Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer

Pasti seringkan kalian ngeprint tugas-tugas entah itu tugas kantor, sekolah dan lainnya, dan biasanya itu selalu pakenya komputer.

Biasanya sih kalau di kampus-kampus gitu biasanya ada tuh jasa fotocopy atau lab komputer yang juga nyediain komputer buat print dari file sendiri, tapi yang jadi masalah paling males kalo colokin flashdisk ke komputer punya abangnya.

Lah emang abangnya gigit?. Bukan gitu, tapi komputernya ituloh udah tercemar virus dari flashdisk sana sini, apesnya lagi kalo file skripsi atau dokumen pekerjaan yang ada di flashdisk ikut kemakan virus 😆 , gak tau deh harus berekspresi seperti apa lagi kalo sampai file skripsi hilang kena virus haha 😀 .

Dari pada was-was nyolokin flashdisk ke komputer umum, selama printernya ada mendingan pake Android kalian aja. Tinggal cabut sebentar kabel printer yang dari pc dan di sambungkan ke Android menggunakan USB OTG.

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_otg

 

Jadi dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama “PrinterShare”  kalian bisa menggunakan printer apa pun, ya bisa dibilang aplikasi ini universal jadi gak perlu repot install aplikasi sesuai merek printer yang digunakan .

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_menu-home

Kebanyakan sih aplikasi Printer resmi dari masing-masing merek sudah ada tersedia di play store tapi adanya untuk Printer Wireless, sedangkan printer saya sendiri termasuk jadul gimana mau ada wirelessnya 😆 .

Enaknya di aplikasi PrinterShare ini tersedia berbagai macam koneksi, dan yang tepat seperti yang saya butuhkan yaitu koneksi langsung via kabel OTG.

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_koneksi-printer

 

Saat mengkoneksikannya juga gak susah, tinggal colok printernya ke Android kita atau terkoneksi di jaringan yang sama terus si aplikasi akan mendeteksi printer tersebut.

 

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_detect_printer

Tapi sebelum itu biasanya untuk printer yang pertama kalianya di koneksikan ke Android kita nanti aplikasinya minta Download driver.

Saya sendiri menggunakan Printer Canon MP258 file yang harus di download gak rakus kuota, cuma 4 MB 😀 , kecil banget kan?

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_driver

Kalau drivernya sudah terinstall printernya siap dipakai kapanpun dibutuhkan.

Opsi saat ingin print sebuah dokumen atau foto juga lumayan lengkap, yang paling dasar sih ada opsi jumlah copy dan opsi print halaman.

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_opsi_print

Opsi untuk mengatur skala, ukuran kertas, dan lainnya juga ada, jadi ini aplikasi lumayan lengkap seperti yang ada di komputer.

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_opsi_printer

 

Fitur lainnya yang saya suka yaitu print “Web Pages”, jadi halaman web yang kita kunjungi bisa di print juga loh, kan  lumayan bisa nyimpan artikel yang disukai dan disimpan dalam bentuk fisik (hasil print).

Cara Nge-Print Langsung dari Android tanpa Komputer_print_halaman_web

Jadi bisa disimpulkan aplikasi ini sangat membantu dan fleksibel karena cukup dengan Android saja kita gak perlu repot lagi menggunakan komputer, apalagi pakai komputer umum 😀 .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *