Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android_feat

Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android

Pasti kalian pernahkan kasih pinjam hp ke temen, baik itu dipake buat maen game, browsing, atau sekedar dipake telpon.

Tapi pernah gak temen kalian itu pas lagi jahil suka bajak social media atau kepo pengen liat-liat galeri.

Dulu sih rame banget nih dari jaman BBM bajak status gitu haha, tapi makin kesini udah ada aplikasi yang bisa mengamankan aplikasi kalian dari para  “Tangan Jahil” 😀 .

Di Android sendiri juga sudah banyak aplikasi untuk menganmankan aplikasi yang terinstall, seperti diberi pin atau password.

Tapi yang mau saya share kali ini, aplikasinya tidak mengunci aplikasi dengan password atau pin dan sebagainya tapi menyembunyikannya dari menu, jadi seakan aplikasi itu tidak terinstall.

Lumayan kan bikin orang yang pinjam pasti gak penasaran pengen ngebuka password 😀 , lha wong aplikasinya gak kelihatan 😆 .

Aplikasi ini bisa kalian cari di Play Store namanya Hide-App, berikut linknya :

 

Agak aneh donk yah kalau aplikasi ini bisa di akses dengan mudah, tapi jangan khawatir aplikasi ini juga dilengkapi proteksi menggunakan password.

Jadi kalau ada yang ingin membuka aplikasi Hide-App ini mereka harus membobol passwordnya dulu hehe 😀 , lumayan lah untuk pengamanannya.

Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android_1

 

Aplikasi ini juga bisa menyembunyikan aplikasi yang di install user ataupun sistem, jadi multifungsi gitu.

Sedikit saran saja, kalau ingin menjaga privasi seperti foto dan file sembunyikan jangan lupa sembunyikan semua jenis “File Explorer” yang ada di ponsel kalian.

“Kenapa File Explorer harus di sembunyikan juga?”

Sederhananya begini, misalkan kalau kalian sembunyikan Galeri atau aplikasi office kalian pasti mengira foto-foto dan file kalian sudah aman kan?

Jawabannya masih tidak aman, kenapa? karena dengan file explorer foto-foto dan file lainnya masih bisa kalian/orang akses dengan mudah.

contohnya hasil foto di Android biasanya berada di direktori “DCIM/Camera”.

Kalau mau, bisa juga sembunyikan “Setting/Pengaturan” dengan begini kalian/orang gak bisa mengakses setting dan se enaknya menghapus aplikasi yang terinstall.

 

Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android_2

 

Di menu pengaturan juga tersedia fitur proteksi dengan menggunakan PIN agar lebih aman.

Dan juga ada fitur saya bilangnya “kamuflase”, jadi aplikasi ini bisa diganti namanya loh tapi sayang banget kita gak bisa merubah nama app sesuai kemauan, cuma bisa diganti dengan nama yang sudah tersedia.

Ya gak apa-apa deh paling enggak tidak terlalu ketara gitu..

Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android_3

 

Nah di bawah ini contoh, setelah dan sebelum di sembunyikan.

Jadi di menu gak akan muncul sampai kalian tampilkan kembali dengan cara di “Unhide”.

Kalau mau di unhide/ditampilkan kembali caranya sama seperti saat menyembunyikan, tapi yang dipilih dari daftar aplikasi yang tersembunyi lalu klik aja aplikasinya dan pilih unhide.

Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi dari Menu Android_4

 

Nah karena sudah tau jadi langsung aja deh cobain biar Android kalian makin aman, apalagi ada data-data pribadi  , sekian dari dulu dari saya kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah ya ..  😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *