merekam audio internal android

Cara Merekam Suara dari Audio Internal di Android

Beberapa dari kalian mungkin sering atau suka menggunakan Screen Recorder untuk merekam berbagai aktifitas di Layar Android kalian, seperti merekam moment saat video call dengan keluarga atau sama si doi 😀 , bisa juga bagi kalian yang suka merekam setiap moment gameplay dari game yang kamu mainkan dan lainnya.

Aplikasi Screen Recorder tanpa akses root di androidpun sekarang juga sudah pada bagus dan banyak macam pilihan, mulai dari yang gratis dengan fitur standar seperti tersedia face cam, trim, opsi resolusi, bitrate dan lainnya,  ada pula yang berbayar menawarkan fitur yang lebih lengkap.

 

Saya sendiri juga sering banget menggunakan yang namanya screen recorder ini, mulai dari bikin tutorial, merekam gameplay dari game, tapi ada satu yang kurang saat menggunakan Screen Recorder yang beredar di Google Play Store atau di tempat lainnya.

Kurang apa ya ??? hmmm.. apalagi kalau bukan tidak adanya fitur untuk merekam audio atau suara internal, dari sekian banyak aplikasi Screen Recorder hanya menawarkan perekaman layar android kita beserta audio yang bersumber dari Mic.

 

Kan itu juga udah ada suaranya kan ngapain repot nyari-nyari lagi ?, iya emang emang bener suara atau audio juga sudah ada tapi sayangnya suara yang terekam berasal dari Mic handphone yang kalian miliki, jadi kualitas suara yang dihasilkan bakalan kurang bagus dan terlihat kurang profesional (widihh gayanya 😀 ).

Emang mau di video rekaman kalian kedengaran suara cicak, kucing berantem, atau suara emak kalian teriak-teriak saat nonton sinetron india, suara kipas, suara pintu atau suara bising lainnya ikut kerekam ?

 

Ya jangan lah ya haha, kualitas video udah bagus tapi kualitas audio jangan juga sampe dilupain ya walaupun kedengarannya sepele tapi terkadang juga mengganggu kalau dibiarkan.

Jujur aja sebelum tau cara ini hasil rekaman saya kurang begitu bagus hasilnya karena audio atau rekaman suara yang terekam dirusak oleh “suara kucing kawin” di depan rumah 😀 .

 

Jadi gimana donk agar Screen Record atau perekam layar yang kita gunakan bisa merekam Audio Internal, langsung aja simak aplikasi dan tutorial merekam audio internal di android berikut :

 


 

1. Menggunakan Screen Recorder “SCR PRO”   *Root* 

Menggunakan aplikasi SCR PRO ini paling saya rekomendasikan kalau kalian yang emang gak mau ribet, tinggal atur sedikit pengaturannya sesuai kebutuhan lalu udah deh mulai merekam aktifitas yang ada di layar android kalian lengkap dengan suara dari audio internal.

Kalau kalian pake SCR Pro ini audio yang dihasilkan kalau saya bilang sih gak terlalu bagus hasilnya ya gak bening-bening amat lah suaranya.., dan kalau mau yang bagus silahkan coba Cara yang menggunakan Audacity.

 

TAPI sebelum lanjut menggunakan SCR Pro, ada tapinya nih … pastikan android kalian maksimal berada di versi Marshmallow atau 6.0 kebawah, karena lebih dari itu aplikasinya belum support.

 

Link Download bisa kalian cek website resmi mereka (download yang Versi 1.0.5) :

DownloadSCR-PRO

 

Sebelum kalian gunakan pastikan juga kalau mau merekam dengan suara atau audio internal dirubah dulu di menu Audio > Source > Internal.

 

merekam audio internal android

 

Dan kalau kalian perlu opsi tambahan seperti pengaturan Bitrate, FPS (Harus Root) bisa di buka dengan klik tanda titik tiga di pojokan lalu centang “Show Advanced”.

 

merekam internal audio dengan scr pro

 

BUG :

Entah kenapa setiap kali Reboot pengaturan yang sudah di atur sebelumnya bakalan balik lagi seperti semula, jadi silahkan dicek juga di device kalian siapa tau dapet bug yang sama.

 

Kalau settingan bisa kalian sesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing, tapi bisa juga lihat panduan yang saya buat di postingan berikut :

 

2.  Menggunakan Screen Recorder “RecMe”   *Root* 

Oke yang kedua ada Screen recorder “RecMe” , sama dengan aplikasi yang di SCR Pro dia bisa record atau merekam audio internal di android kalian, tapi dengan bantuan plug-in tambahan.

Kalau di SCR PRO maksimal bisa berjalan di Android 6.0 atau Marshmallow, sedangkan RecMe bisa berjalan di Android Nougat (7.0), sudah saya coba sendiri dan rekamannya lancar gak ada masalah tapi ada satu bug yang cukup mengganjal.

Download link :

DownloadRecMe DownloadPlug-in Audio Internal RecMe

 

audio internal recmeAktifkan Plug-in Internal Audio

 

Kalau sudah kalian install keduanya, buka plug-in nya lalu klik tombol yang ada untuk mengaktifkannya nanti diminta restart, dan kalau sudah cek di pengaturannya nanti ada pilihan audio internal tinggal atur aja sesuai kebutuhan kalian 😀

 

rekam audio internal RecMePengaturan RecMe

 

 

BUG Yang saya alami :

  • Audio terasa telat, jadi tidak sinkron dengan video.
  • Fitur “Keep Internal Audio” gak berfungsi (fitur agar saat rekaman audio tetap keluar di speaker/headset).

 

 

3. Merekam Audio Internal Android Menggunakan Komputer (Audacity)

Menggunakan komputer yang saya maksud disini adalah kita menggunakan salah satu aplikasi yang ada di Windows, yaitu “Audacity“.

 

Cara ini untuk solusi bagi yang handphonenya gak bisa pake aplikasi SCR PRO, RecMe entah bug, atau versi android yang tidak support dan lainnya.

 

Dengan cara ini juga kalian bebas menggunakan Screen Recorder mana saja karena disini kita melakukan perekaman audio secara terpisah dengan bantuan komputer lalu hasil audionya akan disatukan dengan video menggunakan aplikasi editing video.

 

Agak ribet emang, tapi kalau kalian niat bikin ya gak masalah donk ya?? oke lanjut ke bahan-bahan yang diperlukan.

 

A. Peralatan Yang Digunakan

Adapun peralatan yang digunakan untuk merekam menggunakan Audacity yaitu sebuah kabel “Aux”, untuk menyalurkan audio internal dari Android kalian menuju komputer yang kemudian akan kita rekam dengan bantuan aplikasi audacity.

 

Harga kabel Aux paling murah kisaran Rp. 10.000, yang bisa kalian cari di toko alat musik, dan beberapa juga ada di toko variasi mobil, dan teman saya ada yang menyarankan beli merek “Remax” harga kabelnya kisaran Rp. 30.000, dia bilang sih bagus tapi saya sendiri belum sempat beli.

 

merekam suara internal android

 

Dan kabel Aux ini nantinya akan dicolokkan ke Audio Jack di slot Mikrofon yang biasanya ada di komputer, biasanya ada di casing komputer yang kalian gunakan, tapi kalau di casing gak ada silahkan cek di bagian belakang PC kalian biasanya bawaan Motherboard sudah tersedia slot Audio untuk Mikrofon dengan lubang berwarna merah muda, dan speaker/headset lubang berwarna hijau.

 

audio internal di android

 

Dan juga kalian perlu alat tambahan “External USB Audio”, gunakan alat ini jika komputer kalian tidak punya Audio Jack untuk Mikrofon, harga alat ini paling murah Rp. 20.000, dan kebetulan saya lagi kere jadi beli yang paling murah aja 😀 , silahkan beli yang agak bagusan untuk hasil audio yang lebih bagus nantinya.

Alasan utama saya pakai External USB Audio ini karena di laptop saya Audio Jacknya “2 in 1” alias Colokan Speaker/headset dan Mikrofon gabung jadi satu, dan tidak terpisah seperti yang ada di PC.

 

merekam suara internal di android

 

B. Aplikasi Yang di Install

Untuk aplikasinya kalian cukup download Audacity di website resmi mereka, dan juga jangan lupa download dan install Plug-in LAME supaya file yang di rekam tadi bisa tersimpan dengan format Mp3.

 

  • Aplikasinya bisa kalian download secara gratis di Link ini
Download DownloadDownload Audacity

 

  • Download juga Plug-in ini.
DownloadDownload Plug-in Lame

 

 

C. Langkah Merekam Audio Internal di Android Menggunakan Audacity

1. Colok Kabel Aux ke handphone dan satunya juga di colokkan ke Audio Jack(Mic) di Laptop atau komputer kalian.

Usahakan colok kabel ke hape dulu baru kemudian ke pc/laptop

merekam suara internal android

 

 

2. Buka Audacity, dan atur Slot Mikrofon mana yang kalian gunakan, karena disini saya menggunakan External USB Audio jadi pilih sumbernya dari “Microphone (USB Audio Device)” dan kalau kalian menggunakan Audio Jack yang ada di Casing atau Motherboard pilih yang Realtek.

 

merekam audio internal di android

 

Bisa juga aktifkan “Listen to This Device” kalau kalian mau mendengarkan suara yang dihasilkan handphone kalian terdengar di speaker atau di headset kalian secara langsung, dengan cara klik propertis di Mikrofon yang digunakan untuk merekam dari handphone kalian lalu masuk ke Tab “Listen” dan centang Listen to this device dan di menu drop downnya pilih ke speaker yang kalian gunakan.

internal audio android

 

3. Untuk mulai merekam klik tombol merah di bagian Toolbar, dan misalkan sudah selesai merekam klik tombol “Stop”.

 

rekam audio internal android

 

4. Kalau proses rekamannya sudah jalan, silahkan kalian coba putar beberapa musik, radio, atau video dan kalau berhasil menerima audio dari handphone yang kalian gunakan, nanti hasilnya seperti ini.

 

rekaman audio internal android

 

 

5. Untuk menyimpan Audio yang sudah kita rekam tadi tinggal klik aja “File > Export Audio”

Kemudian Beri nama dan tentukan tipe file apa yang sering kalian gunakan, karena disini saya biasa pake MP3 jadi saya pilih tipe itu, dan pengaturan kualitasnya bisa contoh punya saya.

Kalau sudah di atur tinggal klik “Save” dan tunggu proses Exportnya sampai selesai.

 

merekam suara android

 

 

Setelah semua proses selesai, file audio tadi kita gabung menggunakan aplikasi video editing, disini saya menggunakan Sony Vegas Pro, silahkan gunakan aplikasi lain yang menurut kalian mudah terserah itu aplikasi di Android ataupun di Windows yang penting nantinya kita bisa menambahkan file audio internal tadi agar menyatu dengan video.

Lakukan sedikit penyesuaian di sinkronisasi audio dan videonya pastikan keduanya sama timing nya, jangan sampe keduluan suara daripada videonya ya haha 😀  .

 

merekam audio internal android

 


 

cara merekam layar android agar hasil maksimal_feat

Cara Merekam Layar Android Agar Hasil Maksimal

Beberapa dari kalian pasti pernah mencoba aplikasi perekam layar android kan ? tapi pernah gak hasilnya terkadang tak sesuai harapan ?, entah videonya jadi tersendat, kualitas gambar terlalu jelek ?, audio yang tidak jelas ? bisa jadi pengaturan yang kalian gunakan ada yang salah, yuk simak cara merekam layar android agar hasilnya lebih maksimal. Hal Yang Diperhatikan Saat Merekam Layar […]

7 comments

 

Nah itu dia tutorial untuk merekam audio internal android dari cara yang paling simpel dan juga cara  yang lumayan panjan,  walaupun panjang tapi hasil yang di cari sudah tercapai yaitu mendapatkan sumber audio dari internal bukan dari Mic handphone yang kualitas audionya yang aduhai, campur aduk deh pokoknya.

Semoga dengan adanya postingan ini bermanfaat buat kalian, terutama para content creator apalagi yang baru memulai.. 🙂

Kalau ada yang bingung silahkan tinggalkan komentar dibawah ya, semoga saya bisa bantu jawab ..

 

36 Comments

  • Justino Putra says:

    Itu yg metode pake komputer cmn bisa rekam suara internal aja ya min, Mic nya gak bisa?

    • Droidtekno says:

      Kalau gak salah saya pernah coba, bisa nangkap suara mic yg dari hapenya..

      Asal diaktifkan opsi rekam audio(mic) di appnya, btw saya pakai az recorder

  • Ja says:

    Yg cara komputer sama aja boong kagaaa bisaa . Pas dicolok tetep aja kluar suara di hp

    • Droidtekno says:

      Kalo boong ngapain saya posting gan 😀

      Just info :

      Saya pernah gitu juga udah di colok ke hape tapi audio di hape masih keluar ..

      Solusinya colok kabel audio jack yg di hape dulu, baru sambungin ke pc/laptop.

      Kalau masih gak bisa coba cek kabel aux kamu mungkin bermasalah ?

      Kalau mau lihat hasil rekaman saya bisa cek video ini, record video pake az screen dan audio pake audacity

      https://youtu.be/HUh8Nv1nwIo

  • Riki crisanto says:

    Gan kok di saya settingan audionya ga ada yang internalnya?

    • Droidtekno says:

      Agan yg pake SCR Pro ya ??

      kalau boleh tau agan di Android apa sekarang dan SCR yg agan download versi brp ?

      untuk menu internal audio nya tersedia di versi SCR PRO 1.0.5 dan Maksimal Android Marshmallow (6.0)

  • Prahoto says:

    Sangat membantu.. thanks

  • J says:

    Gan… Cara agar di hp juga tetap bunyi suaranya gimana gan… Sambil rekam.. Audacity

    • Droidtekno says:

      biasanya sih kalau kabel udah ke colok suara di hape udah gak muncul gan .. kecuali pake splitter jadi yang satu ke komputer satu ke headset/speaker.

      Tapi bisa di dengar via windows/komputer agan kok waktu rekaman,

      caranya klik kanan di icon volume > pilih recording deivce > klik kanan di mikropon yang digunakan > trus Propoertis > ke tab listen > centang listen to this device > Klik OK.

  • Raynaldo says:

    Mas cara sync timing audio dan video nya gmn? Kan mereka record terpisah?

    Apa pakai teknik yg klik2 menu, nanti tinggal cocokin di gambar dan soundeffectnya?

    • Droidtekno says:

      Iya bisa pake cara seperti itu..

      Saya sendiri kadang mencocokan lewat lagu jadi di play dan pause gitu deh di music playernya..

      Biasa sih saya lebih sering record game jadi lumayan gampang memyamakan timing nya ..

  • Dhani says:

    Hp saya Lenovo A 6000 plus. android Lolipop. setelah saya download v 1.0.5 tetap gk ada sourcenya internalnya..padahal saya sudah mengikuti yang telah agan tuliskan. apakah memang tidak ada?. mohon pencerahannya. thx

    • Droidtekno says:

      Hmm kalau gak muncul opsi audio internal mungkin perangkat agan gak support..

      Kalau penasaran, coba deh pinjem beberapa hape temen agan trus install itu aplikasinya kalau di tempat temen agan muncul opsi audio internal berarti hape agan emang gak support.

      Btw hapenya udah Root ?

      Saya sendiri pake redmi note 3 dan nexus 5, aplikasinya lancar jaya..

  • Anonym says:

    Gan, cara yg pake pc saya berhasil cuma yg terekam ga cuma audio internal doang, dr mic hpnya juga terekam jadi suaranya ga bersih. Itu gmna caranya biar audio internal doang yg terekam gan? Mohon pencerahannya, makasih.

    • Anonym says:

      Oh iya gan, btw di audacity saya ga ada pilihan realtek atau usb audio, adanya cuma microsoft sound mapper sama microphone.

      • Droidtekno says:

        Iya bisa berbeda di tiap komputer jadi di tempat kamu mungkin bukan realtek namanya, untuk USB audio itu untuk alat seperti yang saya gunakan diatas.. kalau kamu gak pake alat itu dia emang gak muncul ..

    • Droidtekno says:

      Jangan lupa di Aplikasi Screen Recordernya dimatikan rekaman audionya ..

  • Havi Papilaya says:

    Gan, kalau suara discord bisa ga terekam?

  • Rian Aditya says:

    Ini Android saya kan versi 8.1 nah mau pake az screen recorder tapi di setting audionya ada tulisan “internal audio recording is not allowed by Google now” itu gimana ya min solusinya?

    • Droidtekno says:

      Az recorder? Seinget saya az gak support audio internal..

      Alternatif bisa coba record pake aplikasi lain seperti RecMe atau menggunakan PC via audacity.

  • Nyet Blomm says:

    Gan kenapa kalo pake scr pro, pas mau ngestop rekaman error, masalah gpu/cpu nya lh, disuruh uninstal perekam layar lain lh, tetap gak mau gimana nih?

    • Droidtekno says:

      Pernah nyoba di hape lain gak gan ? mungkin aja masalah di hape agan ..
      soalnya saya sendiri belum pernah ketemu masalah serupa.

      dan masalah gpu/cpu nya kenapa ? ada muncul error kah atau gmn ?

  • Samino hulala says:

    Microphone propertiesya dmn gan buat audacity?😂

    • Droidtekno says:

      Klik kanan aja di icon audio di pojok kanan bawah… Nanti pilih recording device, nah nanti disitu nongol daftar mikropon agan..

  • Anco says:

    belom dicoba ..spek hp bisa sih … Tapi Harus di root ya ?

  • Dony Harbelubun says:

    Bang klw untuk live streaming game suara internal audionya sj yg keluar bisa gak ?

    • Droidtekno says:

      Live streaming di hape kah? sepertinya sih gak bisa .. cuma buat recording aja ..

      kalau mau ada audio internal waktu live streaming gitu setau saya para streamer biasanya pake Emulator+OBS / XSplit atau pake Alat Eksternal gitu ..

  • leona says:

    mantap jiwa, berhasil bang. makasih banyak

  • Gas LPG says:

    Yang scr pro kok gak ada internal dan internal + mic, cuma ada microphone dan mute

  • Leo lyra says:

    Gan saya mau nanya, gimana caranya pas ngerekam video game, itu cuma ada suara game doang

    Karna pas saya rekam itu pasti ada suara game dan suara kita nya

    • Droidtekno says:

      Pake cara yang audacity ya ?

      kalo iya, coba lihat di app pengaturan screen recorder kamu dan matikan fitur record soundnya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *