Cara Menggunakan Navigation Gesture di Android

 

Zaman sekarang dimana layar smartphone sudah mengusung “Full View Display” agar terlihat lebih lebar yang pastinya membuat pengalaman menggunakan smartphone jadi tambah asik.

Dan kebanyakan smartphone yang menggunakan Full View Display biasanya akan memangkas tombol navigasi baik yang fisik ataupun yang berupa tombol resistive menjadi “Navigation Bar”.

 

Navigation Gesture Android

Navigation Bar On Screen

 

Tapi ada juga di beberapa smartphone sudah menggunakan konsep “Gesture Navigation” seperti yang digunakan pada iPhone X.

iPhone X gesture di Android

Display iPhone X

 

Selain membuat layar menjadi lebih lega dan terasa luas tanpa terganggu oleh tombol fisik maupun on screen yang menghalangi, menggunakan sistem gesture navigation juga terkesan lebih futuristik.

Bagi smartphone yang masih menggunakan tombol navigation bar mungkin terkadang agak terganggu juga kali ya di bagian bawahnya karena kepotong beberapa cm untuk tombol navigation bar.

Nah untuk mengatasi itu muncullah sistem tombol navigasi menggunakan “Gesture”, yang sebenarnya Gesture ini sudah diterapkan cukup lama namun digunakan pada hal lainnya, baru kali ini gesture digunakan sebagai tombol navigasi.

 

Aplikasi Yang digunakan

Aplikasi yang akan digunakan nantinya adalah “Gesture Control” langsung saja kalian download di Link Play Store di bawah untuk mencobanya.

  • Gesture Control – LINK

 

Sebelum bisa digunakan kita harus mengatur “Permission” dan mengaktifkan “Service” terlebih dahulu.

Untuk pengaturan “Permission” tinggal klik seperti gambar dibawah, kemudian centang “izinkan”.

 

gesture control android

Memberikan Izin

 

Dan untuk mengatifkan “Service” , kita bergeser ke tab sebelahnya lalu Klik seperti gambar di bawah, cari gesture control, lalu aktifkan.

 

Gesture iphone x di android

Mengaktifkan Service Gesture Control

 

Setelah semuanya aktif, aplikasinya siap digunakan, dan silahkan di coba-coba pengaturan bawaan gesturenya seperti swipe/geser dari bawah ke tengah akan kembali ke Home, dan swipe ke bawah ke tengah lalu di tahan akan masuk ke Recent apps.

Sedangkan untuk kembali swipe dari bawah tengah ke kiri atau ke kanan, dan jika kalian ingin merubah aksi di tiap gesture tinggal di rubah saja di menu “Gesture and Action”.

Dan juga untuk tampilan, posisi, ukuran, seberapa sensitif mendeteksi gesture-nya bisa kalian atur sesuai keinginan di menu-menu yang di sediakan, tapi beberapa opsi terkunci karena kalian harus membeli versi Pro nya.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *