DSLR Controller dengan USB OTG_feat

DSLR Controller Dengan USB OTG di Android

Punya Hobi Fotografi emang asik buat yang suka mengabadikan momen-momen indah yang bisa menjadi karya seni, dan selain hobi pun fotografi sudah menjadi bisnis atau jasa yang sangat banyak digeluti orang-orang.

Biasanya orang yang hobi (sangat) pasti suka beli alat-alat tambahan untuk mengambil sebuah foto yang dibutuhkan seperti tripod, shutter remote, filter, dan juga berbagai macam ukuran lensa.

Kalau biasanya orang-orang membeli alat untuk kebutuhan fotografinya, di artikel ini kita membahas sebuah software atau sebuah aplikasi android yang bisa kita padukan dengan DSLR kita, aplikasi seperti apa sih yang bisa bikin android kita mengontrol sebuah kamera DSLR ? langsung aja simak ulasan berikut ini.


 

DSLR Controller by “Chainfire”

Aplikasi yang di kembangkan oleh salah satu member XDA yang sudah tidak asing lagi di forum tersebut, yaitu “Chainfire” hasil karyanya sering sekali kita lihat di Android yang sering di pake oprek, apalagi kalau bukan superSU.

Di luar itu dia juga mengembangkan suatu aplikasi di bidang fotografi yaitu “DSLR Controller”, sesuai dengan namanya aplikasi ini mampu mengontroll kamera DSLR yang kita miliki untuk melakukan berbagai macam fungsi.

Dan kalau kalian pernah lihat orang yang melakukan sesi foto di studio pasti ada yang menggunakan komputernya sebagai “Live View“, nah si aplikasi ini juga bertindak seperti itu namun dengan lebih “Compact” dengan menggunakan sebuah Android !.

 

Percobaan DSLR Controller

Percobaan DSLR Controller

 

Fungsi yang bisa kita gunakan di aplikasi ini juga lengkap, kita bisa mengatur fungsi berikut :

  • Mengatur fokus sesuai keinginan (gambar di atas ada di dalam mode pengaturan fokus manual via app).
  • Mengatur Shutter Speed.
  • Mengatur Aperture.
  • Mengatur ISO.
  • Mengatur Exposure.
  • Mengatur “Metering Mode”
  • Mengatur White Balance.
  • Mengatur Lighting Optimizer.
  • Mengatur Picture Style.
  • Mengatur AF point selection.
  • Mengatur Drive Mode.
  • Digital Zoom.
  • Menampilkan Grafik Warna.
  • menampilkan Grid.

Gimana fungsinya lengkap bukan ? bisa jadi itu belum semua saya tuliskan karena belum sepenuhnya di explore , di fitur lainnya yang menurut saya sangat membantu yaitu “Tap to Focus” .

Cara kerjanya sama seperti kita memfokuskan objek di kamera Android, namun disini agak berbeda. Kita harus tap dua kali, yaitu dengan cara tahan satu kali untuk menaruh target fokus pada objek (contoh gambar di bawah saya taruh kotak fokusnya di batang pohon) lalu tap kembali untuk mengunci/mendapatkan fokus (sorry kalau bingung penjelasannya, maklum bukan fotografer belum mengerti istilah di kamera haha 😀 )

 

Memfokuskan objek di DSLR Controller Android

Memfokuskan objek di DSLR Controller Android

 

Oh iya gambar yang kita ambil juga bisa langsung di salin ke Galeri Android kita, jadi gak perlu repot mindahin pakai komputer segala, instagramable banget deh pokoknya, sekali jepret > foto disalin > edit sedikit > upload deh.

 

DSLR Controller, lokasi penyimpanan

DSLR Controller, lokasi penyimpanan

 

Mode pengaturan juga lengkap salah satunya pengaturan untuk mengubah kualitas gambar, saya sendiri sering gonta-ganti kualitas atau format gambar dari RAW ke jpeg atau sebaliknya, untung banget bisa merubah kualitas di aplikasi ini dari pada bolak-balik cek ke kameranya.

Untuk Mode lain seperti BULB, HDR, Timelapse juga tersedia, wah cukup lengkap kan ?

 

Pengaturan yang tersedia di DSLR Controller Android

Pengaturan yang tersedia di DSLR Controller Android

 

Dari tadi kita ngomongin dibagian Capture gambar, nah di bagian recording bisa gak sih ?, gak usah ditanya lagi deh pokoknya ini aplikasi All in One. Ibarat Wujud DSLR nya pindah ke dalam Android 😀 .

 

Alat dan Bahan

kalau kalian pengen cobain aplikasi ini silahkan cek alat dan Bahan yang digunakan berikut ini :

  1. Smartphone Android (Support OTG).
  2. Kabel OTG.
  3. Kamera DSLR (Merek Canon diutamakan).
  4. Aplikasi DSLR Controller.

Download

Jika kalian tertarik mau coba bisa langsung beli aplikasinya via Google Play Store, “Hah beli ?” iya gan ini aplikasi berbayar , menurut saya aplikasi “Worth to Buy” mengingat fitur dan fungsi yang sangat lengkap apalagi yang hobi fotografi harga sebuah software gini mah gak ada apa-apanya ketimbang beli lensa kan ? 😀 .

DSLR ControllerVia Google Play Store

 

Sebelum itu device  dan tipe kamera apa saja sih yang support DSLR Controller ini ?, bisa kalian lihat langsung di daftar berikut :

– 1D Mark IV, 1D X, 1D X Mark II,  5D Mark II, 5D Mark III, 5D Mark IV, 5Ds(r),  50D, 500D, 550D, 6D, 60D, 600D, 650D,  7D, 7D Mark II, 70D, 700D, 750D, 760D, 80D, 1100D, 1200D, 1300D, 100D.

Dan Menurut deskripsi dari developernya untuk kamera DSLR yang keluaran baru (selain dari daftar di atas) biasanya sudah support.

 

Dan untuk Android yang di support bisa cek di link ini :

DAFTAR DEVICE DAN KAMERA YANG DIDUKUNG

 

Daftar dari web resminya saya lihat sih belum terupdate untuk device yang baru, kebetulan salah satu hape android saya gak ada dalam daftar list tersebut dan dari pada bingung saya coba sendiri.

Disini saya menggunakan LG Nexus 5 dan Xiaomi Redmi Note 3 dengan Kamera DSLR Canon 7D dan di kedua device berjalan dengan lancar tidak ada masalah, sepertinya sih selama Android yang digunakan support USB OTG bakalan bisa menggunakan DSLR Controller ini.

 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *