remote shutter dslr menggunakan android_feat

Lupa Bawa Remote Kamera DSLR ? Pakai Android Aja Gan !

Bagi yang Hobi Fotografi atau sekedar suka foto-foto mungkin pernah liat atau menggunakan sebuah remote kecil yang berfungsi untuk pengganti tombol shutter di kamera DSLR.

Apa sih alasannya orang menggunakan shutter remote pada kamera DSLR nya?, ada banyak.  Saya sendiri juga sering kali menggunakannya untuk keperluan foto-foto pake tripod bareng temen, atau menggantikan tombol shutter di kamera saat mau foto long exposure agar tidak menimbulkan gambar blur atau goyang karena kita menekan tombol shutter di kamera.

 

Shutter Remote DSLR Canon

Shutter Remote DSLR Canon

 

Dan mungkin masih banyak lagi fungsi dari si Remote mungil ini yang saya belum tau (maklum bukan fotografer). TAPI apa jadinya di saat kita perlu si alat mungil nan imut ini dan ternyata ketinggalan di rumah? atau kehabisan baterai dan gak bawa baterai cadangan (true story nih), apesnya lagi temen-temen udah pada baris buat foto bareng, ya mau gak mau musti ngatur timer 10 detik terus langsung lari masuk barisan sebelum waktu habis, hadeuh capek ya 😀 .

Dari sini saya kepikiran kalau shutter remote tadi digantikan pakai Andriod bisa gak ya ? secara kan jaman sekarang sudah banyak android yang punya fitur IR (Infra Red) Blaster, apalagi yang hape dari Xiaomi rata-rata udah tersedia fitur IR Blaster, dan bener aja di Google Play Store tersedia aplikasi yang saya maksud. Berikut aplikasi Remote DSLR memanfaatkan IR Blaster dari Android yang sudah saya cobain dan berhasil.

 

Hal yang Perlu diperhatikan !

Sebelum kalian coba aplikasi ini harap perhatikan point berikut ini :

  1. Hape Android kalian PUNYA Fitur IR (Infrared) Blaster.
  2. Di kamera DSLR kalian jangan lupa Mengaktifkan Self-Timer (2/10 detik).

 

Kalau kedua point di atas sudah kalian miliki/aktifkan, lanjut aja simak ulasan aplikasinya dibawah.

 

Pengaturan Self-Timer Pada DSLR

Pengaturan Self-Timer Pada DSLR


 

ASmart Remote IR

Ini bukan aplikasi khusus sih, tapi bisa dibilang Multi Fungsi karena aplikasi ini gak cuma untuk Remote DSLR, juga bisa untuk alat elektronik lainnya seperti AC, Tv, SetUpBox, DVD, dan lainnya.

 

Menu utama pada aplikasi ASmart Remote IR

Menu utama pada aplikasi ASmart Remote IR

 

Gak cuma penggunaannya yang mudah, tampilan atau interfacenya pun juga mudah dikenali, terutama fitur remote DSLRnya karena tampilannya dibuat sama persis seperti remote aslinya, yang mau nyoba bisa langsung download di link google play store berikut :

ASmart Remote IRVia Google Play Store

 

Shutter Remote Canon

Shutter Remote Canon

 

Cara pakainya sih tinggal kalian arahkan aja IR Blaster yang ada di hape kalian ke kamera DSLRnya lalu jangan lupa pencet tombolnya dan voila… Sebuah maha karya pun sudah terabadikan 😀 .

Catatan :

  • Tombol yang atas untuk shutter tanpa jeda.
  • Sedangkan tombol yang dibawahnya untuk timer 2 atau 10 detik (sesuai yg kamu atur dikamera).

 

DSLR Remote

Aplikasi ini sama dengan yang di atas namun  khusus untuk DSLR saja, dan tidak ada pilihan untuk remote alat elektronik lainnya, kenapa saya saranin aplikasi ini ?, bisa dibilang sih sebagai alternatif jika aplikasi di atas tidak bekerja atau mengalami masalah lainnya, yang mau coba Klik link di bawah aja langsung :

DSLR ControllerVia Google Play Store

Kalau aplikasi sebelumnya kita tinggal memilih menu remote DSLR kemudian pilih mereknya lalu tinggal jepret, nah aplikasi ini perlu sedikit pengaturan terlebih dulu agar bisa bekerja dengan benar.

Pengaturan yang saya gunakan :

  • Pertama kita harus mengatur fungsi Remote Type menjadi “Infrared“.
  • Pada infrared setting gunakan “Built-In IR Blaster“.
  • Di menu Camera pilih sesuai kamera yang kalian gunakan (disini saya menggunakan canon).

 

Pengaturan IR Blaster, dan penyesuaian dengan Kamera

Pengaturan IR Blaster, dan penyesuaian dengan Kamera

 

Oke setelah kalian atur sesuai pengaturan diatas kalian tinggal masuk ke menu “Remote”, nanti setelah masuk terlihat seperti gambar di bawah

  • Tombol “S” = Langsung tanpa jeda.
  • Tombol “2S” = Menggunakan timer 2 / 10 detik (sesuai pengaturan dikamera kalian).

 

Pilihan Shutter tanpa jeda/timer

Pilihan Shutter tanpa jeda/timer


 

Kalau begini kan kita jadi lebih mudah lagi dengan adanya fitur IR Blaster di Android, berbagai macam alat elektronik bisa kita kendalikan dengan mudah terutama yang kita bahas di artikel kali ini yaitu di bidang fotografi, dengan menggunakan Android sebagai pengganti Shutter di DSLR selain menghemat daya pakai tombol asli (fisik) di kamera juga menambah kemudahan kita dalam mengabadikan berbagai macam momen yang diinginkan 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *