakan Fitur “Cleaner” yang di sediakan dan juga Fitur “Duplikat”.

Fitur Duplikat ini sangat membantu jika kalian gak sengaja atau gak sadar punya file sama di dalam memori, jadi kalau kalian punya dua file yang sama kan percuma, mending hapus aja salah satunya biar hemat tempat dan jadi lebih rapi kelihatannya.

android memorinya penuh

Fitur duplikat

Lebih lanjut pembahasan SD Maid ada di postingan ini :


Nah itu dia salah satu tips untuk mengatasi memori android suka penuh.., walaupun smartphone tapi perlu juga kan kita pantau, biar performa hape kalian tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *